Foulques IV, Comte Anjou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Foulques IV, Pangeran Anjou)
Langsung ke: navigasi, cari
Foulques IV
"le Réchin"
Uang logam yang dicetak oleh Foulques IV
Uang logam yang dicetak oleh Foulques IV
Comte Anjou
Memerintah 1068–1109
Pendahulu Geoffroy III
Pengganti Foulques V
rekan-pemimpin Geoffrey IV, Comte Anjou (sampai tahun 1106)
Anak
(dengan Hildegarde) Ermengarde dari Anjou (wafat 1146)
(dengan Ermengarde) Geoffroy IV, Comte Anjou
(dengan Bertrade) Foulques dari Yerusalem
Wangsa Angevin
Ayah Geoffroy, Comte Gâtinais
Ibu Ermengarde dari Anjou (wafat 1146)
Lahir 1043
Meninggal 1109

Foulques IV (1043 – 14 April 1109), dipanggil le Réchin, merupakan seorang Comte Anjou dari tahun 1068 sampai dengan kematiannya. Nama kecil yang biasanya dipakai tidak memiliki terjemahan yang pasti. Para bahasawan telah membuat berbagai sugesti yang sangat berbeda, termasuk "pendebat", "kasar", "jengkel", "bengis" dan "heroik".

Ia merupakan putra Geoffroy, Comte Gâtinais yang lebih muda (kadang dikenal sebagai Aubri), dan Ermengarde dari Anjou (wafat 1146), putri Foulques si Hitam, dan saudari Martel, yang adalah pendahulu Foulques dan saudaranya Geoffroy sebagai comte Anjou.

Ketika Martel meninggal tanpa keturunan langsung, ia menyerahkan Anjou kepada keponakannya Geoffroy III, Comte Anjou, kakanda Foulques le Réchin.

Foulques berkelahi dengan saudaranya, yang pemerintahannya dianggap tidak kompeten, dan menangkapnya pada tahun 1067. Dibawah tekanan Gereja ia membebaskan Geoffroy. Kedua bersaudara tersebut kembali berkelahi tak lama kemudian, dan pada tahun berikutnya Geoffroy kembali dipenjarakan oleh Foulques, kali ini untuk kebaikan.

Wilayah substansial telah kehilangan kendali kepada Angevin karena kesulitan yang dihasilkan dari pemerintahan Geoffroy yang buruk dan perang saudara yang berikutnya. Saintonge kalah, dan Foulques harus memberikan Gâtinais kepada Philippe I dari Perancis untuk menenangkan raja.

Kebanyakan dari pemerintahan Foulques dibaktikan untuk memulihkan kendali atas wilayah kebaronan Angevin, dan atas pertikaian kompleks dengan Normandia untuk pengaruh di Maine dan Bretagne.

Pada tahun 1096 Foulques menulis sebuah sejarah Anjou yang tidak lengkap dan para pemimpinnya yang berjudul Fragmentum historiae Andegavensis atau "Sejarah Anjou", meskipun kepengarangan dan aslinya dari karya tersebut diperdebatkan. Hanya bagian pertama dari sejarah itu, yang dijelaskan di dalam silsilah keluarga Foulques, masih ada. Bagian kedua, yang seharusnya menjelaskan pemerintahan Foulques sendiri, masih belum pulih. Jika ia benar-benar menulisnya, karya itu merupakan satu dari karya abad pertengahan sejarah yang dituliskan oleh orang awam.[1]

Foulques kemungkinan menikah sebanyak lima kali; namun terdapat keraguan mengenai dua pernikahannya.

Istri pertamanya adalah Hildegarde dari Beaugency. Setelah kematiannya, sebelum atau pada tahun 1070, ia menikahi Ermengarde de Bourbon pada tahun 1070, dan kemudian pada tahun 1076 kemungkinan menikahi Orengarde de Châtellailon. Kedua pernikahan tersebut tidak diakui (Ermengarde de Bourbon pada tahun 1075 dan Orengarde de Chatellailon atau Châtel-Aillon pada tahun 1080), kemungkinan dengan alasan keturunan darah.

Pada tahun 1080 ia kemungkinan menikahi Mantie, putri Walter I dari Brienne. Pernikahan ini juga berakhir dengan perceraian pada tahun 1087. Akhirnya, pada tahun 1089, ia menikahi Bertrade de Montfort, yang kelihatannya "diculik" oleh Raja Philippe I dari Perancis di dalam atau pada sekitar tahun 1092.

Ia memiliki dua orang putra. Yang sulung (putra Ermengarde de Bourbon), Martel, rekan-pemimpin dengannya selama beberapa lama, namun ia meninggal pada tahun 1106. Yang bungsu (putra Bertrade de Montfort) menggantikannya sebagai Foulques V.

Ia juga memiliki seorang putri dengan Hildegarde dari Beaugency, Ermengarde, yang menikah pertama-tama dengan Guillaume IX, Adipati Aquitania, Comte Poitou dan Adipati Aquitania dan kedua kalinya dengan Alain IV, Adipati Bretagne.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Jim Bradbury, "Fulk le Réchin and the Origin of the Plantagenets", in Studies in Medieval History Presented to R. Allen Brown
Didahului oleh:
Geoffroy III
Comte Anjou
dengan Geoffroy IV

1068–1109
Diteruskan oleh:
Foulques V