Forum Budaya Tionghua dan Sejarah Tiongkok

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar depan forum diskusi Budaya Tionghua

Forum Budaya Tionghua dan Sejarah Tiongkok adalah sebuah forum diskusi online yang berbasis di Yahoogroups. Pertama dibentuk pada 29 Oktober 2003. Saat ini jumlah anggota keseluruhan forum sekitar 11 ribu dari berbagai bentuk forum seperti milis, situs, halaman penggemar Facebook dan grup diskusi Facebook.

Pada Januari 2012 milis diskusi yang sudah berjalan selama lebih dari 8 tahun ini terhilang, sehingga alamat milis ini dipindahkan.[1] Pada bulan Februari 2012 Mailing-List yang lama telah berfungsi kembali dengan bantuan seorang member.

Dasar pembentukan[sunting | sunting sumber]

Forum ini dibentuk atas dasar kepedulian akan eksistensi kebudayaan Tionghoa khususnya di Indonesia setelah hampir selama 30 tahun, kebudayaan Tionghoa dianggap sebagai kebudayaan asing yang perlu ditekan eksistensinya di Indonesia.

Dengan kepercayaan dan keyakinan bahwa kebudayaan nasional Indonesia adalah melingkupi seluruh kebudayaan yang eksis di wilayah Indonesia sejak proklamasi negara Indonesia tahun 1945, maka daripada ini tidak dapat dimungkiri bahwa kebudayaan Tionghoa juga merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional Indonesia.

Perkenalan[sunting | sunting sumber]

Di bawah adalah kutipan dari paragraf perkenalan forum diskusi di Yahoogroups:

"Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Sejarah bisa lain menurut sudut pandang yang berbeda-beda pula, tetapi kita yakin keluhuran sejarah hanya satu dan adalah tugas kita untuk belajar dari sejarah untuk menyempurnakan kehidupan kita supaya kesalahan yang lalu-lalu tidak terulang kembali.

Milis ini dibuat untuk memperkenalkan kembali budaya Tionghua dan sejarah Tiongkok serta mendiskusikan segala macam permasalahan-nya. Semoga dengan diadakannya milis ini, siapa saja dari bangsa dan etnis manapun yang tertarik akan kebudayaan Tionghoa dan sejarah Tiongkok dapat lebih mengenal dan mendalaminya demi terciptanya reformasi dan integrasi wajar dari kebudayaan Tionghoa sebagai bagian dari kebudayaan nasional Indonesia.

Milis ini bukan milik suatu golongan, terlebih-lebih aliran politik apapun. Namun bila ada banyak topik mengenai Konfusianisme, Taoisme, Buddhisme Tiongkok, harap maklum sebab kebudayaan Tionghoa selama ribuan tahun dipengaruhi oleh 3 filsafat ini."

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Selain kegiatan diskusi di internet juga ada kegiatan silaturahmi antar anggota yang rencananya akan diadakan berkala. Pertemuan perdana diadakan pada tanggal 17 Desember 2005 di Jakarta dihadiri anggota dari berbagai kalangan dan latar belakang.

Secara berkala, tim inti forum diskusi yang tergabung dalam tim moderator juga diundang untuk mengadakan kerja sama dengan pihak-pihak terkait baik akademisi maupun budaya untuk menyukseskan seminar-seminar berkaitan dengan ke-Tionghoa-an di Indonesia.

Lebih jauh, tim moderator forum juga mengisi acara yang mengulas tentang kebudayaan Tionghoa dan pernak-perniknya di stasiun radio misalnya Radio Cakrawala, Jakarta.

Forum Budaya dan Sejarah Tionghoa[sunting | sunting sumber]

Lingkup Forum Budaya dan Sejarah Tionghoa berkembang dari bentuk mailing-list kedalam bentuk lain seperti format portal, blog, facebook, twitter, forum . Tujuannya adalah memperkenalkan budaya dan sejarah Tionghoa ke masyarakat yang lebih luas.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]