For a Few Dollars More

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
For a Few Dollars More
(Per qualche dollaro in più)
Forafewdollarsmore.jpg
Sutradara Sergio Leone
Produser Arturo González
Alberto Grimaldi
Penulis Cerita:
Sergio Leone
Fulvio Montella
Skenario:
Sergio Leone
Luciano Vincenzoni
Pemeran Clint Eastwood
Lee Van Cleef
Gian Maria Volonté
Klaus Kinski
Musik Ennio Morricone
Sinematografi Massimo Dallamano
Distributor United Artists
Tanggal rilis Bendera Italia 18 November 1965
Bendera Amerika Serikat 10 Mei 1967
Durasi 132 menit
Negara Bendera Italia Italia
Bendera Spanyol Spanyol
Bahasa Italia
Anggaran AS$600.000
Didahului oleh A Fistful of Dollars
Diikuti oleh The Good, the Bad and the Ugly

For a Few Dollars More (bahasa Italia: Per qualche dollaro in più) adalah sebuah film Koboi Itali tahun 1965 yang berdasarkan cerita karya Sergio Leone dan Fulvio Montella. Film ini disutradarai oleh Sergio Leone dengan skenario tulisan Luciano Vincenzoni dan Sergio Leone. Film ini dikenal untuk pemeran-pemerannya yang merupakan aktor-aktor bintang Amerika dan Eropa: Clint Eastwood, Lee Van Cleef, Gian Maria Volonté, dan masih banyak lagi.[1] Aktor Jerman Klaus Kinski juga memainkan peran pendukung sebagai penjahat sekunder. Film ini dirilis di Italia pada tahun 1965, kemudian di Amerika Serikat pada tahun 1967, dan adalah bagian kedua dari apa yang dikenal sebagai Trilogi Dolar.

Plot[sunting | sunting sumber]

Eastwood (dipasarkan sebagai "Man with No Name") dan Van Cleef (sebagai Kolonel Douglas Mortimer dan dipasarkan sebagai "Laki-laki Hitam") menggambarkan dua pemburu karunia dalam pengejaran "El Indio" (Gian Maria Volonté), salah satu buronan paling dicari di wilayah barat, dan geng-nya (salah satunya dimainkan oleh Kinski). Indio adalah orang kejam dan cerdas. Dia memiliki jam saku musik yang dia bermain sebelum terlibat dalam duel pistol. "Ketika lonceng selesai, mulai," katanya. Kilas balik mengungkapkan bahwa menonton berasal dari seorang wanita muda (Rosemary Dexter), siapa yang membunuh dirinya ketika sedang diperkosa oleh Indio setelah dia menemukannya dengan kekasihnya (di novelisasi film Joe Millard, pemuda adalah suaminya yang baru menikah) dan membunuhnya. Menonton dikenakan foto wanita itu dan disajikan sebagai hadiah oleh orang muda sebelum dibunuh.

Film ini diawali dengan Kolonel Mortimer (Cleef) yang ilegal menghentikan kereta api di Tucumcari, dan segera setelah mengumpulkan hadiah sebesar $1000 pada Guy Calloway (José Terrón). Keterampilan gunslinging Mortimer ditampilkan saat dia membunuhnya dengan mudah dari jarak jauh. Setelah mengumpulkan karunia dia bertanya tentang Cavanagh "Bayi" Merah (José Marco), yang memiliki karunia $2000, dan terakhir terlihat di White Rock.

Mortimer diceritakan bahwa Cavanagh telah ditargetkan oleh karakter Eastwood, yang disebut sebagai "Manco" (arti satu-bersenjata di bahasa Spanyol). Kita melihat Manco perjalanan ke kota dan melacak Cavanagh di saloon bermain poker seri lima kartu. Manco membunuh dia dan orangnya, dan mengambil karunia itu. Akhirnya, dua pemburu karunia, setelah belajar tentang satu sama lain dari sumber berbeda, bertemu di El Paso, dan setelah menyeruduk kepala, memutuskan untuk bekerjasama untuk mencatat Indio dan gengnya.

Tujuan utama Indio adalah merampok Bank di El Paso dan aman menyamar yang mengandung "hampir satu juta dolar." Mortimer membujuk seorang Manco enggan untuk bergabung dengan geng Indio selama perampokan untuk "mendapatkan dia antara dua kebakaran." Manco ditawarkan anggota geng setelah menyelamatkan salah satu teman Indio dari penjara.

Ketika Indio merampok bank, dia membawa geng dan uang itu ke kota perbatasan kecil Agua Caliente, dimana Mortimer reuni dengan Manco. Bongkok Wild (Klaus Kinski) mengakui Kolonel dari pertemuan sebelumnya di mana Kolonel sengaja menghina dia dan memaksa konfrontasi di mana dia dibunuh oleh Kolonel. Kolonel kemudian membuktikan layak untuk Indio oleh retak membuka aman tanpa menggunakan bahan peledak, tapi Indio menyatakan niatnya untuk menunggu sebulan jika perlu untuk memungkinkan kehebohan atas perampokan bank mereda dan kunci uang itu. Manco dan Kolonel rencana untuk mencuri uang bank dari Indio, tapi bandit menangkap mereka dalam bertindak dan sangat memukul mereka. Tangan kanan Indio Nino (Mario Brega), atas perintah dari Indio, membunuh penjaga mereka dan melepaskan pemburu karunia. Indio menginformasikan geng bahwa mereka "berhasil lolos," dan mengirimkannya setelah pemburu karunia lolos. Dia berniat untuk membunuh geng-nya dengan pembunuh karunia sementara dia dan Nino mengambil semua harta itu sendiri. Namun, Groggy lebih pintar (Luigi Pistilli) angka apa Indio sampai dengan, dan membunuh Nino. Sebelum dia dapat membunuh Indio, ia menemukan bahwa Kolonel telah dihapus uang dicuri dari tempat Indio telah menyembunyikannya. Indio meyakinkan Groggy untuk bergabung dengan dia menjebak pembunuh-karunia.

Keesokan paginya, Manco dan Mortimer menembak jatuh geng, satu per satu, di jalan-jalan kota. Berdiri sendiri, Mortimer tunas Groggy ketika penjahat itu mencoba melarikan diri, tapi kemudian memiliki pistolnya menembak dari tangannya oleh Indio, yang kemudian ikut jam saku dan mulai memainkannya. Seperti lonceng mendekati akhir, tiba-tiba Manco muncul dengan jam saku identik, memainkan lagu sama seperti Indio, yang Mortimer menyadari telah diambil dari dia sebelumnya. Karena ini terjadi, Manco memegang senapan Henry pada Indio dan memberikan gunbelt dan pistol untuk Mortimer, malam kemungkinan. "Sekarang kita mulai," Manco mengumumkan dan duduk sementara Mortimer dan Indio berhadapan. Selama penyanderaan itu, Manco melihat ke bawah jam saku dan melihat gambar sama dari wanita Indio telah diperkosa. Selesai musik, dan Mortimer menarik lebih banyak orang dan memberondong Indio.

Pada saat ini, Mortimer mengambil jam saku Indio. Manco memberikan kembali menonton lain dan mengomentari di kemiripan keluarga; Kolonel balasan, "Tentu saja, antara saudara dan saudari," menunjukkan bahwa potret wanita muda adalah adik Mortimer. Balas dendam-nya selesai, dia memutuskan untuk mengambil ada bagian dari karunia. Sebagai Manco lemparan terakhir di tubuh ke dalam gerobak dan menghitung mereka dengan hadiah untuk masing-masing, dia menyadari dia adalah singkatan dari total $27.000, dan berputar di sekitar untuk memberondong Groggy yang selamat dan menunggu untuk menyergap. Sewaktu ia berangkat, dia sembuh uang dicuri dari bank El Paso, meskipun tidak jelas apakah dia berniat untuk mengembalikannya. Dia kemudian berangkat ke kejauhan dengan kuda penarik kereta penuh tubuh tak bernyawa dari seluruh geng.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Memimpin[sunting | sunting sumber]

Anggota geng[sunting | sunting sumber]

Karakter lain[sunting | sunting sumber]

  • Dante Maggio sebagai Carpenter dalam sel dengan El Indio
  • Diana Rabito sebagai Gadis di bak mandi Calloway
  • Giovanni Tarallo sebagai Pengirim kawat Santa Cruz
  • Joseph Egger sebagai Nabi Lama
  • Lorenzo Robledo sebagai Fred, pengkhianat El Indio
  • Mara Krupp sebagai Mary, istri manajer hotel
  • Mario Meniconi sebagai Konduktor kereta
  • Roberto Camardiel sebagai Petugas Stasiun
  • Sergio Mendizábal sebagai Manajer bank Tucumcari
  • Tomás Blanco sebagai Sheriff Tucumcari

Musik[sunting | sunting sumber]

Ennio Morricone tersusun soundtrack film seperti dia dilakukannya untuk A Fistful of Dollars: sebelum produksi telah dimulai, di bawah petunjuk eksplisit Leone. Bahkan Leone sering ditembak musik Morricone di set. Di Amerika Serikat, Hugo Montenegro merilis sebuah versi kover seperti halnya Leroy Holmes yang merilis sebuah versi kover di album soundtrack dengan seni poster asli Amerika. Maurizio Graf menyanyikan vokal "Occhio Per Occhio"/"Eye For An Eye" dengan musik dari lagu isyarat "Sixty Seconds to What" yang tidak muncul dalam film namun dibebaskan sebagai rekaman 45rpm pertalian.[3]

Grup musik rock Year Long Disaster telah mencatat lagu yang berjudul "Per qualche dollaro in più". Namun, tidak diketahui seberapa besar koneksi dengan itu.

Grup musik Britania Raya Babe Ruth terkenal meliputi tema utama sebagai bagian dari lagu mereka The Mexican.

Tema "La resa dei conti" digunakan sebagai nada dering untuk telepon Vertu.

Referensi di media lain[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]