Florikultur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Rumah tanaman berisi berbagai macam bunga

Florikultur adalah sebuah disiplin ilmu yang terkait dengan pembudidayaan tanaman berbunga dan tanaman hias. Florikultur merupakan cabang dari hortikultura. Pembudidayaan untuk mendapatkan varietas baru menjadi topik utama bagi pakar florikultur.

Yang ditanam oleh florikultur tidak hanya tanaman yang berbunga, tetapi juga tanaman yang menjadi alas (bedding), tanaman inang yang menjadj tempat tanaman berbunga tumbuh, dan tanaman pelengkap lainnya. Penanaman biasanya dilakukan di pot, keranjang gantung, dan media lainnya dalam kondisi lingkungan terkendali. Tanaman yang dibudidayakan sebagian besar dijual sebagai tanaman hias untuk taman dan lanskap arsitektural. Tanaman bunga berukuran relatif kecil dalam pot dijual sebagai hiasan dalam ruangan untuk hotel, kantor, restoran, dan sebagainya. Contoh tanaman bunga yang terkenal yaitu Chrysanthemum, Pelargonium, Impatiens, dan Petunia.

Bunga potong adalah bunga yang dijual bagian bunga dan tangkainya, terkadang dengan sedikit daun. Bunga ini telah dipotong dari tanamannya dan dijual dalam jumlah seikat. Bunga potong termasuk hasil panen karena dipotong dari induk tanamannya sehingga perlakuan pasca panen diperlukan untuk menjaga kesegaran bunga potong. Perlakuan pasca panen mencakup pengawetan (secara kimiawi maupun pendinginan), penyimpanan, dan pengemasan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Bahan bacaan terkait[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]