Fitri Carlina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fitri Carlina
Fitri Carlina.jpg
Latar belakang
Lahir 29 Mei 1987 (umur 27)
Asal Bendera Indonesia Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia
Genre Dangdut
Pekerjaan Penyanyi
Tahun aktif 2011 - sekarang
Label Nagaswara

Fitri Carlina yang memiliki nama lengkap Fitri Dian Puspita (lahir di Banyuwangi, 29 Mei 1987; umur 27 tahun) adalah penyanyi dangdut yang juga adik dari Nini Carlina. Nama Fitri mulai melejit pada tahun 2012 sejak menyanyikan lagu "ABG Tua" dengan versi bahasa Betawi.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Bungsu dari 4 bersaudara ini telah berkenalan dengan musik sejak kecil. Fitri dan saudara-saudaranya dibesarkan dalam keluarga yang sangat perduli dengan pendidikan dan kesenian. Maklum ayah mereka, Drs. H. Taserun Hadinata adalah pensiunan Kepala Seksi Kebudayaan Dinas P&K, sedang ibu mereka, Hj. Sukesi Purwanti adalah pensiunan Kepala Sekolah Dasar di Banyuwangi. Fitri mengawali karier di dunia musik sejak masih duduk di bangku SD. Pada mulanya Fitri kerap mengisi acara-acara yang diadakan keluarga kemudian acara 17 Agustus-an. Walau baru kelas 1 SMP, Fitri telah menjadi penyanyi panggung profesional. Dia kerap tampil di desa-desa lain, bahkan luar kota. Mengikuti jejak kedua kakak perempuannya, Nini Carlina dan Wiwi Carlina, yang juga penyanyi dangdut, Fitri berhasil menelurkan album perdana pada tahun 2001 bertajuk Kompilasi New Joged Blambangan dan Padang Ujan.

Meski sibuk menyanyi dan show, Fitri tetap memperhatikan pendidikannya. Sejak SD hingga SMP, dia selalu menduduki rangking pertama. Bahkan pernah menyandang gelar sebagai siswa teladan tahun 2002 dalam seleksi Siswa Teladan SLTP/MTs Negeri dan Swasta se-Kabupaten Banyuwangi.

Fitri memutuskan untuk hijrah ke Jakarta pada tahun ajaran 2003/2004 dan masuk ke SMA Negeri 78 Jakarta. Dengan bimbingan kakaknya, Nini Carlina, dalam waktu satu tahun, Fitri berhasil merilis lagu "ABG Tua" meledak, Fitri turut menyanyikan dalam versi bahasa Betawi. Tak dinyana justru lagu itulah yang memopulerkan namanya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]