Nini Carlina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Nini Carlina
LahirNinik Herlina
12 Juli 1976 (umur 47)
Banyuwangi, Indonesia
PekerjaanPenyanyi, aktris
Suami/istriDodik Sujatmiko (bercerai)
Indra Marki
Anak3
KerabatFitri Carlina (adik)
Karier musik
GenreDangdut, Pop rock
Tahun aktif1992–sekarang
Label
AnggotaSmoothies
Mantan anggotaHP GIRLS

Nini Carlina yang mempunyai nama asli Ninik Herlina (lahir 12 Juli 1976)[1] adalah penyanyi dangdut berkebangsaan Indonesia yang juga merupakan kakak dari pedangdut Fitri Carlina.

Karier[sunting | sunting sumber]

Nini mengawali kariernya sebagai penyanyi panggung yang berkeliling dalam sejumlah event. Debut rekaman albumnya adalah Gantengnya Pacarku (1992). Lagu berjudul sama dari album itu, langsung melejitkan namanya. Setelah album itu, namanya mulai agak redup. Nini mulai melejit lagi setelah berduet dengan Doel Sumbang dalam lagu Kalau Bulan Bisa Ngomong. Disusul lagu lainnya antara lain Aku Cinta Kamu, Rindu Aku Rindu Kamu, Malioboro dan Tembang Cinta membawa duet mereka pada kesuksesan. Album yang pernah dirilis Nini antara lain Tembang Cinta (1995), Tak Main-Main (duet keduanya dengan Doel Sumbang), Harap Maklum (2000), Bulan Andung-Andung (1997), dan Panah Asmara (2002).

Pada tahun 1994 di bawah naungan HP Records, Nini Carlina sempat tergabung dalam grup HP GIRLS yang beranggotakan Merry Andani, Baby Ayu, dan Anis Marsela. Ditangan Jeffry Bule sebagai music director dan Doel Sumbang sebagai pencipta lagu, HP GIRLS merilis album bertajuk ANAK MAMA dengan lagu andalan berjudul sama.

Pada tahun yang sama, Nini juga tergabung dalam “Kelompok Solidaritas”. Kelompok Solidaritas adalah ide dari musisi rock andal Indonesia Ian Antono, yang berniat menggandeng musisi-musisi kenamaan era 90-an untuk sebuah produksi album. Di bawah label Blackboard Ind. akhirnya diluncurkanlah sebuah album bertajuk Kelompok Solidaritas dengan hit Bunga Kehidupan yang liriknya digarap oleh Iwan Fals. Dalam kelompok ini tercatat nama -nama seperti Ita Purnamasari, Nini Carlina, Dewi Yull, Franky Sahilatua, Hengky Supit, Ikang Fawzi, Farid Hardja, Nicky Astria, Ahmad Albar, Ecky Lamoh, Leo Kristi, Gito Rollies. Album ini tidak mementingkan keuntungan, tetapi lebih kepada kebersamaan dan kepedulian.

Pada 27 Juli 2011, Nini membentuk grup vokal Smoothies bersama Bella Saphira, Della Puspita dan Lia Emilia. Namun, dikarenakan Bella sibuk berkegiatan di luar Smoothies, akhirnya ia memutuskan hengkang dan digantikan adik dari Nini Carlina, yakni Fitri Carlina. Smoothies telah merilis single berjudul Party On The Beach di bawah naungan label Nagaswara.

Meski lebih banyak berkiprah pada musik dangdut, Nini juga termasuk penyanyi multigenre selain Hetty Koes Endang dan Eka Deli. Ia pernah merambah dan merekam vokalnya pada genre musik berbeda. Mulai dari Pop, Etnik, hingga Slow Rock. Terkadang Nini juga tampil membawakan lagu Mandarin.

Selain menyanyi, Nini juga menjajal dunia akting. Nini pernah mendukung serial komedi Opera Nasi Bungkus (1994), serial Kembang dan Kumbang (1997), dan acara komedi Ludruk Glamor (SCTV (Indonesia)),[2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Nini pernah menikah dengan Dodik Sujatmiko. Pernikahan tersebut kandas pada tanggal 6 Juni 2005.[3] Hak pengasuhan anak semata wayang mereka, Beryl Cholif Arrahman jatuh ke tangan Nini.

Tahun 2006, Nini diangkat menjadi duta buruh migran Indonesia bersama Franky Sahilatua oleh Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI).[4]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

  • Gantengnya Pacarku (1992)
  • Tembang Cinta (1995)
  • Bulan Andung-Andung (1997)
  • Harap Maklum (2000)
  • Panah Asmara (2002)

Acara Komedi[sunting | sunting sumber]

Sinetron[sunting | sunting sumber]

Iklan[sunting | sunting sumber]

  • Oli Top One (2003)

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]