Festival universitas (Jepang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Festival universitas (大学祭, Daigakusai) di Jepang adalah acara yang berpusat pada mahasiswa yang diadakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di universitas Jepang (termasuk perguruan tinggi junior). Beberapa universitas menyebutnya festival akademi (Gakuensai) atau festival sekolah (Gakusai).

Selain itu, acara serupa juga diadakan di sekolah vokasional, Sekolah Tinggi Teknologi (Kōsen), dan fasilitas di luar yurisdiksi Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (sekolah tinggi dan sebagainya).

Gambaran[sunting | sunting sumber]

Tidak ada standar resmi untuk menyebut acara yang berpusat pada mahasiswa sebagai festival universitas. Namun, sebuah acara yang disebut festival universitas sering disebut ketika kondisi berikut umumnya terpenuhi.

  • Sekretariat universitas secara resmi menyetujui komite eksekutif.
  • Itu dilakukan di kampus universitas.
  • Komite eksekutif, yang terdiri dari mahasiswa, adalah badan utama operasi.

Sebagian besar festival universitas dijalankan oleh mahasiswa, sekretariat universitas dan komite mahasiswa dari anggota fakultas memberikan persetujuan dan saran sesuai dengan kegiatan mahasiswa. Secara umum, dosen dan staf setiap fakultas, Staf bidang kemahasiswaan yang mengelola festival universitas (festival sekolah) memainkan peran sentral dalam memberikan persetujuan dan saran, dan bidang terkait seperti hubungan masyarakat, keuangan, dan fasilitas memberikan dukungan dalam berbagai bentuk. Namun, di beberapa universitas, beberapa dosen mempresentasikan penelitiannya secara nominal yang disebut laboratorium terbuka. Selain itu, jika ada beberapa organisasi sponsor festival sekolah di pihak mahasiswa karena pengaruh gerakan mahasiswa, dan sebagainya, itu mungkin dijalankan oleh universitas untuk menghindari kebingungan.

Festival universitas berperan dalam membuka sekolah bagi masyarakat luar dan lokal serta meningkatkan kesadaran mahasiswa. Secara khusus merupakan tempat untuk mengumumkan kegiatan seperti pameran dan pengumuman oleh organisasi mahasiswa seperti kegiatan klub, penerbitan jurnal dan buletin, pembukaan stan makanan untuk mengumpulkan dana dan memperkuat persatuan, dan penelitian pendidikan yang dilakukan oleh universitas.

Penggalangan dana juga banyak dilakukan oleh mahasiswa, tetapi ada juga bentuk di mana sebagian dari biaya (sekitar setengah dari jumlah) digunakan untuk biaya pertemuan mahasiswa dan sebagainya mewakili sekolah dalam pertemuan dan untuk menutupi biaya festival sekolah. Selain itu, Universitas Hosei mengadakan "Festival Hosei Sukarela" di mana mahasiswa menolak untuk mempromosikan dan mendukung otoritas universitas serta merencanakan dan mengelolanya secara mandiri.

Selain itu, ada juga kondisi antar universitas bekerja sama dan membentuk kemitraan, seperti Federasi Festival Sekolah Tokyo Roku Daigaku.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Festival universitas Universitas Kansai (1927)

Festival universitas (festival sekolah) di universitas dan lembaga pendidikan tinggi lainnya telah diadakan sejak sebelum Perang Dunia II. Misalnya, Festival Mei Universitas Tokyo lebih dari 80 kali, dan Festival Panen Universitas Pertanian Tokyo berjumlah 117 kali pada 2008. Selain itu konon mulai dilakukan dalam bentuk umum saat ini setelah Perang Dunia II, dan ada pandangan yang berkembang dengan munculnya aktivis mahasiswa. Sebagai salah satu festival universitas tertua di Jepang, terdapat Festival Bahasa Asing Universitas Studi Asing Universitas Tokyo, yang dapat ditelusuri kembali sampai "Kuliah" pada 1900 di mana drama bahasa asing pertama kali ditampilkan. waktu. Dikatakan bahwa festival budaya pertama di universitas nasional yang baru adalah "Festival Universitas Gifu" (Gidaisai) di Universitas Gifu, yang terhitung 63 kali pada tahun 2011.

Masalah[sunting | sunting sumber]

Mengenai festival universitas, beberapa sekolah telah meminta perbaikan dalam konten dan manajemen berikut (berikut adalah faktor dan latar belakang pendapat tersebut).

Faktor Latar belakang
1 Ada beberapa presentasi dan pameran yang berkaitan dengan pendidikan dan penelitian, seperti presentasi melalui seminar. Baik siswa maupun sekolah tidak terlalu tertarik dengan presentasi dan pameran seperti itu.
2 Dosen acuh tak acuh, dan beban serta otoritas terkonsentrasi pada beberapa dosen. Hal ini juga terkait dengan faktor-faktor di atas.
3 Hanya beberapa mahasiswa, seperti penyelenggara acara (panitia eksekutif, dan sebagainya) dan kalangan yang mengadakan stan makanan, kegiatan klub, dan sebagainya yang heboh. Festival sekolah sendiri bukanlah acara yang semua pesertanya berpartisipasi,[1] dan beberapa mahasiswa tidak tertarik dengan festival sekolah itu sendiri, sehingga perilaku dan pengaruh mahasiswa terhadap festival sekolah cenderung terpolarisasi.
4 Di beberapa universitas, festival universitas menjadi panggung konflik dengan beberapa pemikir. Universitas dengan jumlah mahasiswa yang banyak lebih cenderung mengalami konflik dibandingkan dengan universitas dengan jumlah mahasiswa yang sedikit.
5 Keterbukaan informasi tertunda, karena penggunaan biaya belum sepenuhnya diklarifikasi. Tingkat pengungkapan informasi bervariasi tergantung pada struktur organisasi komite eksekutif festival sekolah.

Masalah kebersihan[sunting | sunting sumber]

Telah ditunjukkan bahwa manajemen kebersihan tidak menyeluruh di dalam stan makanan yang menyediakan makanan dan minuman.

Masalah keracunan makanan pengunjung Festival Universitas Nagoya yang diadakan pada Juni 2008, di Nagoya, ditemukan Staphylococcus aureus pada crepes yang dijual di stan makanan, dan penyebabnya adalah adonan yang disiapkan. Pusat Kesehatan Chikusa meminta komite eksekutif sekolah festival untuk memberikan panduan kebersihan menyeluruh.[2]

Masalah minum[sunting | sunting sumber]

Dalam beberapa tahun terakhir, seperti di sekolah menengah atas, budaya minum yang mencolok dari mahasiswa telah menjadi masalah, dan beberapa universitas telah mengambil tindakan seperti melarang penjualan minuman beralkohol. Ada juga indikasi bahwa itu adalah lahan subur untuk pelecehan alkohol, seperti memaksa seseorang meminum segelas penuh sekaligus.[butuh rujukan]

Pada "Hokudaisai" di Universitas Hokkaido, dalam Komite Mahasiswa, yang merupakan organisasi fakultas, dan Sekretariat Komite Eksekutif Festival Universitas Universitas Hokkaido (organisasi mahasiswa), pada tahun 2005, disepakati untuk berhenti menjual minuman beralkohol, dan selama Festival Universitas Hokkaido, mahasiswa akan secara sukarela mengatur penjualan minuman dan minuman beralkohol. Sejak itu, kecelakaan minum hampir hilang di Festival Universitas Hokkaido.

Di sisi lain, pada "Festival Kanmine" di Universitas Tsukuba, Universitas dan komite eksekutif festival sekolah (organisasi bawahan dari asosiasi mahasiswa "Pertemuan Perwakilan Semua Sekolah dan Sekolah Khusus") melarang penjualan minuman beralkohol yang direncanakan untuk festival sekolah 2008. Karena masalah yang disebabkan oleh minuman beralkohol yang dibawa ke dalam lokasi pada tahun 2008, diputuskan untuk melarang membawa masuk minuman beralkohol mulai tahun 2009 dan seterusnya. Di sisi lain, upaya untuk mencegah kecelakaan sambil menghindari larangan total minuman beralkohol dengan menetapkan standar ganda yang memungkinkan distribusi minuman beralkohol oleh panitia pelaksana festival sekolah.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 初等教育・中等教育の学校行事である「文化祭」(正規の教育課程)とは異なり、大学祭自体は卒業要件に含まれない(または影響しない)課外活動であるため、実行委員やサークル、ゼミなどの関係で出席する場合を除き、参加そのものに義務はない。
  2. ^ 名大学園祭の食中毒77人に クレープ生地の作り置きが原因 Diarsipkan 2008-06-13 di Wayback Machine.(産経ニュース 2008.6.10)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]