Festival Reading dan Leeds

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Reading and Leeds Festivals
Reading and Leeds 06 and 07.jpg
Reading Main Stage in 2007 (Atas)

Leeds Main Stage in 2006 (Bawah)

Lokasi Inggris
  • Various as National Jazz Festival (1961–1970)
  • Reading (sejak 1971)
  • Leeds (sejak 1999)
Tahun diselenggarakan 1961–sekarang
Pendiri
Tanggal Liburan bank pada Agustus
Genre Rock, indie rock, alternative rock, heavy metal, punk rock
Situs web www.readingfestival.com
www.leedsfestival.com

Festival Reading dan Leeds adalah sepasang festival musik tahunan yang berlangsung di Reading dan Leeds di Inggris. Peristiwa berlangsung secara bersamaan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu akhir pekan liburan bank Agustus, berbagi tagihan yang sama. Festival Reading diadakan di Little John's Farm di Richfield Avenue di pusat Reading, dekat Jembatan Caversham sedangkan Leeds diadakan di Bramham Park, dekat Wetherby, dengan alasan sebuah rumah bersejarah. Lokasi perkemahan tersedia pada kedua situs dan tiket akhir pekan meliputi berkemah. Tiket untuk sehari juga dijual.

Festival Reading, leg asli dan senior, adalah festival musik tertua di dunia yang populer dan masih ada. Festival ini memiliki fase musik berbagai selama bertahun-tahun. Dalam era kembar-situs, rock, alternatif, indie, punk dan metal cenderung mendominasi.

Festival dijalankan oleh Festival Republic, yang melakukan divestasi dari Mean Fiddler Music Group.[1] Untuk tujuan promosi selama 1998-2007 mereka dikenal sebagai "Carling Weekend: Reading and the Carling Weekend: Leeds". Tidak mengherankan, judul ini jarang digunakan ketika tidak diperlukan, meskipun NME melakukannya sebagai bagian dari keterlibatannya. Pada bulan November 2007, panitia menyambut "Festival Reading memperoleh kembali nama bergengsi" ketika judul yang disponsori dihapuskan setelah 9 tahun.[2] Dalam 2011, kapasitas dari lokasi Reading adalah 87.000[3] dan lokasi Leeds adalah 75.000.[4] Ini adalah peningkatan dari beberapa ribu pada tahun-tahun sebelumnya.[5]

Stage[sunting | sunting sumber]

Festival ini biasanya memiliki stage sebagai berikut:[6]

  • Main Stage - Pertunjukan utama rock, indie, metal dan alternatif.
  • Stage NME/Radio 1 - Pertunjukan kurang terkenal, dibangun untuk pertunjukan headline alternatif.
  • Stage Festival Republic (sebelumnya dikenal sebagai stage Carling) - pertunjukan dengan daya tarik kurang populer dan pertunjukan terobosan.
  • Stage Lock Up - Pertunjukan musik punk, underground dan hardcore.[7] Karena permintaan, dari 2006 stage ini mengambil dua hari dibandingkan tahun sebelumnya di mana ia hanya satu hari.
  • Tenda dance - tarian tindakan musik, pada saat ini dimulai, stage Lock Up tidak diadakan.
  • Tenda alternatif - pertunjukan komedi dan kabaret ditambah dengan DJ.[8]
  • Stage BBC Introducing - Biasanya pertunjukan unsigned/tidak terkenal. (Dahulu dikenal sebagai stage Topman Unsigned di lokasi Leeds).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

! Artikel utama untuk kategori ini adalah Festival Jazz dan Blues Nasional.

Festival Reading berasal dari Festival Jazz Nasional, yang dikandung oleh Harold Pendleton (pendiri Marquee Club di London) dan pertama kali diselenggarakan di Richmond Athletic Ground pada tahun 1961. Festival ini, pada gilirannya, mengambil inspirasi dari acara yang diadakan di Amerika. Sepanjang dekade pertama festival ini berganti nama dan berpindah-pindah lokasi beberapa kali, yang diadakan di Windsor Racecourse, Kempton Park and Plumpton, sebelum mencapai rumah tetapnya di Reading pada tahun 1971.[9]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Reading and Leeds Festivals