Fenomena sosial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dari detik.com: Fenomena sosial pasti terjadi di semua lapisan masyarakat dan unik. Pahami pengertian, macam-macam dan contoh fenomena sosial dan budaya yang wajib kamu ketahui dan pahami dalam ilmu sosial.

CONTOH fenomena sosial

Dalam kehidupan bermasyarakat tentunya akan menjumpai banyak fenomena sosial atau kejadian-kejadian yang berkesan dan berpengaruh besar sedang terjadi. Fenomena dalam kehidupan sosial bisa dalam bentuk hal-hal atau kejadian yang positif bisa juga negatif.

Munculnya fenomena ini sendiri dipicu oleh banyak faktor, yang kemudian bentuknya semakin kompleks dan memberi pengaruh yang cukup besar.

Menurut KBBI[sunting | sunting sumber]

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) menjelaskan bahwa fenomena sosial adalah  kejadian nyata yang dapat dilihat secara langsung melalui panca indra dan dapat dijelaskan dalam penelitian bersifat ilmiah.

Dalam arti ini jelas bahwa fenomena sosial harus bisa dibuktikan melalui langkah penelitian sosial yang sistematis agar apa yang dilihatnya dapat dipertanggung jawabkan.

  • Segala bentuk kejadian nyata yang bisa dilihat secara langsung dan kemudian terjadi hal serupa di daerah lain, kota lain, bahkan negara lain di seluruh dunia. Maka sudah termasuk ke dalam contoh Fenomena.

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]