Fate/Extra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Fate/EXTRA
Pengembang Type-Moon
Image Epoch
Penerbit Marvelous Entertainment
Platform PlayStation Portable
Tanggal rilis JP July 22, 2010
Genre Role Playing Game
Media digital/distribusi UMD

Fate/Extra merupakan bagian dari franchise Fate/stay night, yang diperuntukan bagi Playstation Portable. Mengetengahkan pertempuran Holy Grail di sebuah dunia yang benar-benar baru. Setting Fate/Extra adalah sebuah dunia yang disebut SERAPH atau Serial Phantasm. Player memilih satu dari tiga kategori Servant yang ada (Saber, Archer, Caster) dan menjadi salah satu dari 128 penyihir yang memperebutkan Holy Grail.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Kehidupan yang terlihat biasa dan membosankan, ternyata adalah sebuah kepalsuan. Tokoh utama (tidak ada nama default) menyadari hal ini secara kebetulan, dan menemukan dirinya telah berada di tengah-tengah pertumpahan darah. Ketidak tahuan membawa kematian, namun, sebuah keinginan sederhana 'tak ingin mati' berhasil memanggil roh pahlawan yang kemudian membawa tokoh utama untuk menjadi salah satu Master dari pertempuran Holy Grail.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Master[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama(Hero / Heroinne)

Karakter yang dikendalikan oleh player. Laki-laki atau perempuan, ditentukan pula oleh player di awal permainan. Kehilangan ingatan dan bertarung untuk mencari jati dirinya. Awalnya hanya salah satu NPC yang diciptakan SERAPH, namun secara ajaib memiliki kesadaran, dan perlahan-lahan mulai mengetahui kenyataan bahwa dirinya bukanlah manusia hidup, melainkan hanya data dari orang yang sudah meninggal. Setelah mengetahui apa dirinya, tujuan bertarung berubah menjadi 'ingin menyegel Holy Grail' agar tidak ada lagi pertumpahan darah seperti yang dialaminya.

Rin Tohsaka

Penyihir muda dari keluarga Tohsaka. Seorang hacker jempolan yang mengincar Holy Grail. Kemampuannya kelas dunia, berulang kali menerima undangan dari PBB namun Rin menolaknya dan malah bergabung dengan sebuah kelompok bersenjata di Timur Tengah. Tidak menyukai visi-misi Yayasan Harwey yang menganggap dunia tidak perlu berubah sama sekali. Keras tapi seringkali menunjukkan perhatian serta memberikan bantuan pada tokoh utama. Memiliki Servant Lancer.

Shinji Matou

Juara game Asia. Menganggap pertempuran Holy Grail sebagai game belaka, dan menganggap peringatan 'Kalah berarti mati' sebagai ancaman kosong. Cenderung meremehkan orang lain, termasuk tokoh utama. Memiliki Servant Rider.

Leo B. Harwey

Calon pewaris Yayasan Harwey yang dikatakan menguasai 60% dunia. Sopan, penuh kharisma dan percaya diri. Tidak menutupi identitas Servant-nya seperti yang umumnya dilakukan seorang penyihir. Terlahir untuk menjadi seorang raja, namun punya satu hal yang seharusnya dimiliki seorang raja sejati. Memiliki Servant Saber.

Alice

Gadis kembar yang sangat kekanak-kanakan. Menyebut tokoh utama 'sama seperti aku'. Sering melakukan atau mengucapkan hal-hal yang sulit dinalar. Keduanya menyebut diri sebagai 'Alice', dan hanya bisa dibedakan lewat warna pakaian, dimana Alice berbaju putih, sedangkan kembarannya berbaju hitam. Memiliki Servant Caster. Ada indikasi sebenarnya Alice di dunia nyata sudah tiada.

Lani VIII

Gadis dari Atlas. Seorang Homunculus ciptaaan ahli alkimia Atlas yang mampu meramal lewat bintang-bintang. Membantu tokoh utama, sebagai gantinya belajar tentang manusia dari tokoh utama. Memiliki Servant Berserker. Tergantung pilihan player, bisa menjadi satu-satunya orang yang bertahan hidup dari perang Holy Grail.

Dan Blackmore

Prajurit Sniper veteran. Bertarung dengan jantan dan tidak menyukai kecurangan atau taktik kotor, sekalipun itu sebenarnya bisa menguntungkan dirinya. Kerap berdoa di gereja. Memiliki Servant Archer. Mengikuti turnamen atas perintah ratu negaranya, tetapi sebenarnya berharap untuk bisa menghidupkan kembali istrinya.

Kuzuki

Guru misterius berpakaian serba hitam. Memiliki tatapan mata yang dingin dan intimidatif. Tidak pernah bicara tapi sebenarnya punya hubungan dengan Leo. Terlahir dengan nama Julius Belkisk Harwey, menjadikannya kakak tiri Leo. Mengetahui jati diri tokoh utama, dan senantiasa mengincar kesempatan untuk membunuhnya. Membawa Servant Assassin.

Ranloo

Perempuan yang berkostum badut. Punya gangguan mental, bicara dengan nada kaku dan selalu mengeluh lapar. Menurutnya, dia hanya bisa memakan daging orang yang disukai. Kalau ucapannya benar, dia sudah memangsa keluarga, hewan piaraan dan bahkan anaknya sendiri. Memiliki Servant Lancer.

Servant[sunting | sunting sumber]

Saber

Gadis berpakaian serba merah dengan pedang (Aestus Estus) yang sangat besar. Penampilannya mirip dengan versi orisinil Saber, tapi keduanya bukan orang yang sama. Namanya sewaktu hidup adalah Kaisar Romawi V, Nero Claudius Caesar Augustus Germanicus. Terkenal sebagai penguasa yang lalim dan menekan agama lain serta dewan pemerintahan Romawi sendiri, tapi sangat memperhatikan rakyat. Namun, perhatian dan cinta yang diberikan olehnya bukanlah cinta yang diharapkan rakyat. Pada akhirnya, Nero mengakhiri hidupnya tanpa pernah dicintai oleh siapapun. Tapi, Saber mengakui dirinya tidak menyesal karena telah menikmati hidupnya. Kalaupun ada yang disesalinya, hanyalah dirinya yang tidak paham cinta. Menggunakan Noble Phantasm Aestus Domus Aurea yang konon setara dengan sebuah Reality Marble.

Archer

Nama aslinya adalah EMIYA. Servant Archer yang sama dengan Fate/stay night. Tidak punya Noble Phantasm, namun memiliki Reality Marble Unlimited Blade Works.

Caster

Gadis setengah rubah yang sangat ceria. Punya kenangan pahit di masa lalu yang menyebabkan dirinya tak bisa bersama orang yang dicintai, sehingga sangat menyayangi tokoh utama di atas segalanya. Sebenarnya telah berulang kali menjadi Servant dalam perang Holy Grail, namun ini pertama kalinya dia memperoleh kepercayaan penuh dari Masternya. Nama aslinya adalah perempuan rubah dari legenda Jepang; Tamamo no Mae. Sebenarnya merupakan pecahan dari Dewi Amaterasu. Tertarik pada manusia, namun manusia tidak pernah percaya padanya yang bukan manusia. Tewas tanpa pernah dipercaya dan dicintai merupakan penyesalannya, yang membawanya menjadi roh pahlawan.

Servant Lawan[sunting | sunting sumber]

Lancer (Biru)

Seperti halnya Archer, Lancer pun salah seorang Servant yang berpartisipasi dalam perang Holy Grail di Fate/stay night. Roh pahlawan dari manusia setengah dewa dalam legenda Irlandia, Cú Chulainn. Bersenjatakan tombak Gáe Bolg. Suka pertarungan dan kerap menggoda Rin, tapi patuh dan mengharapkan keselamatannya di atas apapun.

Rider

Perempuan tinggi dengan bekas luka di wajah. Menggunakan dua pistol antik dalam pertempuran. Semasa hidup, dirinya seorang bajak laut yang dikenal dengan nama Francis Drake. Noble Phantasm-nya berwujud kapal Golden Hind, yang merupakan kapal armadanya. Bekerja demi bayaran yang sesuai, dan menganggap segala sesuatu - termasuk kematian harus diakhiri dengan tawa.

Archer

Roh pahlawan yang penuh siasat dengan Noble Phantasm Yew Bow. Mahir menggunakan racun yang dipadukan dengan panah. Nama sejatinya adalah Robin Hood, namun bukan Robin Loxley. Dia hanya salah seorang yang mendompleng nama Robin Hood yang asli. Putra seorang Druid yang kemudian berjuang demi sebuah desa yang telah membantu penguburan ayahnya. Menurut penuturannya, semasa hidup dia memperoleh kekuatan, kejayaan, kekayaan dan kawan, namun ada satu hal yang selalu didambakannya; sekali saja, dia ingin berdiri dan bertarung sebagai seorang 'Pahlawan' di bawah cahaya, bukan menyembunyikan wajah dan identitas, menyerang musuh dari kegelapan menggunakan cara-cara kotor seperti yang selalu dilakukannya di hutan Sherwood.

Caster

Terlahir dari harapan seorang anak untuk memiliki teman. Tidak punya wujud tetap karena dirinya adalah Nursery Rhyme yang berarti 'pahlawan' dalam benak anak-anak yang terhibur oleh kisah-kisah dalam dongeng. Memiliki sihir yang sangat kuat, dan menggunakan Reality Marble Nameless Forest serta Noble Phantasm Queens Glass Game.

Lancer (Hitam)

Pria tinggi dengan baju zirah hitam yang penuh darah. Sering mengumandangkan kuasa Tuhan seperti seorang yang fanatik. Sosok aslinya adalah manusia yang menjadi model vampir Dracula; Vlad Tepes. Semasa hidup, karena pandangannya yang keras dan kekuatannya yang luar biasa, orang menjauh darinya dan menyebut dirinya sebagai monster. Lama kelamaan Vlad pun menyerah dan benar-benar menganggap dirinya monster.

Assassin

Servant berambut merah dengan busana pendekar Kung Fu. Tidak menggunakan sihir ataupun instrumen sihir dalam pertarungan, semua murni dengan kekuatannya sendiri. Mampu menghilangkan hawa keberadaannya dengan sempurna, nyaris tak bisa dilacak oleh Servant dan Master manapun. Tidak punya nama jurus secara spesifik, namun terkenal dengan julukan 'Tidak butuh pukulan kedua', yang merupakan nama kedua dari nama sejatinya; Li Shuwen. Menjadi Servant karena ingin bertarung dengan semua orang terkuat yang pernah ada di sejarah. Dalam kekalahan sekapipun, dia merasa sangat bahagia karena bisa bertarung.

Berserker (Laki-laki)

Servant tinggi besar dengan busana perang era Tiga Kerajaan China. Konon memiliki kualifikasi untuk menjadi 5 kelas Servant lainnya pula. Nama aslinya adalah Lu Bu, dengan Noble Phantasm God Force.

Berserker (Perempuan)

Tidak seperti kelas Berserker pada umumnya, bertubuh ramping dan tidak bersenjata. Nama aslinya adalah Arcueid Brunestud, dengan Noble Phantasm Blut de Schwester. Tampaknya bukan Servant biasa, karena setelah Masternya lenyap pun dia hanya menghilang ke dimensi lain. Bahkan sempat berbincang sebentar dengan tokoh utama.

Saber

Sosok aslinya adalah ksatria Raja Arthur yang paling setia, Gawain. Mengabdi sepenuhnya pada Leo, termasuk 'jalan menuju raja' yang dianutnya. Akibatnya, dia cenderung tidak akur dengan Servant tokoh utama yang menyukai pemikiran Master mereka yang tidak menyetujui pertumpahan darah tidak perlu. Bersenjatakan pedang yang konon merupakan adik dari pedang legendaris Excalibur; Gallatin. Selama bermandikan cahaya matahari, Gawain yang memegang pedang ini akan terlindungi sepenuhnya dari serangan musuh.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]