Falun Gong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Falun Gong

Lambang Falun Dafa
Falun, lambang Falun Dafa
Hanzi tradisional: 法輪功
Hanzi sederhana: 法轮功
Makna harfiah: Latihan Roda Dharma atau Kerja/Daya/Energi Roda Dharma
nama alternatif
Hanzi tradisional: 法輪大法
Hanzi sederhana: 法轮大法
Makna literal: Latihan Roda Dharma Agung

Falun Gong (法輪功) atau Falun Dafa (法輪大法) merupakan pengolahan (kultivasi) jiwa dan raga untuk meningkatkan meningkatkan moral, tubuh, dan spiritual seseorang menuju ke tingkat yang lebih tinggi. Melalui latihan Falun Gong, para praktisi dapat memperoleh kemajuan dalam kesehatan jiwa dan raga, dan menghilangkan stres.

Praktik dan ajaran[sunting | sunting sumber]

Lima gerakan Falun Dafa

Falun Gong merupakan kultivasi (pengolahan) ganda jiwa dan raga. Latihan raga terdiri dari gerakan-gerakan lembut yang menyerupai senam, dan juga meditasi. Latihan gerakan tersebut berfungsi mengolah potensi tubuh, membangkitkan energi dalam tubuh dan menyerap energi alam semesta, juga untuk memperkuat sistem mekanisme energi yang kuat di sekujur tubuh.

Sedangkan kultivasi jiwa bertujuan meningkatkan Xinxing (watak, kualitas moral), dengan jalan menyelaraskan diri dengan karakteristik alam semesta yakni: Zhen-Shan-Ren (Sejati-Baik-Sabar). Pengertian kata “Sejati” adalah benar, lurus dan jujur; “Baik” adalah kebajikan, suka menolong, tidak mementingkan diri sendiri; “Sabar” adalah penuh toleransi, meringankan beban pikiran, pengendalian emosi, tahan uji serta mampu melepaskan keterikatan hati. Terus menerus meningkatkan standar Xinxing di dalam kehidupan sehari-hari, dan harus dengan kondisi ini mematut tingkah lakunya, di dalam rumah tangga, di tempat kerja, dalam masyarakat, harus menjadi seseorang yang bermoral tinggi serta bertanggung jawab terhadap pekerjaan dan kewajibannya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sejak Falun Gong diperkenalkan oleh Guru Li Hongzhi pada tahun 1992, dengan ajarannya yang luas dan mendalam serta harmonis, telah menyempurnakan dan meningkatkan Xinxing ratusan juta orang, membuat mereka paham tentang tujuan hidupnya. Bagi praktisi yang sejati kesehatan tubuhnya dalam waktu singkat akan mencapai kondisi yang sangat prima. Sejak Falun Gong dipublikasikan, dalam waktu relatif singkat telah menyebar ke seluruh dunia. Lebih dari seratus juta orang berlatih Falun Gong. Buku-buku yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia ialah Zhuan Falun dan Falun Gong.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]