Fala (anjing)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Fala
Roosevelt dengan Fala (8 Agustus 1940)
Nama lainMurray the Outlaw of Falahill (nama lengkap)
SpesiesAnjing
RasScottish Terrier
Jenis kelaminJantan
LahirBig Boy
(1940-04-07)7 April 1940
Mati5 April 1952(1952-04-05) (umur 11)
Springwood
JabatanHewan peliharaan presiden Amerika Serikat
PemilikFranklin Delano Roosevelt, Eleanor Roosevelt
Namanya diambil dariJohn Murray of Falahill

Fala adalah seekor anjing Scottish terrier milik Presiden Amerika Serikat ke-32 Franklin Delano Roosevelt. Fala dilahirkan pada 7 April 1940 merupakan pemberian dari Augustus G Kellog dari Westport untuk Roosevelt. Sebelum mendiami Gedung Putih, Fala dilatih kepatuhan dasar oleh Margaret Suckley sepupu Roosevelt. Awalnya anjing keturunan Skotlandia ini bernama Big Boy, kemudian oleh Roosevelt diberi nama Murray the Outlaw of Falahil.[1]

Kehidupan di Gedung Putih[sunting | sunting sumber]

Fala mulai mendiami Gedung Putih di Washington DC pada 10 November 1940. Sebagai anjing kesayangan presiden, Fala mendapat perlakuan yang spesial. Fala mendapat fasilitas pakan yang sama dengan presiden, namun seringkali berkeliaran disekitar Gedung Putih untuk meminta tambahan pakan tambahan dari staf hingga dia sakit dan Roosevelt memberi perintah untuk tidak memberikanannya pakan tambahan. Fala bahkan tidur di kursi khusus yang diletakkan di kamar Roosevelt.

Dia merupakan anjing kesayangan Roosevelt yang setia dan sering diajak berpergian jarak jauh maupun dekat dengan kereta api, mobil, maupun perahu. Dia bahkan menghadiri Piagam Atlantik di Placentia Bay, Newfoundland bersama Roosevelt dan Perdana Menteri Winston Churchill dari Inggris. Selain itu, dia juga menghadiri Konferensi Quebec pada bulan September 1944.

Tidak hanya menjadi kesayangan Roosevelt, Fala populer dikalangan masyarakat Amerika Serikat. Dia mendapat banyak surat dari penggemarnya sehingga perlu ditunjuk seorang sekretaris untuk membalas surat-surat tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.fdrlibrary.org/fala. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2023-06-06.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)