Fadly H Yusran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Fadly H Yusran
Lahir21 Desember 1961 (umur 62)
Amuntai, Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan
KebangsaanIndonesia
AlmamaterUniversitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin
McGill University, Montreal, Kanada
The University of Western Australia, Perth
PekerjaanPengajar

Prof. Ir. H. Fadly Hairannoor Yusran, M.Sc., Ph.D. (lahir 21 Desember 1961) adalah seorang pakar di bidang pertanian dan pengajar Indonesia. Ia guru besar Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Ia dikukuhkan sebagai guru besar pada tanggal 30 Nopember 2013. Dalam acara pengukuhan yang merupakan Sidang Senat Terbuka Universitas Lambung Mangkurat, Prof. Ir. H. Fadly H. Yusran, M.Sc., Ph.D. memaparkan orasi ilmiah yang berjudul Karbon Organik Tanah: Konsentrasi Kecil Manfaat Besar yang Terabaikan.[1]

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Prof. Ir. H. Fadly Hairannoor Yusran, M.Sc., Ph.D. adalah anak ke empat dari sembilan bersaudara. Ia lahir di Amuntai, Kalimantan Selatan, pada tanggal 21 Desember 1961 dari orang tua Ahmad Yusran (alm) dan Hj. Siti Nurhayati. Ia menempuh pendidikan di SDN Pancasila, SMPN I Amuntai, hingga dan SMAN I Amuntai. Kemudian ia menghabiskan waktunya di ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Utara itu, sehingga ia paham betul dengan kehidupan masyarakat lahan basah pesisir sungai.

Setelah melanjutkan pendidikan S1 (Insinyur) di Fakultas Pertanian Unlam Banjarbaru ia mulai membuka wawasannya tentang alam Kalimantan dan Indonesia secara umum. Apalagi setelah yang bersangkutan berkesempatan mengunjungi negara-negara Asean (Filipina, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, dan Thailand) dan Jepang untuk kegiatan pertukaran pemuda Ship for Southeast Asian Youth Program. Demikian pula pada masa studi S2 (M.Sc.) di McGill University, Montreal, Kanada, dan S3 (Ph.D.) di The University of Western Australia, Perth. Kegiatan seminar, pelatihan, dan kunjungan ke Inggris, Pakistan, dan Belanda semakin menambah pengalamannya. Saat ini ia aktif mengajar dan menulis artikel ilmiah populer serta studi AMDAL. Ia juga mendapat kepercayaan menjadi Kepala UPT PTIK Unlam sejak tahun 2006.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Pengukuhan Guru Besar Baru Fakultas Pertanian Unlam Diarsipkan 2014-02-21 di Wayback Machine. - Situs resmi Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, diakses 17 Februari 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]