FC Basel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
FC Basel 1893
Julukan FCB, Bebbi, RotBlau
Didirikan 15 November 1893; 120 tahun yang lalu (1893-11-15)
Stadion

St. Jakob-Park, Basel
(Kapasitas: 38,512

chairman = Bernhard Heusler)
Manajer Heiko Vogel
Liga Swiss Super League
Kostum kandang
Kostum tandang

Soccerball current event.svg [[image = FC Basel Logo

fullname = Fussball Club Basel 1893|Musim ini]]

Fussball Klub Basel 1893, dikenal sebagai FC Basel, adalah klub sepak bola Swiss yang berbasis di Basel. Mereka adalah salah satu klub paling sukses di sepak bola Swiss, setelah memenangkan Liga Super Swiss 15 kali, terbanyak ketiga.

Mereka menjadi klub Swiss yang paling sukses pada akhir tahun 1960 dan 1970, meraih gelar sebanyak tujuh kali antara 1967 dan 1980. Tahun 1980-an melihat masa sulit untuk Basel karena mereka harus absen dari kompetisi Eropa selama bertahun-tahun dan mereka terdegradasi pada tahun 1987. Dalam Basel tahun 2000-an kembali ke puncak sepak bola Swiss; memenangkan gelar pertama mereka selama 22 tahun pada tahun 2002 dan enam gelar liga lain. FC Basel juga memenangkan 10 Piala Swiss.

Stadion[sunting | sunting sumber]

St. Jakob Park

FC Basel memainkan pertandingan kandang mereka di stadion berkapasitas 35,000 penonton, St. Jakob-Park.

UEFA telah memberikan stadion tersebut peringkat 4-bintang, peringkat tertinggi yang dapat diberikan kepada sebuah stadion dari kapasitas tersebut.

St Jakob-Park dibuka pada 2001, dengan kapasitas 33.433, awalnya, tapi kapasitas ditingkatkan menjadi 42.500 karena Swiss menjadi tuan rumah dari UEFA Euro 2008. St Jakob-Park menjadi tuan rumah 6 pertandingan selama Euro 2008, termasuk pertandingan pembukaan antara Swiss dan Republik Ceko dan semifinal antara Jerman dan Turki. Setelah Euro 2008 sejumlah kursi telah dicabut kembali, sehingga menciptakan lebih banyak ruang antara para suporter, dan kapasitas sekarang 37.500 kursi.

Sebelum St Jakob-Park dibangun FC Basel memainkan pertandingan kandangnya di Landhof (dekat Quarter Kleinbasel) dan, setelah Piala Dunia 1954, Basel bermain di St. Jakob Stadium, pendahulu St. Jakob-Park. Selama masa konstruksi dari St Jacob-Park, FC Basel memainkan laga mereka di Stadion Schützenmatte.

Suporter[sunting | sunting sumber]

Para fans Basel di St. Jakob-Park

FC Basel dikenal karena memiliki banyak pengikut lokal besar dan setia. Ketika jajak pendapat yang dilakukan tentang para penggemar klub sepak bola paling bersemangat, fans FC Basel biasanya masuk 20 besar, sehingga sejauh ini, Basel mempunyai kehadiran fans di stadion dengan rata-rata tertinggi di Swiss dengan sekitar 30.000 penggemar menghadiri setiap pertandingan kandang.

Tanpa perdebatan, fan Basel paling terkenal adalah bintang tenis Roger Federer. Pemain nomor satu dunia saat ini adalah penduduk asli Basel dan telah mendukung klub sejak masa mudanya. Dalam satu wawancara Federer mengatakan jika ia tidak menjadi seorang pemain tenis, ia tanpa ragu mencoba bermain sepak bola. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa jika dia berhasil di sepakbola, ia akan senang bermain untuk FC Basel.

Pada November 2010, pendukung mereka menyebabkan pertandingan melawan FC Luzern harus dihentikan setelah mereka melemparkan ratusan bola tenis ke lapangan. Ini sebagai protes atas waktu kick off dipindahkan untuk mengakomodasi sebuah turnamen tenis di jadwal TV.