Eva Cassidy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Eva Marie Cassidy
Eva cassidy.jpg
Latar belakang
Nama lahir Eva Marie Cassidy
Asal Maryland, Amerika Serikat
Meninggal 2 November 1996 (umur 33)
Bowie, Maryland
Genre Jazz, Blues, Folk, Gospel and Pop
Instrumen Vokal, gitar, kibor
Tahun aktif 1981–1996
Label Liaison (AS)
Blix Street (AS)
Hot (Eropa)
Artis terkait Chuck Brown, Katie Melua
Situs web www.evacassidy.org

Eva Cassidy (lahir di Oxon Hill, Maryland, Amerika Serikat, 2 Februari 1963 – meninggal di Bowie, Maryland, Amerika Serikat, 2 November 1996 pada umur 33 tahun) adalah seorang penyanyi Amerika Serikat. Eva merupakan anak ketiga dari Hugh Cassidy dan Barbara Cassidy. Ia bermain gitar semenjak umur 9 tahun.

Ayahnya Hugh Cassidy adalah keturunan berdarah Irlandia, sedangkan Ibunya Barbara Cassidy seorang Ibu keturunan Jerman. Keduanya bertemu Tahun 1960 di Jerman. Eva Cassidy adalah anak ketiga dari empat bersaudara. Di antaranya Annete Cassidy (Hasil hubungan Pertama dari Barbara Cassidy, yang dimana akhirnya diangkat sebagai anak oleh Hugh Cassidy. Margret Cassidy Anak pertama dari Hugh Cassidy dan Putri kedua dari Barbara Cassidy. Eva Cassidy dan yang terakhir Daniel Cassidy.

Sewaktu kecil Eva pernah hampir meninggal dunia akibat tersangkut dan jatuh dari tempat tidurnya, orang tuanya Barbara sangat khawatir, karena waktu itu dia sudah tidak bernapas dan berwajah biru. Untungnya orang tuanya sempat memberikan napas buatan padanya.

Eva merilis beberapa album live dan studio. Album pertama yang dirilisnya adalah The Other Side yang berkerja sama dengan penyanyi R&B Go-go, Chuck Brown. Chuck Brown merasa beruntung dapat bekerja sama dengan Eva, karena karier awal dari Chuck Brown, berawal disini.

Eva juga bermain musik bersama adiknya, Dan Cassidy. Semenjak SMA, dia pernah membentuk sebuah band yang bernama Stonehenge, dan berganti nama menjadi Eva Cassidy Band pada tahun 1988. Disana Eva bermain di kafe-kafe. Suatu hari Eva bertemu dengan seseorang produser musik asal Maryland yang bernama Chris Biondo, pertama kalu mendengar suara Eva, Chris Biondo berpikir bahwa dia adalah seorang penyanyi kulit hitam, tetapi ternyata Eva ada penyanyi kulit putih berambut pirang, dan bermata biru. Disinilah awal karier Eva dimulai.

Selain menyanyi dia juga berbakat dalam mengambar seni dalam perpaduan warna, dia juga dapat mengerjakan hal-hal seperti membuat pernak-pernik buatan tangan. Sekarang ini karya Eva dilanjutkan oleh kakak perempuannya sendiri yang bernama Margret Cassidy Robinson.

Tahun 1996, Eva di diagnosis menderita penyakit kanker. Ia menjalani kemoterapi, tetapi komplikasi terjadi hingga ke tulang pahanya, menyebabkan dia lumpuh. Pada penampilan terakhirnya pada bulan September 1996, dia menyanyikan lagu What a Wonderful World.

Eva Cassidy meninggal dunia pada tanggal 2 November 1996, dan dikremasikan di Bowie, Maryland. Abunya di sebar pada Danau Favoritnya di Maryland.

Terkenal setelah meninggal[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat sendiri Eva Cassidy kurang terkenal seperti di Inggris. Pertama kali musik Eva Cassidy dimainkan di Radio BBC Inggris. Terry Wogan, sang penyiar sering memainkan lagu Eva Cassidy yang berjudul Somewhere Over The Rainbow, begitu banyak orang Inggris menyukai album Eva Cassidy yang bertajuk Songbird, Gabungan dari ketiga albumnya Eva by Heart, Live at Blues Alley, dan The Other Side mereka menilai suaranya yang halus seperti malaikat.

Album Songbird laku di Inggris hingga mencapai satu juta kopi, dan album selanjutnya menyusul adalah Time After Time hingga sampai pada puncak no.1 tangga lagu Inggris pada tahun 2000.

Dan pada tahun tersebut terbitlah biografi tentang Eva Cassidy di buat dalam bentuk buku, yang berjudul Songbird. Pada tahun 2003, buku tersebut terbit juga di Amerika Serikat, dan mulailah di buat salah satu acara oleh ABC Nightline di Amerika tentang Eva Cassidy.

Pada Natal 2006 penyayi asal Georgia yang bernama Katie Melua bernyanyi duet dengan Eva Cassidy, yang berjudul Duet Impossible. Walaupun hanya berduet dalam tape, Katie Melua tetap terlihat menghayati lagu Over The Rainbow, Karena di ketahui bahwa Inspirasi dari Katie Melua sendiri adalah Eva Cassidy.

Pada Natal 2007 Katie Melua kembali merekam lagu lagu dari penyanyi lawas "Louis Amstrong" yang bertajuk What a Wonderful World bersama dengan Eva Cassidy, Lagu ini mencapai puncak tangga lagu no. 1 di Inggris pada bulan Desember 2007.

Di Indonesia sendiri masih sedikit orang yang mengetahui sosok Eva Cassidy, beberapa orang mengaku mengetahui Eva Cassidy dari dari beberapa soundtrack film, Film yang menggunakan lagu Eva Cassidy antara lain : Maid in Manhattan (Kathy's Song), Love Actually (Songbird), Alpha Dog (Over The Rainbow), Smallville Tv Series (Time After Time).

Album yang dirilis setelah kematiannya[sunting | sunting sumber]

  1. The Other Side (1992)
  2. Live at Blues Alley (1996)
  3. Eva by Heart (1997)
  4. Time After Time (2000)
  5. Songbird (2000)
  6. Method Actor (2000)
  7. Imagine (2001)
  8. No Boundaries (2002)
  9. American Tune (2003)
  10. Wonderful World (2004)
  11. Christmas Album - Chuck Brown Album
  12. Somewhere (2008)
  13. Silent Night (2010) - Christmas Single
  14. Simply Eva (2011)
  15. Field of Gold (2011) - Duet with Michael Bolton
  16. The Best of Eva Cassidy (Oktober 2012)

Dalam album terbarunya The Best of Eva Cassidy album, Blixstreet Record merilis lagu Eva Cassidy yang berjudul "You Take My Breathe Away" Previously Unreleased.

Rekaman tak resmi[sunting | sunting sumber]

Sebuah Koleksi yang dirilis pada tahun 1988 yaitu album Method Actor, dalam cover album Method Actor menunjukkan nama Eva Cassidy di depan Covernya dan juga gambar yang pakai sebagai cover merupakan karya seni Eva Cassidy sendiri, yang mana mengakibatkan gugatan oleh pihak keluarga dan orang tua Cassidy.

Album ini merupakan kumpulan rekaman studio yang belum pernah dirilis sebelumnya pada tahun 1987-1991, kemudian dirilis pada tahun 2000 dengan album yang berjudul No Boundaries. Album yang dirilis ini tidak didukung oleh keluarga Cassidy. Dan juga Album ini dirilis di bawah label yang berbeda. akhirnya menyebabkan Review All Music album menyatakan bahwa "seorang vokalis berbakat seperti Eva Cassidy, hanya dapat menghasilkan begitu banyak karya musik dengan kualitas musik yang buruk". Pada tahun 2002, album berjudul diri 1988 The Method Actor band, yang menampilkan Cassidy, kembali dirilis oleh gitaris band dan produser David Lourim dengan nama Cassidy ditampilkan dengan jelas di sampulnya. Keluarga Cassidy dan Rekaman Blix Street mengajukan gugatan terhadap David Lourim, yang mengklaim bahwa nama Cassidy digunakan dengan cara yang menyesatkan dan pihak rekaman Blix Street menyatakan bahwa hanya Blix Street memiliki hak eksklusif untuk rekamannya. Lourim memiliki izin Eva Cassidy tertulis untuk merilis album, akhirnya sampul albumnya diubah agar terlihat seperti album LP asli ketika salinan sudah dirilis yang ditempel dengan stiker yang menunjukkan bahwa album itu bukanlah solo album tunggal Eva Cassidy, tetapi album Method Actor band.

Sebuah rekaman bajakan yang telah beredar di masyarakat. yang berjudul Live di Pearl. Album ini direkam di Restoran Pearl di Annapolis, Maryland pada tahun 1994. Salinan rekaman yang beredar di kalangan teman dan keluarga setelah kematiannya. Beberapa lagu di rekaman juga terdapat dalam album Imagine dan American Tune. Satu lagi rekaman yang juga menampilkan Mick Fleetwood pada drum dan dicatat di restoran di Alexandria, Virginia disebut di Fleetwood pada awal 1990, album ini adalah milik sepenuhnya dari Niki Lee. - mantan istri pianis Lenny Williams - yang menemukan rekaman ini di garasi dan mencoba untuk menjualnya di eBay pada tahun 2008.

Album Terbaru dan Single 2008-2011[sunting | sunting sumber]

Album somewhere telah dirilis tanggal 26 agustus 2008, Pada Natal 2010 Blix Street merilis lagu Eva Cassidy yang berjudul "Silent Night", Ini merupakan versi terlembut dari lagu Natal yang berjudul "Silent Night", Lagu ini dapat di download melalui iTunes.

Pada tanggal 25 January 2011 telah di rilis album Eva yang terbaru yang berjudul "Simply Eva". Album ini adalah album yang diterbitkan setelah kematiannya sejak tahun 1996. Dalam album ini berisi Lagu Akustik yang direkam di Pearl's dan 1 lagu barunya "San Fransisco Bay Blues". Ini adalah koleksi 11 lagu akustik dengan Cassidy, juga versi acapella dari "I Know you by Heart". Over the Rainbow versi the Blues Alley juga dirilis dalam album ini.

Berita terbaru dari Eva Cassidy ialah :

Duet dengan Michael Bolton: yaitu Pemenang Grammy Michael Bolton telah mengumumkan album terbaru yang menampilkan duet dengan berbagai seniman, termasuk Eva Cassidy. Menurut siaran pers, album baru berjudul GEMS dan dirilis pada 21 Juni 2011. Duet Bolton dengan Eva, "Fields of Gold", diproduksi oleh David Foster. Versi duet ini sangatlah indah. Davit Foster mengenal Eva Cassidy melalui Sting. STING mengatakan kepada Foster, Eva adalah penyanyi yang menyanyikan lagunya yaitu "Fields of Gold" dan merupakan versi terbaik yang pernah ia dengar.

Beberapa lagu yang ada di album-album penyanyi asing[sunting | sunting sumber]

  1. Steve Estes-Call Me A Cab (Lagu Bertajuk - Never Let You Go)
  2. Danny Gatton-Backup Vocals
  3. Niki Lee-November Rain
  4. Piece Of Dream -Goodbye Manhattan
  5. Forever Accoustic -Kumpulan Lagu-lagu Klasik.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]