Etika (buku Spinoza)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ethics, Demonstrated in Geometrical Order
The opening page of Ethics, in the posthumous Latin first edition
PengarangBaruch Spinoza
NegaraRepublik Belanda
BahasaLatin
GenreFilsafat
Tanggal terbit
1677
Teks asli
Ethics, Demonstrated in Geometrical Order at Latin Wikisource
TerjemahanEthics, Demonstrated in Geometrical Order di Wikisource

Etika, Ditunjukkan dalam Tatanan Geometris (bahasa Latin: Ethica, ordine geometrico demonstrata), umumnya dikenal sebagai Etika, adalah sebuah risalah filosofis yang ditulis dalam bahasa Latin oleh Baruch Spinoza (Benedictus de Spinoza). Karya itu ditulis sekitar tahun 1661 sampai 1675[1] dan pertama kali diterbitkan setelah kematian penulisnya pada tahun 1677.

Buku ini mungkin merupakan usaha yang paling ambisius untuk menerapkan metode Euclid dalam filsafat. Spinoza mengajukan sejumlah definisi dan aksioma yang kemudian menurunkan ratusan proposisi dan korelasi, seperti "Ketika pikiran membayangkan kurangnya kekuatannya sendiri, ia menjadi sedih olehnya", "Seorang manusia merdeka tidak memikirkan hal lain selain tentang kematian", dan "Pikiran manusia tidak dapat dihancurkan secara mutlak dengan (hancurnya) tubuh, tetapi sesuatu dari pikiran itu tetap ada yang abadi."

Referensi[sunting | sunting sumber]

Naskah Baruch de Spinoza: Etika di Biblioteca Vaticana, Vat. lat. 12838. Bagian 1, teorema 5 (akhir), 6-8.
  1. ^ Lloyd, Genevieve (2002) [1996]. Routledge Philosophy Guidebook to Spinoza and the Ethics. London, England: Routledge. hlm. 24. ASIN B0B7QH99WF.