Es krim ube

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Es krim ube
Es krim Ube–macapuno, yang disajikan di Hawaii
Nama lainEs krim ubi ungu
JenisEs krim
Tempat asalFilipina
Suhu penyajianDingin
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Es krim ube adalah sebuah jenis es krim yang disajikan dengan ube (ubi ungu) sebagai bahan utama. Es krim tersebut dibuat khusus dalam hidangan penutup halo-halo.

Riwayat[sunting | sunting sumber]

Karena warna ungu dan rasa manisnya, ube telah menjadi bahan khas dari hidangan penutup Filipina, terutama ube halaya. Pemakaian tercatat terawal dari ube dalam es krim ada dalam resep dari 1922,[1] saat es krim diperkenalkan ke budaya Filipina pada masa pendudukan Amerika Serikat yang berujung pada rasa-rasa baru seperti mangga, pinipig dan melon. Resep tersebut terdiri dari ube tumbuk, susu, gula dan es serut.[1] Pada masa itu, es krim juga diserut tangan dalam sebuah garapinyera, sebuah alat pencampur es krim yang dioperasikan secara manual.[2]

Es krim ube telah mengalami popularitas di luar Filipina, karena dipakai oleh para imigran Filipina di restoran-restoran (biasanya dengan halo-halo), warna ungunya dan penyebaran gambar-gambarnya di media sosial.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Valdeavilla, Ronica (June 8, 2018). "Ube: The Philippine Purple Yam (More Popular Than Vanilla!)". The Culture Trip. Diakses tanggal May 28, 2019. 
  2. ^ Bueno, Anna (October 14, 2016). "All hail ube, the culinary gem we took for granted". CNN Philippines. Diakses tanggal May 28, 2019. 
  3. ^ Crowley, Chris (August 10, 2017). "Is Ube the New Matcha?". Grub Street. Diakses tanggal May 28, 2019. 
  4. ^ Daley, Bill (June 22, 2017). "Eat This: Ube ice cream at Isla Pilipina". Chicago Tribune. Diakses tanggal May 28, 2019.