Erwin Komenda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Erwin Komenda (6 April 1904 - 22 Agustus 1966) adalah mantan pegawai Dr. Ferdinand Porsche yang membantu dalam mendesain Volkswagen Beetle serta banyak mobil-mobil sport buatan Porsche lainnya.

Ia lahir di Weyer, sebuah desa kecil din Upper Austria dekat Steyr. Dari tahun 1926 sampai 1929 ia bekerja sebagai desainer bodi mobil di pabrik Steyr. Ia lalu berkenalan dengan Ferdinand Porsche tahun 1929 ketika Porsche masuk ke Steyr sebagai direktur teknik. Pada tahun 1929, karena ide-idenya yang inovatif, Komenda terpilih sebagai Kepala Insinyur di Daimler-Benz di Sindelfingen, Jerman, hingga tahun 1931. Ia berusaha memperbaiki desain-desain mobil Mercedes sambil mengurangi bobot mobilnya. Pada bulan Oktober 1931, Komenda mengundurkan diri dari Mercedes dan ikut dengan Porsche ke perusahaan miliknya yang baru.

Dari tahun 1931 sampai kematiannya pada tahun 1966, Komenda merupakan kepala insinyur dan pemimpin departemen konstruksi bodi mobil Porsche.

Komenda juga mengembangkan konstruksi bodi dari Volkswagen Beetle, salah satu bodi mobil yang modelnya paling lama bertahan di abad ke-20.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]