Ergo Proxy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ergo Proxy
Sampul edisi terbatas DVD Set 1 yang dirilis tahun 2012
Genre
PenciptaManglobe
Seri anime
SutradaraShūkō Murase
Produser
  • Akio Matsuda
  • Satoshi Fujii
  • Hiroyuki Kitaura
  • Takashi Kōchiyama
SkenarioDai Satō
MusikYoshihiro Ike
StudioManglobe
Pelisensi
Saluran
asli
Wowow
Saluran bahasa Inggris
Tayang 25 Februari 2006 12 Agustus 2006
Episode23 (Daftar episode)
Manga
Centzon Hitchers and Undertaker
PengarangYumiko Harao
PenerbitShogakukan
ImprintSunday GX Comics
MajalahMonthly Sunday Gene-X
DemografiSeinen
Terbit18 Februari 200618 November 2006
Volume2
 Portal anime dan manga

Ergo Proxy adalah seri anime televisi siberpunk Jepang yang diproduksi oleh Manglobe, disutradarai oleh Shūkō Murase dan ditulis oleh Dai Satō. Seri ini memiliki 23 episode yang ditayangkan dari Februari hingga Agustus 2006 di jaringan satelit Wowow. Seri ini berlatar di masa depan pasca-apokaliptik di mana manusia dan android AutoReiv hidup berdampingan hingga terdapat virus yang memberikan kesadaran kepada android, menyebabkan android melakukan serangkaian pembunuhan. Inspektur Re-L Mayer ditugaskan untuk menyelidiki dan mencari tahu penyebab di balik masalah tersebut dengan melibatkan spesies humanoid yang disebut "Proxy" yang merupakan subjek eksperimen rahasia oleh pemerintah.

Seri ini banyak dipengaruhi oleh filsafat dan Gnostikisme, yang mengkombinasikan animasi sel digital 2D, pemodelan 3D komputer, dan efek digital spesial. Setelah perilisan di Jepang, lisensi perilisan DVD untuk anime ini dimiliki oleh Geneon Entertainment, dilanjutkan dengan penayangan untuk televisi oleh Fuse di Amerika Serikat. Acara ini juga didistribusikan di pasar anime Australia, Inggris Raya dan Kanada. Sejak perilisannya, Ergo Proxy sebagian besar menerima ulasan bagus yang diarahkan pada visual dan tema.

Catatan[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama About
  2. ^ Bonthuys, Darryn (June 27, 2020). "The Best Cyberpunk Anime for Newcomers". IGN. Diakses tanggal September 13, 2020. 
  3. ^ a b Yegulalp, Serdar. "Ergo Proxy: The Complete Series". About.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 30, 2012. Diakses tanggal January 22, 2021. What begins as a bleak dystopian noir thriller mutates not just once but several times over—through post-apocalyptic action, psychological-thriller territory, and finally a climactic orgy of destruction. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]