Eppo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Eppo adalah majalah komik strip asal Belanda yang terbit sejak tahun 1975. Majalah dwi-mingguan ini mula-mula diterbitkan untuk menggantikan majalah komik Sjors dan Pep, yang tidak mampu bertahan karena sirkulasinya yang terus menurun. Nama Eppo sendiri diambil dari komik strip buatan Uco Egmond yang sebelumnya diterbitkan dalam majalah Pep.

Eppo pernah diterbitkan dalam versi bahasa Indonesia antara tahun 1978 hingga 1980, dengan 54 edisi.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tiga belas edisi pertama Eppo muncul di tiga bulan terakhir tahun 1975, memperkenalkan komik-komik seperti Storm, Roel Dijkstra, Agent 327, Franka (karakter dari salah satu komik di majalah Pep, Het Misdaadmuseum yang dibuat komik tersendiri), Sjors & Sjimmie, dan Eppo itu sendiri. Namun, pada tahun 1985 setelah 500 edisi, penjualan dan sirkulasi yang menurun tajam menyebabkan Eppo bergabung dengan Wordt Vervolgd, sebuah program televisi yang ditujukan untuk komik, kartun, dan sebagainya.

Program tersebut ternyata tidak sesuai dari yang diharapkan. Maka, pada awal 1988 terbit kembali majalah dwi-mingguan yang namanya diganti menjadi Sjors & Sjimmie. Tahun-tahun pertama masih berhasil, tetapi pada tahun 1994 nama ini disingkat menjadi Sjosji demi menggaet kalangan muda. Pada saat itu, pangsa pasar komik sedang merosot, dan lima tahun kemudian Sjosji berhenti terbit.

Pada tanggal 29 Januari 2009, majalah Eppo dihidupkan kembali dan menarik perhatian pembaca setianya. Nama-nama klasik seperti Storm, Franka, Agent 327, dan Eppo ditampilkan; sementara komik baru seperti Elsje, Liberty Meadows, dan Ronson Inc. diperkenalkan secara teratur.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ About, majalahcergameppo.wordpress.com. Diakses 3 Januari 2014.
  2. ^ Stripblad Eppo terug van weggeweest, Adformatie, 4 Juni 2008.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]