Enlil dan Ninlil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambar Tuan Enlil dan Nyonya Ninlil diambil dari dekorasi mural Susa. Enlil (dengan kuku dan tanduk Dewa Banteng) dan Ninlil. Paruh kedua milenium ke-2 SM, Louvre, Paris. Batu bata bakar, tinggi 54 inci (13716 cm).

Enlil dan Ninlil atau Mitos Enlil dan Ninlil atau Enlil dan Ninlil: yang memperanakkan Nanna adalah mitos penciptaan dalam bahasa Sumeria yang di tulis di lauh tanah liat pada pertengahan hingga akhir milenium ke-3 SM.

Baris-baris pertama dari mitos ini ditemukan dalam suatu ekskavasi di perpustakaan dalam kuil di Nippur, sekarang disimpan di Museum Arkeologi dan Antropologi Universitas Pennsylvania, bagian katalog Babilonia (CBS), nomor lauh 9205. Lauh ini diterjemahkan oleh George Aaron Barton pada tahun 1918 dan pertama kali diterbitkan sebagai "teks-teks agama Sumeria" dalam "Beragam Naskah Babilonia", nomor tujuh, berjudul "Mitos Enlil dan Ninlil ".[1] Lauh tersebut berukuran 17 cm x 11 cm x 3 cm.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ George Aaron Barton (1918). Miscellaneous Babylonian inscriptions, p. 52. Yale University Press. Diakses tanggal 23 May 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]