EnergyAustralia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
EnergyAustralia
Jenis Penyedia listrik
Industri/jasa Energi
Kantor pusat Bendera Australia Sydney, Australia
Daerah layanan Sydney, Newcastle dan Central Coast, NSW
Produk Energi
Pemilik Pemerintah New South Wales
Karyawan 4.767 (2006)
Situs web http://www.energy.com.au
Kantor EnergyAustralia di George St., Sydney.

EnergyAustralia adalah sebuah penyedia dan penjual listrik besar di Australia. Perusahaan milik pemerintah negara bagian New South Wales, perusahaan ini lebih berfokus pada pelayanan di Sydney, Newcastle dan Central Coast, New South Wales.

EnergyAustralia memiliki sejarah lebih dari 100 tahun, dan dibentuk setelah penggabungan tahun 1996 antara Orion Energy (sebelumnya Shortland Electricity dan Shortland County Council) dan Sydney Electricity (sebelumnya Sydney County Council, Mackellar County Council dan St George County Council).

Perusahaan ini memiliki monopoli harga untuk suplai listrik di daerahnya. Pasar energi penghunian dideregulasi tahun 1997 dan persaingan ritel penuh diperkenalkan tahun 2002. EnergyAustralia sekarang menghadapi kompetisi dari perusahaan ritel swasta seperti TruEnergy, Origin Energy dan AGL. EnergyAustralia juga terus melakukan penjualan listrik di luar New South Wales, dengan perkenalan persaingan ritel penuh di Australia Selatan, Victoria dan Queensland. Australia Barat segera dideregulasi dan dijadwalkan pada tahun 2010.

EnergyAustralia memiliki sebuah jaringan distribusi listrik selain aktivitas ritelnya. Jaringan distribusi listriknya mencakup sebagian besar timur Sydney, Central Coast dan Hunter, dengan jaringan distribusi Integral Energy mencakup sebagian besar Western Sydney.

EnergyAustralia memiliki perusahaan meterannya sendiri, Testing & Certification Australia, sebuah penyedia meteran berizin, memberikan layanan meteran kepada semua penjual listrik termasuk AGL, TRUEnergy, Origin Energy, Simply Energy dan others.

EnergyAustralia juga menawarkan pilihan tenaga hijau terbarukan yang tidak mengeluarkan emisi gas rumah kaca dan diberi izin oleh National GreenPower Accreditation Program. Tetapi (seperti penjual listrik Australia lainnya), EnergyAustralia hanya menyediakan 10% tenaga hijau untuk sebagian pilihan 'tenaga hijau terbarukan' mereka. Karena itu, perusahaan ini mendapat nilai rendah dari organisasi pengawas independen Green Electricity Watch.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]