Encyclopedia Americana

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Encyclopedia Americana di Göttingen State and University Library.

Encyclopedia Americana adalah salah satu ensiklopedia umum terbesar dalam bahasa Inggris. Setelah Grolier diakuisisi oleh Scholastic Corporation pada tahun 2000, ensiklopedia ini diterbitkan oleh Scholastic.

Ensiklopedia ini memiliki lebih dari 45.000 artikel. Sebagian besar artikel panjangnya lebih dari 500 kata, dan banyak di antaranya cukup panjang (artikel mengenai "Amerika Serikat" panjangnya lebih dari 300.000 kata). Salah satu ciri khas ensiklopedia ini adalah artikel-artikel tentang sejarah dan geografi Amerika dan Kanada. Ditulis oleh 6.500 kontributor, Encyclopedia Americana berisi lebih dari 9.000 bibliografi, 150.000 rujukan silang, 1,000+ tabel, 1.200 peta, dan hampir 4.500 gambar berwarna dan hitam putih. Ensiklopedia ini juga dilengkapi dengan 680 kotak fakta. Sebagian besar artikel ditandatangani oleh kontributornya.

Setelah lama tersedia sebagai satu set buku yang terdiri dari 30 jilid, Encyclopedia Americana kini dipasarkan sebagai ensiklopedia daring berlangganan. Pada Maret 2008, Scholastic menyatakan bahwa penjualan edisi cetak masih baik, tapi masa depan edisi cetak sedang diputuskan oleh perusahaan.[1] Sebelum tahun 2007, edisi revisi Encyclopedia Americana diterbitkan setiap tahunnya. Pada tahun 2007, Scholastic tidak menerbitkan edisi revisi dari ensiklopedia ini. Edisi cetak paling mutakhir dari Encyclopedia Americana adalah edisi tahun 2006.

Versi daring Encyclopedia Americana terus diperbarui dan dipasarkan setelah pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997. Seperti edisi cetaknya, versi daring dari ensiklopedia ini ditujukan untuk murid sekolah menengah atas dan mahasiswa tahun pertama, serta pemakai perpustakaan umum. Versi daring disediakan sebagai salah satu opsi untuk perpustakaan pelanggan layanan referensi Grolier Online yang juga mencakup Grolier Multimedia Encyclopedia untuk siswa sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas, serta The New Book of Knowledge, sebuah ensiklopedia untuk siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Grolier Online tidak tersedia untuk pelanggan perorangan.

Sejarah awal[sunting | sunting sumber]

Iklan Encyclopedia Americana tahun 1921 yang membandingkan ensiklopedia lainnya sebagai ketinggalan zaman seperti lokomotif uap 90 tahun sebelumnya.

Encyclopædia Americana. A popular dictionary of arts, sciences, literature, history, politics and biography, brought down to the present time; including a copious collection of original articles in American biography; on the basis of the 7th ed. of the German Conversations-Lexicon diterbitkan pertama kali oleh penulis kelahiran Jerman Francis Lieber. Pada waktu itu, ensiklopedia ini adalah ensiklopedia penting mengenai Amerika setelah Dobson's Encyclopædia (1789–1798).

Lieber menyampaikan gagasan ensiklopedia tentang Amerika yang didasarkan pada Brockhaus' Conversations-Lexikon ke hadapan penerbit terbesar waktu itu di Amerika Serikat, Carey, Lea & Carey di Philadelphia pada bulan Januari 1828. Meskipun didasarkan pada sebuah ensiklopedia berbahasa Jerman, Lieber menjelaskan bahwa buku karyanya tidak hanya sekadar terjemahan, melainkan sebuah buku rujukan khas Amerika karena tidak memasukkan banyak artikel tentang Eropa. Ide Lieber mulanya tidak diterima penerbit, tapi ia mengontak sejumlah intelektual Amerika Serikat yang kemudian berhasil meyakinkan penerbit untuk melaksanakan proyek ini. Beberapa minggu kemudian, penerbit setuju untuk menerbitkannya. Meskipun demikian, Lieber hanya akan menerima pembayaran sejumlah A$20.000 dan bukan diberi royalti berdasarkan jumlah set yang terjual, dan dari total uang tersebut, ia harus membiayai biaya editorial, seperti biaya untuk penerjemah dan kontributor serta gaji asisten-asisten editorial. Proposisi ini mungkin cukup adil pada masa itu, tetapi ketika karyanya ini selesai, Lieber dalam keadaan miskin."[2]

Lieber mulai bekerja dibantu oleh Edward Wigglesworth yang baru lulus dari Universitas Harvard. Ketika jelas-jelas mereka tidak akan dapat memenuhi jadwal penerbitan satu jilid setiap tiga bulan, Thomas Gamaliel Bradford bergabung dengan tim editorial.[3] Para editor menawarkan honor lima puluh sen per halaman berbahasa Jerman kepada para penerjemah Conversations-Lexicon, sementara kontributor artikel baru menerima pembayaran satu dolar per halaman, seperti ditetapkan untuk penulis dari North American Review. Kontributor terkemuka untuk edisi ini di antaranya: Hakim Mahkamah Agung Joseph Story yang menulis sekitar dua puluh artikel mengenai topik hukum, termasuk "Common Law", "Contract", "Corpus Delicti", "Courts of England and the United States", "Criminal Law", "Equity", "Evidence", "Jury", "Law", "Natural Law", dan "Usury"; John Pickering menulis "Agrarian Law", "Americanism", "Indian Languages", dan sebagian dari "Accents"; dan John Davidson Godman yang setuju untuk menyumbang artikel mengenai sejarah alam, namun kontribusinya terhenti secara prematur karena meninggal dunia akibat tuberkulosis pada tahun 1830.[4] Penulis lain yang patut dicatat adalah Joseph Bonaparte, kakak laki-laki Napoleon Bonaparte yang di antara kontribusinya untuk topik-topik Perancis termasuk biografi sepanjang 25.000 kata tentang adiknya yang mantan kaisar Perancis. Menurut De Kay artikel tersebut adalah artikel biografi terpanjang dalam Encyclopedia Americana.[2]

Jilid pertama diedarkan pada September 1829 dengan harga AS$2,50, dan segera terjual habis. Ketika selesai ditulis pada tahun 1833, edisi pertama terdiri dari 13 jilid.[3] Meski Encyclopedia ini sudah sukses, Kepanikan tahun 1837 menyebabkan Careys mengurangi jumlah terbitan dalam katalognya dan berkonsentrasi pada buku-buku kedokteran. Meskipun demikian, Encyclopedia Americana terus menghasilkan keuntungan bagi pemiliknya secara teratur. Penerbit-penerbit di Amerika Serikat dan bahkan di Kanada, menyewa atau membeli pelat cetak Carey dan menerbitkan edisi-edisi Encyclopedia Americana dengan keterangan penerbit yang mereka tambahkan di kaki halaman judul. Keterangan hak cipta ensiklopedia atas nama Carey dipertahankan di balik halaman judul hingga tahun 1858.[5] Satu jilid suplemen diterbitkan pada tahun 1846 sehingga ensiklopedia ini menjadi 14 jilid.

Pada tahun 1848, John Sutter menggunakan ensiklopedia ini untuk memastikan keaslian emas yang ditemukannya di penggergajian miliknya. Penemuan tersebut memicu Demam Emas California.[6]

Penerbit J.M. Stoddart dari tahun 1883 hingga 1889 mencetak ensiklopedia "Encyclopedia Americana" sebagai sebuah suplemen untuk edisi cetak ulang Amerika Serikat dari edisi ke-9 Encyclopædia Britannica. Namun, karya Stoddart tidak ada hubungannya dengan ensiklopedia berjudul sama karya Lieber.[7]

Versi baru 16 jilid Encyclopedia Americana diterbitkan pada tahun 1902. Isinya meneruskan materi lama yang diterbitkan sebelumnya dengan judul Encyclopedia Americana, namun dibawah supervisi editorial majalah Scientific American. Editor majalah tersebut, Frederick Converse Beach bertindak sebagai editor kepala, dan kabarnya dibantu oleh ratusan cendekiawan dan otoritas terkemuka yang bekerja sebagai editor konsultan atau pengarang. Penerbit pertama versi baru ini adalah R.S. Peale & Co; antara tahun 1903 dan 1906 edisi-edisi lebih lanjut diterbitkan oleh Americana Corp. dan Scientific American Compiling Department dengan George Edwin Rines ditunjuk sebagai editor pengelola pada tahun 1903.[8] Hubungan dengan Scientific American dihentikan pada tahun 1911.[9] Dari tahun 1907 hingga 1912, ensiklopedia ini diterbitkan dengan judul The Americana.

Edisi baru diterbitkan lagi pada tahun 1918-1920 dalam 30 jilid, dengan George Edwin Rines sebagai editor kepala.[8] Sebuah Annual atau Yearbook (buku tahunan) juga diterbitkan setiap tahunnya mulai tahun 1923 dan berlanjut hingga tahun 2000.

Ensiklopedia ini dibeli oleh Grolier pada tahun 1945. Pada tahun 1960-an penjualan Americana dan terbitan saudarinya dengan nama GrolierThe Book of Knowledge, Book of Popular Science, dan Lands and Peoples — cukup laku untuk membayar sewa sebuah gedung besar untuk kantor Grolier di 575 Lexington Avenue, Midtown Manhattan. Gedung ini sempat diberi nama Americana Building dan Grolier Building. Penjualan pada masa itu terutama dilakukan melalui pesanan lewat pos dan penjualan dari pintu ke pintu. Telemarketing dan distribusi pihak ketiga melalui divisi Lexicon mereka makin menambah volume penjualan pada tahun 1970-an. Pada akhir 1970-an, Grolier memindahkan kantor operasi mereka ke Danbury, Connecticut.

Kepala editor[sunting | sunting sumber]

  • Francis Lieber, 1829-1833. Cendekiawan Jerman-Amerika, pengarang "A Code for the Government of Armies" (1863), dokumen penting dalam sejarah perlakuan manusiawi tawanan perang.
  • Frederick Converse Beach, 1902-1917. Insinyur dan editor majalah Scientific American.
  • George Edwin Rines, 1917-1920. Pengarang dan editor.
  • A. H. McDannald, 1920-1948. Reporter (Baltimore News dan Baltimore Evening Sun), editor, dan pengarang.
  • Lavinia P. Dudley, 1948-1964. Editor (Encyclopædia Britannica dan Encyclopedia Americana) dan manajer; wanita pertama yang mengepalai penerbitan buku rujukan utama di Amerika.
  • George A. Cornish, 1965-1970. Reporter (New York Herald Tribune) dan editor.
  • Bernard S. Cayne, 1970-1980. Peneliti pendidikan (Educational Testing Service, Harvard Educational Review), editor (Ginn & Co., Collier's Encyclopedia, Macmillan) dan eksekutif bisnis (Grolier Inc.).
  • Alan H. Smith, 1980-1985. Editor (Grolier/Encyclopedia Americana)
  • David T. Holland, 1985-1991. Editor (Harcourt Brace, Grolier/Encyclopedia Americana).
  • Mark Cummings, 1991-2000. Editor (Macmillan, Oxford University Press).
  • Michael Shally-Jensen, 2000-2005. Editor (Merriam-Webster/Encyclopædia Britannica).
  • K. Anne Ranson, 2005-2006. Editor (Academic American Encyclopedia, Grolier Multimedia Encyclopedia).
  • Joseph M. Castagno, 2006–sekarang. Editor (Grolier/Lands and Peoples, New Book of Popular Science).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Noam Cohen (16 March 2008). "Start Writing the Eulogies for Print Encyclopedias". New York Times. Diakses 26 June 2008. 
  2. ^ a b Drake De Kay, . "Encyclopedia Americana, First Edition", Journal of Library History, 3 (1968), p. 205
  3. ^ a b De Kay, "Encyclopedia Americana", p. 207
  4. ^ De Kay, "Encyclopedia Americana", pp. 206f
  5. ^ De Kay, "Encyclopedia Americana", p. 212
  6. ^ John A. Sutter (November). "Discovery of Gold". Hutchings’ California Magazine. Diakses 26 June 2008. 
  7. ^ Walsh, S. Padraig (1968). Anglo-American General Encyclopedias: A Historical Bibliography, 1703-1967. New York: Bowker. hlm. 42. OCLC 221812838. 
  8. ^ a b Wikisource-logo.svg Rines, George Edwin, ed. (1920). "Rines, George Edwin". Encyclopedia Americana. 
  9. ^ Collison, Robert (1964). Encyclopedias: Their History throughout the Ages. New York: Hafner. ISBN 186045506 Check |isbn= value (help). 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Encyclopedia Americana, dalam berbagai volume dan format, di Internet Archive: