Emily Brontë

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Emily Brontë
Emilybronte.jpg
Lahir 30 Juli 1818
Thornton, Yorkshire, Inggris
Meninggal 19 Desember 1848
Haworth, Yorkshire, England
Nama pena Ellis Bell
Pekerjaan Novelis, penyair
Kewarganegaraan Inggris
Angkatan Romantisme


Emily Jane Brontë /bɹɑnti/ (lahir di Thornton, dekat Bradford di Yorkshire, 30 Juli 1818 – meninggal 19 Desember 1848 pada umur 30 tahun) adalah seorang novelis dan penyair Inggris, paling dikenal atas novel satu-satunya Wuthering Heights, sebuah karya klasik sastra Inggris. Dia menerbitkan buku dibawah nama penanya Ellis Bell.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Emily Brontë lahir dari Patrtick Brontë dan Maria Branwell. Dia adalah adik perempuan setelah Charlotte Brontë dan merupakan anak ke 5 dari 6 bersaudara. Pada tahun 1824, keluarganya pindah ke Haworth, dimana ayahnya adalah pembantu pendeta abadi, dan ini merupakan lingkungan dimana kesastraan mereka secara aneh melambai. Di masa kecil, setelah kematian ibu mereka, ketiga saudara perempuan dan saudara laki-lakinya, Patrick Branwell Brontë, membuat tanah khayalan, dimana dipenuhi dengan cerita-cerita yang mereka tulis. Pekerjaan kecil Emily sampai sekarang masih ada, kecuali puisi-puisi yang diucapkan oleh karakter (The Brontës' Web of Childhood, Fannie Ratchford, 1941).

Pada tahun 1842, Emily mulai bekerja sebagai pengasuh di Akademi Miss Patchett di sekolah Law Hill, dekat Halifax, kemudian berhenti karena kerinduan akan rumahnya. Kemudian, dengan saudara perempuannya, Charlotte, ia menghadiri sebuah sekolah swasta di Brussels yang dijalankan oleh Constantin Heger dan istrinya, Claire Zoe Parent Heger. Mereka kemudian mencoba untuk membuka sekolah di rumah mereka, tapi tidak memiliki murid.

Merupakan sebuah penemuan atas bakat kebujanggaan Emily oleh Charlotte yang membimbingnya dan saudara perempuannya untuk menerbitkan puisi milik mereka pada tahun 1846, Puisi oleh Currer, Ellis, dan Acton Bell. Untuk menghindari kecurigaan pada saat itu terhadap penulis perempuan, Brontë bersaudara mengubah nama pertama mereka. Ketiganya mempertahankan huruf pertama dari nama mereka: Charlotte menjadi Currer Bell, Anne menjadi Acton Bell, dan Emily menjadi Ellis Bell.

Pada tahun 1847, ia menerbitkan novel satu-satunya, Wuthering Heights, sebanyak 2 dari 3 buah set volume (yang terakhir berjudul Agnes Grey oleh saudara perempuannya Anne). Struktur inovatif yang sedikit membingungkan berbagai kritikan. Walaupun buku itu mendapatkan bermacam-macam ulasan pertama kali keluar, buku tersebut kemudian menjadi sebuah buku sastra Inggris klasik. Pada tahun 1850, Charlotte mengubah dan menerbitkan Wuthering Heights sebagai satu buah novel dengan menggunakan nama asli Emily.

Kesehatan Emily, seperti saudara-saudara perempuannya, telah lemah akibat iklim lokal yang tajam di rumah dan sekolah. Ia mendapat flu saat pemakaman saudara laki-lakinya di September, yang berujung pada penyakit TBC. Ia menolak untuk diobati, ia mati pada tahun 19 Desember 1848 sekitar pukul 2 siang. Ia dikuburkan di gereja St. Michael and All Angels Haworth, Yorkshire Barat, Inggris.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]