Emelina Regis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Emelina Gagalac Regis
KebangsaanOrang Filipina
PekerjaanDirektur Departemen Ilustrasi Digital dan Animasi di Universitas Ateneo de Naga, Kota Naga, Filipina
Karya terkenalDalawang Dula ni Clarissa sa Ecolohiya (1993); Mga Dula, Awitin at Tula sa Ekolohiya at Kapaligiran (1996)

Emelina Gagalac Regis adalah Bikolan kontemporer pemenang penghargaan[1] dan direktur saat ini dari Departemen Ilustrasi Digital dan Animasi di Universitas Ateneo de Naga, Kota Naga, Filipina. Dia sebelumnya memimpin Institut Konservasi dan Penelitian Lingkungan (INECAR) di universitas yang sama.

Regis meraih gelar Doktor Filsafat dalam Ilmu Lingkungan pada tahun 1999 di mana disertasinya adalah Pollen grain abortion as indicator of mercury pollution near gold mining sites in Camarines Norte ( Aborsi serbuk sari sebagai indikator pencemaran merkuri di dekat lokasi penambangan emas di Camarines Norte ).[2] Dia adalah profesor Biologi di Universitas Ateneo de Naga.

Dia menulis dua buku sandiwara panggung dan beberapa eksplorasi. Dia menulis Dua Permainan Clarissa di Ekologi (1993) oleh Penerbit Hari Baru dan Permainan, Lagu dan Puisi dalam Ekologi dan Lingkungan (1996) oleh PLAN International Bicol dan Ateneo de Naga Eagles , di Kota Naga.[3][4] Bersama Marietta Labra-Espina dan Ma. Yvainne Y. Yacat, menulis The Pasig River Caring for a Dying Ecosystem (Sungai Pasig yang Merawat Ekosistemnya yang Sekarat) (2001) yang diterbitkan oleh Komisi Rehabilitasi Sungai Pasig di bawah Kantor Presiden Filipina, Republik Filipina.[5] Sebelum ini, Regis dianugerahi Carlos Palanca Award untuk Sastra pada tahun 1992 untuk drama Filipina-nya yang berjudul Dalawang Mukha ng Kagubatan (Dua Wajah Hutan)[6]

Pada tahun 2019, Regis adalah satu dari lima penulis yang telah menjadi penerima Gawad Taboan yang diberikan pada Festival Penulis Nasional Tabo 10 di Universitas Pertanian Negeri Bicol Tengah (CBSUA) di Pili, Camarines Sur.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Emelina Gagalac Regis". goodreads.com. Diakses tanggal March 28, 2020. 
  2. ^ "Regis, Emelina Gagalac". koha.nlp.gov.ph. Diakses tanggal March 28, 2020. 
  3. ^ "Dalawang Dula ni Clarissa sa Ecolohiya (1993)". goodreads.com. Diakses tanggal March 28, 2020. 
  4. ^ "Regis, Emelina Gagalac". philippineperformance-repository.upd.edu.ph/. Diakses tanggal March 28, 2020. 
  5. ^ "The Pasig River Caring for a Dying Ecosystem". books.google.com.ph. Diakses tanggal March 28, 2020. 
  6. ^ "Dalawang Dula Ni Clarissa Sa Ecolohiya: Ecology As Literature As Counterideological Discourse". ejournals.ph/. Diakses tanggal March 28, 2020. 
  7. ^ "5 Bicol literary writers to be honored in nat'l festival". newsinfo.inquirer.net. October 6, 2019. Diakses tanggal March 28, 2020.