Elsewhere (Novel Zevin)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Elsewhere
PengarangGabrielle Zevin
NegaraAmerika Serikst
BahasaInggris
GenreRealisme magis
PenerbitFarrar Straus Giroux
Tanggal terbit
9 September, 2005,
Jenis mediaPrint (hardback & paperback)
Halaman277

Elsewhere adalah sebuah novel beraliran fiksi remaja yang diterbitkan pada tahun 2005 dan ditulis oleh Gabrielle Zevin.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Liz yang berusia lima belas tahun ditabrak dan dibunuh oleh taksi. Ketika dia bangun, dia menemukan dirinya di kabin sebuah kapal bernama SS Nile. Dia bertemu idolanya, yang ternyata sudah mati, seperti dia. Kapal itu tiba di sebuah pulau bernama 'Di tempat lain'. Di tempat lain, semua orang menua ke belakang sampai mereka mencapai usia 7 hari dan kemudian dikirim kembali ke Bumi sebagai bayi untuk dilahirkan kembali. Liz bertemu dengan neneknya, yang saat ini masih sangat muda, dan merawat Liz. Liz menyaksikan pemakamannya sendiri dari 'Dek Observasi', atau singkatnya OD, dan mengetahui bahwa meskipun dia dapat melihat Bumi, dia tidak diizinkan untuk melakukan kontak dengan siapa pun di sana. Liz tidak bisa melupakan fakta bahwa dia sudah mati, dan menghabiskan setiap hari di OD. Saat di OD, dia mengetahui sebuah tempat bernama 'The Well' yang dikabarkan menjadi tempat di mana seseorang yang berada di tempat lain dapat melakukan kontak dengan seseorang di Bumi. Upaya pertama Liz untuk mencapai Bumi tidak berhasil. Dia ditangkap oleh neneknya tepat sebelum dia memasuki air. Upaya kedua, bagaimanapun, berhasil. Dia dapat menjangkau kakaknya tetapi ditangkap oleh Owen, yang dia temui di pulau itu. Liz kembali ke neneknya dan dipaksa untuk mendapatkan 'advokat', bertemu dengan seorang penasihat, dan mendapatkan pekerjaan serupa untuk menyita waktunya dan mudah-mudahan membebaskan pikirannya dari depresinya yang tragis. Liz memilih hewan, yang, seperti manusia, menua di tempat lain. Dia menemukan bahwa dia benar-benar dapat berbicara dengan binatang. Owen menghubungi saudara laki-laki Liz untuknya, menyelam ke The Well. Liz kemudian mengetahui bahwa Owen menikah dengan seorang wanita bernama Emily di Bumi, dan ketika memeriksa daftar penumpang baru, dia menemukan nama Emily di atasnya. Seperti yang diharapkan, Emily tiba di tempat lain beberapa hari kemudian. Owen, Liz, dan neneknya menemui Emily pada hari kedatangannya di kapal. Emily terkejut melihat Owen, dan menerima permintaan Owen untuk melanjutkan hubungan mereka. Namun, setelah beberapa saat, Emily memutuskan untuk 'putus' dengan Owen, mengklaim bahwa sejak dia berusia 30-an sekarang dan Owen masih muda, perasaan itu menjadi sangat canggung. Owen menyadari bahwa dia telah mengembangkan perasaan untuk Liz. Liz, sementara itu, mencoba untuk kembali ke Bumi dengan 'rilis awal', tetapi dihentikan lagi oleh Owen. Kali ini Liz menerima hidupnya di tempat lain. Liz terus menua dan bekerja sampai usia 6 tahun. Pada upacara pembebasannya, dia bertemu kembali dengan teman sekamarnya dari kapal. Owen baru berusia 2 tahun saat Liz dilepaskan, dan sepanjang perjalanannya ke Bumi, dia memikirkan Tempat lain. Novel berakhir dengan Liz yang dikirim ke sungai dan dilahirkan kembali ke kehidupan barunya di Bumi.[1]

Signifikansi dan Penerimaan Sastra[sunting | sunting sumber]

Elizabeth Spires memberi buku tersebut ulasan positif untuk The New York Times, memuji Zevin atas premisnya yang "segar dan menawan", menyamakannya dengan Madeleine L'Engle, A Wrinkle in Time dan Natalie Babbitt melalui Tuck Everlasting.[2] Teenreads.com menyebutnya "jenaka dan bijaksana" dan memuji buku itu karena humornya.[3] Majalah Booklist memberikan julukan buku itu 'Starred Review' dan menyebutnya "karya keindahan yang luar biasa".[4]

Di AS, buku tersebut dinominasikan untuk 2006 Quill award, memenangkan Borders Original Voices Award, dan merupakan pilihan dari Barnes & Noble Book Club.[5] Buku ini juga termasuk dalam beberapa Daftar "Terbaik" termasuk School Library Journal, Horn Book Magazine, Kirkus Reviews, Amazon.com, dan daftar American Library Association Notable Children's Book [6] di antara yang lain. Juga telah memenangkan beberapa penghargaan di luar negeri. Di Jerman, ia dianugerahi Lufti (Perunggu) dan Ulmer Unke dan di Inggris ia memenangkan Penghargaan Buku Anak-anak Sheffield untuk Novel yang Lebih Panjang[7] dan Penghargaan Buku Sekolah Stockport.[8] Itu juga terdaftar lama untuk Carnegie Medal.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Elsewhere Summary". www.BookRags.com. Diakses tanggal 2015-09-30. 
  2. ^ "'Elsewhere,' by Gabrielle Zevin Review". The New York Times. 4 December 2005. Diakses tanggal 31 May 2013. 
  3. ^ "Elsewhere Review". Teenreads.com. 11 August 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-09-23. Diakses tanggal 31 May 2013. 
  4. ^ "Elsewhere, by Gabrielle Zevin". Booklist. Diakses tanggal 31 May 2013. 
  5. ^ "Barnes & Noble Book Search". Barnes & Noble. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-11-29. Diakses tanggal 2008-10-29. 
  6. ^ "2006 Notable Children's Books". American Library Association. Diakses tanggal 31 May 2013. 
  7. ^ "Sheffield Children's Book Award: Winners' Archive Young Adult". Diakses tanggal 31 May 2013. 
  8. ^ "Stockport Schools' Book Award Past Winners". Stockport Council. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-08-31. Diakses tanggal 31 May 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]