Elsa Manora Nasution

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Elsa Manora Nasution (lahir 25 Oktober 1977) adalah mantan perenang Indonesia, yang mengkhususkan diri di gaya punggung.[1] Ia mewakili Indonesia di Olimpiade 2000 dan kemudian memenangkan medali perunggu pada even 100 m gaya punggung di SEA Games 2003 di Hanoi, Vietnam.

Dilatih sendiri oleh ayahnya yang juga merupakan pelatih renang nasional Radja Nasution. Elsa adalah adik kandung dari mantan perenang nasional Elfira Rosa Nasution, Kevin Rose Nasution dan Maya Masita Nasution. Dia juga merupakan kakak perempuan dari Muhammad Akbar Nasution, seorang perenang spesialis gaya dada dan gaya ganti, yang pernah bersama sama bergabung sebagai bagian dari skuat Indonesia di Olimpiade. Elsa saat ini telah bercerai dari mantan suaminya Ricky Subagja, pemain bulu tangkis Indonesia.

Elsa hanya berkompetisi di even 100 m gaya punggung pada Olimpiade 2000 di Sydney. Dia mencapai FINA B - cut dari 1: 05,69 pada Kejuaraan Asia di Busan, Korea Selatan. Dia menantang tujuh perenang lain dalam pertandingan itu, diantaranya Sherry Tsai dari Hong Kong, Kuan Chia-hsien dari Cina Taipei, Serrana Fernández dari Uruguay dalam waktu 1: 06,57, hampir satu detik penuh di bawah standarnya. Elsa gagal melaju ke semifinal, ketika ia hanya berhasil menempati posisi ke-38 dari kesulurhan hasil babak eliminasi.

Pada Sea Games 2003 di Hanoi, Vietnam, Elsa meraih medali perunggu di even 100 m gaya punggung dengan catatan waktu 1: 07,38, sedangkan medali emasi dimenagkan juara bertahan Chonlathorn

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Elsa Manora Nasution". Olympics at Sports-Reference.com. Sports Reference LLC. Diakses tanggal 17 June 2013.