Elihu Palmer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Elihu Palmer (1764 – 7 April 1806) adalah penulis dan pendukung deisme pada masa-masa awal terbentuknya Amerika Serikat.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Elihu Palmer lahir di Canterbury, Connecticut pada tahun 1764. Ia belajar menjadi pendeta Presbyterian di Dartmouth College dan lulus tahun 1787. Tidak lama setelah lulus, ia memutuskan menjadi seorang deis. Setelah menolak doktrin Presbyterianisme Calvin, Palmer menjadi pengelana fisik, spiritual, dan intelektual. Ia akhirnya pindah ke New York City dan mendirikan Deistical Society of New York tahun 1796.

Ia tinggal sementara di Augusta, Georgia, dan mengumpulkan materi untuk buku Geography karya Dr. Jedediah Morse, lalu pindah ke Philadelphia dan New York. Pada tahun 1793, ia buta total akibat penyakit kuning. Ia adalah kritikus politik yang pedas dan kepala perkumpulan illuminati Columbus. Ia mendirikan perkumpulan tersebut di New York tahun 1801.

Palmer terus menulis sampai akhir hayatnya. Ia telah menerbitkan berbagai karya tulis seperti A Fourth of July Oration (1797) sekaligus merupakan penulis The Principles of Nature, or A Development of the Moral Causes of Happiness and Misery among the Human Species. Ia mendirikan dua surat kabar, The Temple of Reason tahun 1800 dan Prospect, or View of the Moral World tahun 1803.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]