Elie Saab

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Elie Saab (bahasa Arab: إيلي صعب) (lahir 4 Juli 1964; umur 50 tahun), terkadang dikenal hanya sebagai 'ES', adalah seorang desainer asal Lebanon.

Pada tahun 1982, Saab meluncurkan label mode berbasis Beirut-nya ketika ia berusia 18 tahun. Lokakarya utamanya adalah di Libanon. Dia juga memiliki workshop di Milan dan Paris.

Lahir sebagai Katolik Maronit[1] dari orang tua di Beirut, Saab adalah orang yang terlatih. Ia mulai menjahit sejak masih anak-anak dan tahu bahwa suatu hari ia akan membuat hidup dari itu. Pada tahun 1981 ia pindah ke Paris untuk belajar fashion, namun akhirnya kembali dan membuka bengkel kerjanya pada tahun 1982. Pada tahun 1997 Saab adalah desainer non-Italia pertama yang menjadi anggota dari Kamera Nazionale della Moda Italia, dan pada tahun 1997, menunjukkan koleksi pertamanya di luar Lebanon di Roma. Pada tahun 1998, dia mulai membuat pakaian siap pakai di Milan, dan pada tahun yang sama, ia menggelar fashion show di Monako yang dihadiri oleh Putri Stéphanie dari Monako.

Dia menjadi sukses dalam semalam setelah ia menjadi desainer Lebanon pertama yang pakaiannya dipakai di ajang Academy Award / Oscar. Salah seorang pemenang, Halle Berry,mengenakan gaun rancangan Saab pada tahun 2002.[2] Berry kemudian mengenakan gaun lain yang dirancang Saab, kali ini gaun emas, untuk Oscar 2003.

Pada bulan Mei 2003, Chambre Syndicale de la Haute Couture mengundangnya untuk menjadi anggota, dan ia menunjukkan haute couture pertamanya, koleksi di Paris pada Juli 2003. Koleksi siap-pakai pertamanya di Paris, adalah koleksi Spring-Summer 2006, dan sekarang Paris adalah landasan siap-pakai permanennya.

Karyanya dapat ditemukan di seluruh dunia, dengan butik yang terletak di Beirut, Paris dan London (juga di Selfridges dan Harrods).

Elie Saab telah membuat gaun rancangannya untuk selebriti, yaitu :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1], Spiegel. Year 2007
  2. ^ Halle Berry - Memorable Oscar Dresses, About.com. Retrieved on 2009-03-23.