Eleanor dari Sisilia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Eleanor dari Sisilia
Eleonora Sicily.jpg
Permaisuri Aragon
Memerintah sebagai pasangan 1349–1375
Pasangan Pedro IV dari Aragon
Anak
Yohanes I dari Aragon
Martin dari Aragon
Eleanor, Ratu Kastilia
Wangsa Wangsa Aragon
Ayah Pietro II dari Sisilia
Ibu Elisabeth dari Kärnten
Lahir 1325
Sisilia
Meninggal Lleida, Spanyol
Agama Katolik Roma

Eleanor dari Sisilia (1325–1375) merupakan Permaisuri Aragon (1349–1375). Ia adalah putri Pietro II dari Sisilia dan Elisabeth dari Kärnten. Ia merupakan istri ketiga Pedro IV dari Aragon.

Kehidupan awal dan keluarga[sunting | sunting sumber]

Eleanor adalah yang kedua dari delapan bersaudara, semuanya hidup sampai dewasa kecuali seorang saudara dan saudari, Yohanes dan Violante. Saudara-saudari Eleanor termasuk: Federico III dari Sisilia, Euphemia, Constance (keduanya Pemangku tahta raja Sisilia) Beatrice, istri Ruprecht II dari Rhine, Ludovico dari Sisilia dan Blanche, Comtesse Ampurias.

Kakek buyut Eleanor adalah Federico III dari Sisilia dan Eleonora dari Anjou, putri Charles II dari Napoli dan Maria dari Hongaria. Eyang maternal Eleanor adalah Otto III dari Kärnten dan istrinya Euphemia dari Legnica, putri Heinrich V dari Legnica dan Elżbieta dari Kalisz.

Pernikahan[sunting | sunting sumber]

Lambang

Eleanor menikah di Valencia pada tanggal 27 Agustus 1349 dengan Pedro IV dari Aragon, dengan kondisi bahwa ia mengumumkan kembali seluruh haknya atas Mahkota Sisilia. Ia menduda dua kali, dan memiliki dua orang putri: Constança dan Joana namun tidak memiliki putra.

Eleanor menjadi kuat pengaruhnya di istana Aragon, menggantikan Bernardo de Cabrera sebagai kepala penasihat Pedro.[1]

Saudara Eleanor Federico III dari Sisilia, menikahi Constança (anak tiri Eleanor). Federico dan Constança memiliki seorang putri, Maria dari Sisilia namun tidak memiliki keturunan laki-laki. Kemudian pada tahun 1357 Federico mencoba untuk memberikan Eleanor hak-hak suksesi Sisilia dan hak-hak wilayah-wilayah adipati Athena (kota) dan Wilayah Adipati Neopatria sebagai imbalan bantuan militer dari suaminya di Sisilia, sebuah tawaran yang ditolak.[2]

Eleanor dan Pedro memiliki empat orang anak:

Pada tahun 1373 putra sulung Eleanor Yohanes menikahi Martha dari Armagnac, seorang wanita yang tenang dan damai. Eleanor memperlakukan Martha seperti putrinya sendiri[3].

Setelah tinggal di rumahnya di Empordà, Eleanor mengangkat Sibila dari Fortia sebagai dayangnya. TIndakan ini menjadi masa depan yang berarti bagi gadis itu.

Di Lérida pada tanggal 20 April 1375, Eleanor meninggalkan suaminya dan ketiga orang anaknya untuk selama-lamanya. Suaminya kemudian menikah lagi dengan Sibila, yang berusia lebih dari 30 tahun lebih muda daripadanya. Hampir seluruh keluarga termasuk anak-anak Eleanor berselisih dengan Sibila.[4]

Silsilah[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ SICILY, Medieval Lands
  2. ^ Medieval Lands
  3. ^ Translations from Catalan Wikipedia ca:Mata d'Armanyac
  4. ^ ARAGON, Medieval Lands
Didahului oleh:
Eleanor dari Portugal
Permaisuri Aragon
1349–1375
Diteruskan oleh:
Sibila dari Fortia