El Puerto de Santa María

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Balai kota

El Puerto de Santa María merupakan sebuah kota di Cádiz, Andalusia, Spanyol.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Terletak di bantaran Sungai Guadalete, penduduk kota ini mencapai 83.101 jiwa pada tahun 2006. Dengan luas 159 km², kota ini mencapai kepadatan penduduk seluas 522,6 jiwa/km². El Puerto de Santa María terletak pada koordinat geografis 36º 36' LU, 6º 13' BB. Ketinggian kota ini mencapai 6 m dan terletak 21 km dari Cádiz.

El Puerto de Santa María terletak di pesisir Samudera Atlantik, di dalam Teluk Cádiz, selatam Pegunungan San Cristóbal; dibatasi oleh Sanlúcar de Barrameda, Jerez de la Frontera, Rota, Puerto Real, dan Cádiz di seberang teluk. Kota ini memiliki garis pantai sepanjang 22 km.

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Pariwisata merupakan industri penting di El Puerto de Santa María, terutama karea pantainya, dan juga pertunjukan matador yang diselenggarakan selama musim panas. Daerah-daerah yang penting di El Puerto de Santa María adalah: Fuenterrabía, Santa Catalina (Los Curas, Las Redes, Vistahermosa-El Buceador), Valdelagrana, La Puntilla-La Colorá), La Calita, El Aculadero, di Levante (daerah wisata natural) dan La Muralla. Di kota ini juga ada Taman Alam Teluk Cádiz.

Kota kembar[sunting | sunting sumber]