Eksekusi (komputasi)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pelaksanaan atau eksekusi dalam rekayasa komputer dan perangkat lunak adalah proses yang dilakukan komputer atau mesin maya dengan membaca dan bertindak berdasarkan arahan program komputer. Setiap arahan suatu program merupakan gambaran tindakan tertentu yang harus dilakukan agar suatu masalah tertentu dapat dipecahkan. Pelaksanaan melibatkan pengulangan daur 'ambil–awakode–laksanakan' untuk setiap arahan yang dilakukan oleh unit kendali. Saat mesin pelaksana mengikuti arahan, efek tertentu dihasilkan sesuai dengan semantik arahan tersebut.

Program untuk komputer dapat dilaksanakan dalam proses tumpak tanpa interaksi manusia atau pengguna dapat mengetikkan perintah dalam sesi interaktif penerjemah. Dalam hal ini, "perintah" hanyalah arahan program yang pelaksanaannya terantai bersama.

Istilah penjalanan (run) digunakan hampir secara sinonim. Arti terkait dari "menjalankan" dan "melaksanakan" mengacu pada tindakan spesifik pengguna yang memulai (meluncurkan atau memanggil) suatu program, seperti "jalankan aplikasi."

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Aho_2007" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.