Arsitektur von Neumann

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Reyhan Capri Moraga

Arsitektur Von Neumann

Arsitektur Von Neuman (atau Mesin Von neuman) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann (1903-1957). Arsitektur ini digunakan oleh hampir semua komputer saat ini.

Arsitektur Von Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmetika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus".

John Van Neumann seorang ahli matematika yang merupakan konsultan pembuatan ENIAC pada tahun 1945 mencoba memperbaiki kelemahan ENIAC dengan rancangan komputer barunya, bernama EDVAC (Electronic Discrete Variable Computer) dengan konsep program tersimpan (Inggris: stored program concept).

Tahun 1946 komputer dengan stored-program concept dipublikasikasikan, yang kemudian di kenal dengan Komputer IAS (Computer of Institute for Advanced Studies). Struktur komputer IAS terlihat pada gambar 2.1. Komputer ini terdiri atas:

  • Memori utama, untuk menyimpan data maupun instruksi.
  • Arithmetic logic unit (ALU), untuk mengolah data biner.
  • Control unit, untuk melakukan interpretasi instruksi – instruksi di dalam memori sehingga adanya eksekusi instruksi tersebut.
  • I/O, untuk berinteraksi dengan lingkungan luar.