Dodi al-Fayed

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Dodi al-Fayed
Lahir Imaduddin Muhammad Abdul Mun'im al Fayed
15 April 1955
Iskandariyah
Meninggal 31 Agustus 1997 (42 tahun, 138 hari)
Pont de l'Alma, Paris, Perancis
Kewarganegaraan Mesir
Pekerjaan Produser Film
Agama Islam
Pasangan Susanne Gregard (m. 1987–87)
Orang tua Muhammad al Fayed
Samira Kashoggi

Imaduddin Muhammad Abdul Mun'im al Fayed (lahir 15 April 1955 – meninggal 31 Agustus 1997 pada umur 42 tahun) adalah putra dari Muhammad al Fayed, pemilik dari ritel Harrods dan Hôtel Ritz Paris.

Lahir di Iskandariyah, Mesir, ia memperoleh pendidikannya di Institute Le Rosey di Swiss. Ayahnya yang kaya membuat Dodi dengan mudah dapat memfasilitasi biaya pembuatan beberapa film di Hollywood pada saat itu. Ia menjadi aktor pada awal masanya di Hollywood, dan kemudian beralih menjadi produser film; ia merupakan salah satu produser dalam film Breaking Glass (1980) dan Chariots of Fire yang diproduksi pada tahun (1981).

Pada 31 Agustus 1997, Dodi meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di Paris, Perancis bersama dengan kekasihnya, Putri Diana. Setelah kejadian tersebut, muncul spekulasi mengenai sifat al Fayed, terutama tentang pilihan pasangan wanitanya dan motifnya dalam berhubungan dengan Putri Diana.

Ayahnya meresmikan tugu peringatan kepada Dodi dan Diana di Harrods pada 12 April 1998, dan kemudian meresmikan patung peringatan kedua yang lebih mewah pada tahun 2005 yang menampilkan patung Dodi dan Puti Diana melepas seekor burung merpati ke langit, dan bertuliskan Innocent Victims atau korban tak bersalah pada bagian penopangnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]