Distrik Grand Port

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Distrik Grand Port
Perkebunan tebu dekat Rose Belle
Perkebunan tebu dekat Rose Belle
Peta pulau Mauritius dengan distrik Grand Port berwarna merah
Peta pulau Mauritius dengan distrik Grand Port berwarna merah
NegaraMauritius Mauritius
Pemerintahan
 • JenisDewan Distrik
 • PimpinanRuggoo Yashveer
 • Wakil PimpinanSeegobin Megduth
Luas
 • Total260,3 km2 (1,005 sq mi)
Populasi
 (2015)[2]
 • Total112.997
 • Peringkatke-5 di Mauritius
 • Kepadatan0,043/km2 (0,11/sq mi)
Zona waktuUTC+4 (MUT)
Kode ISO 3166MU-GP (Grand Port)

Grand Port (Kreol Mauritius: [ɡʁɑ̃ poː]) merupakan sebuah distrik di Mauritius yang terletak di timur pulau. Namanya berarti "pelabuhan besar" dalam bahasa Prancis. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 260.3 km2 dan perkiraan populasi adalah 112.997 per 31 Desember 2015.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Grand Port dinamai desa 'Old Grand Port' yang merujuk pada saat kedatangan Belanda pertama dan dibangunnya pelabuhan pertama pulau itu. Distrik ini berpusat di kota Mahébourg di pantai, di dalam Grand Port Bay. Dibangun oleh Belanda dan kemudian diambil alih oleh Prancis, kota ini adalah pengingat masa lalu kolonial pulau itu.

Pada tahun 1810, satu skuadron frigat Prancis meraih kemenangan angkatan laut yang pada akhirnya sia-sia atas skuadron Inggris yang sebanding di Pertempuran Grand Port, dekat le de la Passe.

Tempat[sunting | sunting sumber]

Distrik Grand Port mencakup berbagai wilayah; namun, beberapa wilayah dibagi lagi menjadi pinggiran kota yang berbeda.[2][3] Wilayah Dewan Desa Midlands dan Seizième Mille secara geografis berada di Distrik Plaines Wilhems dan dengan demikian tidak termasuk pada Grand Port. Namun, penduduk memberikan suara dalam pemilihan lokal untuk dewan Distrik Grand Port. Perhatikan bahwa statistik tidak memperhitungkan bahwa Camp Carol diciptakan dari Trois Boutiques dan Trois Boutiques diubah namanya menjadi Trois Boutiques (Union Vale) pada tahun 2011 mengikuti Local Government Act yang baru.[4] Bandara satu-satunya pulau dari Bandar Udara Internasional Sir Seewoosagur Ramgoolam terletak di Grand Port.

Pemandangan udara kawasan Bluebay / Pointe d'Esny dengan pemandangan Lion Mountain
Pemandangan udara kawasan Bluebay / Pointe d'Esny dengan pemandangan Gunung Singa

Tempat menarik[sunting | sunting sumber]

Pantai paling terkenal dan populer di distrik ini adalah Blue Bay, salah satu tempat mandi terbaik di pulau yang dikelilingi oleh setengah lingkaran pohon filao. Terletak di pantai tenggara, tidak jauh dari Mahébourg, Blue Bay menawarkan hamparan pantai berpasir putih yang indah dan kolam pemandian biru muda yang dalam dan jernih. Ada juga ruang untuk berperahu pesiar dan selancar angin. Banyak bangunan di distrik ini mencerminkan masa lalu kolonial distrik tersebut.

Tepat di utara Mahebourg, Vallée de Ferney memiliki hutan asli dan berbagai tumbuhan dan hewan yang terancam punah. Di lepas pantai, Ile aux Aigrettes terdapat pulau kecil dimana ekosistem asli Mauritius telah direhabilitasi sampai taraf tertentu. Teluk Grand-bay juga dikenal sebagai teluk Mahebourg yang menawarkan flora dan fauna bawah laut. Kawasan ini relatif terpelihara dengan baik yang menjadikannya tempat snorkeling yang ideal.

Tempat menurut populasi[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Grand Port dilihat dari dataran tinggi.
Grand Port pada stempel Mauritius tahun 1950.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 April 2014. Diakses tanggal 20 October 2013. 
  2. ^ a b c Ministry of Finance & Economic Development (2016). "ANNUAL DIGEST OF STATISTICS 2015" (PDF). August. Government of Mauritius: 19. Diakses tanggal 23 December 2016. 
  3. ^ Statistic office of Mauritius (2011). "Housing and population Census 2011" (PDF). Government of Mauritius. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 21 October 2013. Diakses tanggal 6 September 2012. 
  4. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 July 2014. Diakses tanggal 11 July 2014. 
  5. ^ "Table D2 - Resident population by geographical location, age and sex" (PDF). 2011 housing and population census. Statistics Mauritius. hlm. 51. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 16 October 2013.  .
  6. ^ a b "Archived copy" (PDF). Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 3 March 2016. Diakses tanggal 19 September 2016.