Distrik Brčko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Lokasi Distik Brčko di Bosnia-Herzegovina (berwarna merah, kanan atas)
Peta Distrik Brčko

Distrik Brčko (Serbia, Bosnia, Kroasia: Brčko Distrikt (Latin) Брчко Дистрикт (Sirilik)) berada di timur-laut Bosnia dan merupakan sebuah daerah swatantra di bawah kedaulatan Bosnia-Herzegovina; wilayah bukan bagian daripada Federasi Bosnia dan Herzegovina ataupun Republika Srpska. Distik ini berada di bawah supervisi komunitas internasional. Ibu kota distrik ini adalah kota Brčko.

Distik Brčko secara resmi didirikan pada tanggal 8 Maret 2000, setahun setelah proses arbitrase; proses ini dilihat sebagai pelanggaran Perjanjian Damai Dayton karena menciptakan distrik ini padahal hanya bisa menengahi bagian yang disengketakan dari perbatasan antar-entitas. Distrik Brčko diciptakan dari seluruh mantan wilayah munisipalitas Brčko, dari mana 48% berada di Republika Srpska dan 52% berada di Federasi Bosnia dan Herzegovina.

Sebelum perang, munisipalitas Brčko memiliki penduduk 87.332 jiwa (menurut cacah jiwa tahun 1991), 45% di antaranya adalah Muslim, 25% suku Kroasia, 21% suku Serbia, 6% bangsa Yugoslavia, dan 3% lain-lain. Setelah perang, Uni Eropa tetap menjaga daerah ini dengan misi diplomatik satuan penjaga perdamaian.

Menurut mantan wali kota Branko Damjanac, penduduk distrik ini sekarang terdiri dari 40% suku Serbia, 39% suku Bosniak, dan 20% suku Kroasia. Luas wilayah Distrik Brčko adalah 493 km² dan memiliki penduduk sekitar 80.000 jiwa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Artikel yang sama di Wikipedia Inggris, versi 18:15, 17 March 2006

Pranala luar[sunting | sunting sumber]