Diriyah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Distrik At-Turaif di Dir'iyah
Situs Warisan Dunia UNESCO
Negara  Arab Saudi
Tipe Budaya
Kriteria iv, v, vi
Nomor identifikasi 1329
Kawasan UNESCO Arab
Tahun pengukuhan 2010 (sesi ke-34)

Al-Diriyah (Arab: الدرعية) juga dieja Ad-Dir'iyah, Ad-Dar'iyah atau Dir'aiyah, adalah sebuah kota di Arab Saudi yang terletak di pinggiran barat laut ibukota Arab Saudi, Riyadh. Diriyah adalah rumah asli dari keluarga kerajaan Arab Saudi, dan menjadi ibukota dari dinasti Saudi pertama yaitu pada tahun 1744-1818. Saat ini, kota ini adalah wilayah dari Provinsi Diriyah, yang juga termasuk Desa Uyayna, Jubayla, dan Al-Ammariyyah dan merupakan bagian dari Provinsi Ar Riyad.

Distrik Turaif di Diriyah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2010.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Reruntuhan kota tua Diriyah terletak di kedua sisi lembah sempit yang dikenal dengan Wadi Hanifa, yang terletak di bagian selatan melalui ibukota Riyadh. Struktur bangunan hampir semuanya terbuat dari lumpur bata, reruntuhan dibagi menjadi tiga wilayah, Ghussaibah, Al-Mulaybeed, dan Turaif, yang dibangun di atas Perbukitan yang menghadap ke Lembah. Dari ketiga wilayah tersebut, Turaif adalah yang tertinggi, dan bagian bawahnya adalah tempat yang mudah diakses oleh wisatawan dengan berjalan kaki, dan di tempat ini masih ada beberapa menara observasi.

Kota yang modern dibangun pada ketinggian yang lebih rendah di kaki bukit yang berada di atas Turaif. Terletak di sebelah utara kota, di dalam lembah, terapat, Taman, kebun Kelapa Sawit, dan peternakan kecil dan Perkebunan. Sebuah bendungan dikenal sebagai Al-Ilb terletak di sebelah utara.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meskipun lokasinya kadang-kadang diidentifikasi dengan pemukiman kuno yang disebutkan oleh Yaqut dan Al-Hamadani yang dikenal sebagai "Ghabra", sejarah Diriyah berawal dari abad ke-15. Menurut penulis sejarah dari Najd, kota ini didirikan pada tahun 1446-1447 oleh Mani Al-Mraydi, nenek moyang keluarga kerajaan Saudi. Manidan pasukannya telah datang dari daerah Al-Qatif di bagian timur Saudi, atas undangan dari Ibnu Dir, yang saat itu penguasa dari kelompok permukiman yang sekarang disebut Riyadh. Ibnu Dir 'dikabarkan telah menjadi rekan Mani' Al-Mraydi, dan pasukan Mani diyakini telah meninggalkan wilayah Wadi Hanifa ditanggal yang tidak diketahui.

Referensi[sunting | sunting sumber]