Dial-A-Joke

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dial-A-Joke adalah nomor telepon yang dapat dihubungi oleh siapa saja yang ingin mendengar sebuah lelucon. Layanan ini dapat disediakan oleh operator manusia atau mesin penjawab.

Dial-A-Joke pertama[sunting | sunting sumber]

Layanan Dial-A-Joke pertama diadakan oleh Mark Robbins, Ira Goldstein, Ben Weinberg, and Jan Lucas pada 1971 dengan nama Telephone Entertainment Line. Mesin penjawab Dial-A-Joke ini terletak di apartemen Mark Robbins dan Ira Goldstein di Yarmouth Street, Encino, California. Jan Lucas adalah suaranya. Mark Robbins membangun dan memeliharan mesin itu, Ira Goldstein dan Ben Weinberg bertanggung jawab untuk mencari bahan lelucon dan rekaman.

Mereka mempromosikan layanan ini dengan cara membuat stempel karet dengan cetakan "Dial-A-Joke 881-2345", membuat kartu nama dengan stempel ini dan membagi-bagikannya di pusat perbelanjaan lokal. Mulanya mereka menggunakan mesin penjawab Codeaphone, namun karena banyaknya hubungan yang masuk, mesin ini rusak. Mark Robbins merancang mesin baru dengan menggunakan perekam kaset 8-track Craig. Sekitar 30 lelucon yang berbeda direkam dalam sebuah pita rekaman Möbius loop (8 track tape). Ada 2 track dalam pita itu, track pertama berisi lelucon-lelucon dan track kedua berisi beep tone setelah setiap lelucon yang mematikan mesin itu. Mereka juga memiliki penghitung jumlah lelucon yang diputar. Ketika mesin itu dihentikan operasinya, tercatat lebih dari 1 juta kali hubungan telepon.

Mount Hood Chemicals[sunting | sunting sumber]

Di Portland, Oregon, perusahaan ini memproduksi sabun cuci tipe C-20. Beroperasi pada akhir tahun 1970-an dengan lelucon baru setiap hari kerja.

New York Telephone[sunting | sunting sumber]

Pada 1974, Y&R Advertising mewakili New York Telephone Company menyewa waktu rekaman di GT Harris Recording Studios, 55th Street dan Broadway, New York City, dengan stand-up comedian Henny Youngman. Proyek ini dimulai oleh NY Telephone VP Executive Glenn Appleyard. Rekaman asli yang kemudian juga mengandung lelucon-lelucon dari Jay Leno dan David Letterman disumbangkan ke Smithsonian Institute pada akhir 1980-an.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]