Dewata Stephanie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Dewata Stephanie
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Stephaniae
Nama binomial
Astrapia stephaniae
(Finsch & A.B. Meyer, 1886)

Dewata Stephanie (Astrapia stephaniae), yang juga dikenal sebagai Dewata Putri Stephanie, merupakan salah satu spesies burung Cendrawasih dari keluarga Paradisaeidae yang berasal dari Semenanjung Papua (Papua Nugini). Spesies ini pertama kali didefinisikan oleh Carl Hunstein pada tahun 1884.

Sebagai spesies yang umum di sebagian besar wilayah penyebarannya, Astrapia Stephanie telah masuk dalam kategori “Resiko Rendah” dalam Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN. Selain itu, spesies ini juga terdaftar dalam Lampiran II CITES.

Di daerah kecil di mana wilayah penyebarannya bertumpang tindih, terdapat spesies silang antara Astrapia Stephanie dan Astrapia Ekor Pita yang dikenal sebagai Astrapia Barnes.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Dewata Stephanie memiliki nama ilmiah Astrapia stephaniae. Nama genusnya, Astrapia, mengacu pada arti “kilatan petir,” yang merujuk pada bulu berwarna-warni cemerlang yang ada pada berbagai bentuk Astrapia. Nama spesifiknya, Stephaniae, diberikan sebagai penghormatan kepada Putri Stephanie dari Belgia, istri Putra Mahkota Rudolf dari Austria, yang juga memiliki nama ilmiah Cenderawasih Biru (rudolphi). Sebelumnya, genus ini dikenal dengan nama Astarchia, yang berarti “Ratu Bintang,” yang merujuk pada panggilan untuk bulan atau “Kepala Bintang.”[2]

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Dewata Stephanie adalah burung cendrawasih yang sangat khas dan mudah dikenali. Jantan dari spesies ini memiliki panjang sekitar 84 cm (33 inci), dengan sebagian besar panjangnya berasal dari bulu ekor tengah yang berkilauan hitam, mencapai panjang 47 cm (18 inci).

Kepala bagian atas jantan berwarna biru kehijauan dengan sentuhan biru nila di bagian belakangnya; dari dagu hingga bagian atas dada berwarna aqua hingga biru kehijauan, meskipun area tenggorokan biasanya berwarna gelap dan teduh tergantung pada sudut pandang.[3]

Di bawah bagian dada atas yang berwarna-warni, terdapat bulu hitam yang tebal, dan di bawahnya terdapat pita sempit berwarna-warni, dengan warna merah tembaga hingga oranye-kemerahan.

Bagian bawah lainnya berwarna merah tembaga hingga hitam warna-warni (lagi-lagi, tergantung sudut pandang). Bagian atas, seperti mantel atau punggung, berwarna hijau muda yang kusam, meskipun pada beberapa pandangan mungkin tampak kecoklatan atau hitam.

Sayap atas berwarna hitam dengan kilap ungu yang mencolok, sedangkan sayap bawah berwarna hitam terang. Ciri yang paling khas adalah bulu ekor tengah yang sangat berlebihan, seluruhnya berwarna hitam dengan kilap ungu, dan tulang belakangnya berwarna putih. Kaki berwarna abu-abu kehitaman, paruh berwarna hitam, mulut berwarna hijau pucat, dan mata berwarna coklat tua.

Betina, seperti yang umum pada keluarga Paradisaeidae, memiliki penampilan yang sangat berbeda dari jantan. Sebagian besar betina berwarna coklat tua dengan kepala dan dada bagian atas berwarna hitam kebiruan, bagian bawah bergaris hitam, serta berwarna coklat kayu manis, dan ekor yang cukup panjang dengan warna kehitaman.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Astrapia stephaniae". 2018: e.T22706222A130412419. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22706222A130412419.en. 
  2. ^ "Astrapia Stephanie". Diakses tanggal 2023-11-08. 
  3. ^ "Stephanie's Astrapia". Diakses tanggal 2023-11-08.