Des Browne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Des Browne diangkat sebagai Sekretaris Negara Urusan Pertahanan pada 2006

Desmond Henry Browne (lahir di Kilwinning, 22 Maret 1952; umur 62 tahun) adalah politikus dan pengacara Britania Raya. Ia adalah anggota parlemen Partai Buruh untuk Kilmarnock and Loudoun. Sebelumnya ia menjabat sebagai Menteri Muda bidang Keuangan dalam Kabinet Britania Raya, ia diangkat menjadi Menteri Pertahanan setelah perombakan kabinet pada 5 Mei 2006.

Des Browne lahir di Kilwinning dan dididik di St. Michael's Academy setempat dan Universitas Glasgow, di mana ia menerima gelar dalam ilmu hukum. Ia memulai karier resminya pada 1974 sebagai pengacara magang dengan perusahaan James Campbell & Co. Saat ujian penyisihan pada 1976 ia menjadi asisten pengacara dengan Ross, Harper and Murphy, naik jabatan sebagai pengacara pada 1980. Ia menjadi mitra di McClusky Browne pada 1985 sebagai pengacara, menjadi anggota dewan Law Society of Scotland 1988-1992. Ia terutama berkonsentrasi dalam Hukum Anak.

Ia ikut memperebutkan kursi parlemen Argyll and Bute pada pemilu 1992, dan hanya memperoleh tempat keempat di belakang anggota parlemen Demokrat Liberal Ray Michie yang sedang menjabat saat itu. Ia dipanggil ke pengadilan di Skotlandia pada 1993. Des Browne dipilih untuk ikut memperebutkan kursi Partai Buruh untuk Kilmarnock and Loudoun yang aman menyusul berhentinya anggota parlemen yang duduk saat itu William McKelvey. Browne memenangi kursi dalam pemilu 1997 dengan mayoritas 7.256. Ia memberi pidato pertamanya pada 20 Juni 1997.

Des Browne bergabung dengan Komite Pemilihan Irlandia Utara pada pemilihannya, dan menjadi Sekretaris Pribadi Parlemen dari Menteri Negara untuk Skotlandia Donald Dewar pada 1998. Setelah Dewar meninggalkan kabinet pada 1999 untuk ikut serta dalam pemilihan untuk menjadi Menteri Pertama Skotlandia, Browne tetap dalam jabatannya tadi dari Menteri Negara yang baru John Reid. Pada 2000 ia menjadi Sekretaris Pribadi untuk Menteri Negara di Kantor Irlandia Utara.

Setelah pemilu 2001 Des Browne memasuki pemerintahan Tony Blair sebagai Menteri Muda Negara untuk Parlemen di Kantor Irlandia Utara. Ia dipromosikan menjadi Menteri Negara di Departemen Kerja dan Pensiun pada 2003, sebelum pindah ke Kementerian Dalam Negeri pada 2004 sebagai menteri dengan tanggung jawab imigrasi, setelah Beverley Hughes mundur akibat skandal [1]. Ia bergabung dengan kabinet menyusul pemilu 2005 sebagai Sekretaris Pertama Urusan Perbendaharaan dan menjadi Anggota Dewan Penasihat Khusus Kerajaan.

Des Browne dianggap sebagai seorang pendukung Gordon Brown.[2], dan telah menikah dengan Maura Taylor sejak 1983 dan memiliki 2 putera.

Didahului oleh:
Paul Boateng
Menteri Muda Keuangan
2005–2006
Diteruskan oleh:
Stephen Timms
Didahului oleh:
Dr John Reid
Menteri Pertahanan
2006-
Diteruskan oleh:
masih menjabat

Pranala luar[sunting | sunting sumber]