Dekopling

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dekopling adalah penghilangan atau pengurangan isyarat AC yang tidak diinginkan di suatu titik dalam rangkaian. Isyarat AC yang tidak diinginkan itu bisa merupakan kerut pencatu daya 100 Hz, paku-paku penghubungan sakelar, ataupun frekuensi isyarat. Sebuah kondensator pintas dengan reaktansi rendah pada frekuensi isyarat yang tidak diinginkan dipakai untuk melakukan hubungsingkat bagi isyarat tersebut.

Dekopling pencatu daya[sunting | sunting sumber]

Dekopling pencatu daya digunakan untuk menghilangkan kerut 100 Hz dari pencatu daya DC ke suatu rangkaian dan juga menghilangkan umpanbalik frekuensi dari penguat daya melalui kabel catu ke tingkat masukan, misalnya penguat depan suatu amplifier. Reaktansi kondensator harus lebih rendah dari resistansi internal pencatu daya.

Dekopling IC logika[sunting | sunting sumber]

Bila rangkaian logika, terutama TTL berubah keadaan, dibutuhkan suatu pulsa arus dari pencatu 5 V. Hal ini menyebabkan terjadinya paku-paku pada pencatu daya yang dapat menjalar ke seluruh sistem. Karena frekuensi paku tersebut sangat tinggi, haruslah digunakan kondensator dengan frekuensi resonansi tinggi. Biasanya keramik 100 nF yang dipasang sedekat mungkin pada pena IC. Dalam sistem praktis, satu kondensator dekopling digunakan setiap empat IC tipe gerbang dan satu kondensator untuk setiap dua IC MSI.

Dekopling frekuensi isyarat emitor[sunting | sunting sumber]

Digunakan untuk mencegah pengurangan penguatan pada frekuensi rendah. Yaitu dengan mencegah isyarat muncul di emitor.