Daratan Selatan dan Antarktika Prancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daratan Selatan dan Antarktika Prancis

Territoire des Terres australes et antarctiques françaises  (TAAF)
Bendera Daratan Selatan dan Antarktika Prancis
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
Semboyan"Liberté, égalité, fraternité" (Prancis) (Inggris: "Liberty, equality, fraternity")
Lagu kebangsaanLa Marseillaise
("The Marseillaise")
Ibu kotaSaint Pierre, Réunion
(kantor pusat, tidak ditugaskan secara geografis)
43°00′S 67°00′E / 43.000°S 67.000°E / -43.000; 67.000Koordinat: 43°00′S 67°00′E / 43.000°S 67.000°E / -43.000; 67.000[1]
PemukimanPort-aux-Français
Bahasa resmiPrancis
Pemerintahan
Emmanuel Macron
• Prefek, Atasan Administrator
Florence Jeanblanc-Risler
• Sekretaris Jenderal
Thierry Dousset[2]
LegislatifDewan Penasihat TAAF
Wilayah seberang laut
• Tahun
1955
Luas
 - Total
439,666,4 km2
Populasi
 - Perkiraan
Secara resmi 200~400 ilmuwan permanen dan personil militer[3]
No permanent population[4]
Mata uangEuro (€)
(EUR)
Zona waktu
(UTC)
Ranah Internet.tf
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Daratan Selatan dan Antarktika Prancis (Prancis: Terres australes et antarctiques françaises, disingkat TAAF) terdiri dari:

  1. Serangkaian kepulauan vulkanik di Samudra Hindia selatan, sebelah tenggara Afrika;
  2. Daratan Adélie, wilayah yang diklaim oleh Prancis di Antarktika;
  3. Kepulauan di Samudra Hindia.

Wilayah ini terkadang disebut sebagai Tanah Selatan Prancis (Prancis: Terres australes françaises) atau Wilayah Selatan Prancis,[5] biasanya untuk menekankan non-pengakuan kedaulatan Perancis atas Daratan Adélie sebagai bagian dari Sistem Traktat Antarktika.[4]

Seluruh wilayah tidak memiliki penduduk yang menetap secara permanen. Sekitar 150 (di musim dingin) hingga 310 (di musim panas) orang biasanya hadir di Daratan Selatan Prancis dan Antartika kapan saja, tetapi mereka sebagian besar terdiri dari personel militer, pejabat, peneliti ilmiah, dan staf pendukung.[6]

Pada tanggal 5 Juli 2019, Kepulauan Crozet, Kerguelen, Saint Paul, dan Amsterdam ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO sebagai "Tanah dan Laut Austral Prancis" karena hutan belantaranya yang masih asli, keanekaragaman hayati, dan koloni burung yang sangat besar.[7]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Beberapa pulau di wilayah ini awalnya ditemukan sebagai bagian dari jalur laut ke India. Portugis menemukan Île Saint-Paul pada abad keenam belas; pada abad ketujuh belas, Belanda menjadi yang pertama mendarat di (dan nama) Pulau Amsterdam. Orang Prancis menemukan Kepulauan Crozet beberapa waktu kemudian, pada abad kedelapan belas; pulau-pulau lain juga pertama kali dieksplorasi oleh orang Eropa dalam jangka waktu ini.

Administrasi[sunting | sunting sumber]

Daratan Selatan dan Antartika Prancis telah membentuk territoire d'outre-mer (wilayah seberang laut) Prancis sejak 1955. Sebelumnya, mereka dikelola dari Paris oleh superieur administrator yang dibantu oleh sekretaris jenderal; sejak Desember 2004, bagaimanapun, administrator mereka telah menjadi prefek, yang saat ini di jabat oleh Charles Giusti,[8] dengan kantor pusat di Saint Pierre di Pulau Réunion.

Administrasi TAAF, French Polar Institute Paul-Émile Victor (IPEV) dan Angkatan Laut Prancis bersama-sama mengoperasikan pemecah es Astrolabe yang berbasis di Reunion . Kapal tersebut digunakan untuk membawa personel dan perbekalan ke Stasiun Dumont d'Urville dan untuk tugas penelitian dan patroli.[9]

Wilayah ini dibagi menjadi lima distrik:

Distrik Pusat administrasi Populasi Area EEZ
Musim dingin Musim panas (km2)
Daratan Adélie Stasiun Dumont d'Urville 30 110 432,000
Kepulauan Crozet Alfred Faure 25 45 352 567,475
Kepulauan Kerguelen Port-aux-Français 70 110 7,215 563,869
Saint Paul dan Kepulauan Amsterdam Martin-de-Viviès 25 45 61 502,533
Pulau yang Tersebara Saint Pierreb, Réunion 56 56 38.4 640,400
TAAF Saint Pierrec, Réunion 206 366 439,666.4 2,274,277

a Menurut undang-undang baru 2007-224 tanggal 21 Februari 2007, Kepulauan Tersebar merupakan distrik kelima TAAF.[10] Situs web TAAF tidak menyebutkan populasi mereka. Data tidak termasuk dalam total.
b Stasiun utama "Kepulauan Tersebar" ada di Pulau Tromelin. Markas besar bupati terletak di seberang TAAF, di Saint Pierre di Pulau Réunion.
c Stasiun utama Territory adalah Martin-de-Viviès di Pulau Amsterdam. Ibukota dan markas besar administrator teritorial terletak di luar TAAF, di Saint Pierre di Pulau Réunion.

Setiap distrik dikepalai oleh seorang bupati, yang memiliki kekuasaan yang mirip dengan walikota Prancis (termasuk mencatat kelahiran dan kematian dan menjadi petugas polisi yudisial).

Karena tidak ada penduduk tetap, tidak ada majelis terpilih, juga tidak ada wilayah yang mengirim perwakilan ke parlemen nasional.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Peta Daratan Antarktika dan Selatan Prancis.
Daratan Adélie (di Antarktika) dan Banc du Geyser dan Bassas da India (di kabupaten Îles Éparses) tidak ditampilkan.
Kerguelen kubis ada di Île Mayès, Kerguelen

Wilayahnya meliputi Pulau Amsterdam, Pulau Saint Paul, Kepulauan Crozet, dan Kepulauan Kerguelen di selatan Samudera Hindia dekat 43°LS, 67°BT, bersama dengan Daratan Adélie, sektor Antarktika yang diklaim oleh Prancis, dan dinamai oleh penjelajah Prancis Jules Dumont d 'Urville.

Daratan Adélie (sekitar 432.000 km2 or 167.000 sq mi) dan pulau-pulaunya, berjumlah 7.781 km2 (3.004 sq mi), dan tidak memiliki penduduk asli, meskipun pada tahun 1997 di sana ada sekitar 100 peneliti yang jumlahnya bervariasi dari musim dingin (Juli) hingga musim panas (Januari).

Pulau Amsterdam dan Pulau Saint Paul terbentuk dari aktifitas gunung berapi dan telah digambarkan sebagai ekoregion padang rumput beriklim sedang di Kepulauan Amsterdam dan Kepulauan Saint-Paul. Titik tertinggi di wilayah tersebut adalah Mont Ross di Pulau Kerguelen dengan ketinggian sekitar 1.850 m (6.070 ft). Hanya ada sedikit landasan udara di pulau-pulau itu, dan hanya ada di pulau-pulau dengan stasiun cuaca, dan garis pantai sepanjang 1.232 km (766 mi) dan tidak memiliki pelabuhan.

Volcan du Diable di Grande Terre, Kerguelen

Pulau-pulau di Samudra Hindia dipasok oleh kapal khusus Marion Dufresne yang berlayar dari Le Port di Réunion. Terre Adélie dipasok oleh L'Astrolabe yang berlayar keluar dari Hobart di Tasmania.

Namun, wilayah tersebut memiliki armada angkatan laut yang berdagang dengan total (tahun 1999) 2.892.911 GRT/5.165.713 ton bobot mati (DWT), termasuk tujuh kapal curah, lima kapal kargo, sepuluh kapal tanker kimia, sembilan kapal kontainer, enam kapal pengangkut gas cair, 24 kapal tanker minyak, satu kapal kargo berpendingin, dan sepuluh kapal pengangkut roll-on-roll-off (RORO). Armada ini dipertahankan sebagai bagian dari daftar Prancis yang memungkinkan kapal milik Prancis beroperasi di bawah peraturan perpajakan dan pengawakan yang lebih liberal daripada yang diizinkan di bawah daftar utama Prancis.[per kapan?] Dan semuanya digantikan oleh International French Register (Registre International Français, RIF).

Flora dan Fauna[sunting | sunting sumber]

Penetapan
Nama resmiFrench Austral Lands and Seas
KriteriaAlam: (vii), (ix), (x)
Ditetapkan2019 (musim ke-43)
No. referensi1603
WilayahEropa Barat
Nama resmiRéserve Naturelle Nationale des Terres Australes Francaises
Ditetapkan15 September 2008
No. referensi1837[11]

Karena keterasingannya, pulau-pulau Prancis di Samudra Hindia bagian selatan merupakan salah satu kawasan hutan belantara besar terakhir yang tersisa di Bumi.[12] Selain itu, pulau-pulau tersebut terletak di sepanjang Konvergensi Antarktika, di mana upwelling menciptakan perairan yang kaya nutrisi.[13] Akibatnya, burung dan mamalia laut berkumpul di pulau-pulau itu dalam jumlah besar. Lebih dari 50 juta burung dari 47 spesies berkembang biak di pulau-pulau tersebut, termasuk lebih dari setengah populasi berkembang biak dari 16 spesies berbeda. Populasi terbesar penguin raja dan albatros hidung kuning India yang terancam punah di Bumi, dan masing-masing ditemukan di Kepulauan Crozet dan Pulau Amsterdam. Spesies burung terancam lainnya dengan populasi penting di pulau-pulau tersebut termasuk Eaton's pintail, MacGillivray's prion, dan Amsterdam albatross, yang merupakan salah satu dari empat spesies burung endemik di kelompok pulau.

Karena isolasi dan lokasi subkutubnya, Tanah Selatan Prancis relatif merusak vegetasi, yang Saint-Paul dan Crozet tidak memiliki spesies pohon atau semak asli.[14] Namun, delapan dari 36 spesies tanaman tingkat tinggi adalah endemik.[15] Beberapa spesies invertebrata endemik juga telah tercatat di pulau-pulau tersebut, termasuk ngengat dan lalat yang kehilangan sayapnya karena tidak adanya predator.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Representasi proporsional dari ekspor Tanah Prancis Selatan dan Antartika, 2019

Sumber daya alam wilayah ini terbatas pada ikan dan krustasea. Kegiatan ekonomi terbatas pada melayani meteorologi dan geofisika stasiun penelitian dan armada penangkapan ikan Perancis dan lainnya.

Sumber daya ikan utama adalah patagonian toothfish dan spiny lobster. Keduanya diburu oleh armada asing; karena itu, Angkatan Laut Prancis, dan terkadang dinas lainnya, berpatroli di zona tersebut dan menangkap kapal pemburu. Penangkapan tersebut dapat mengakibatkan denda berat dan/atau penyitaan kapal.

Prancis sebelumnya menjual lisensi perikanan asing untuk menangkap ikan gigi Patagonia; karena penangkapan ikan yang berlebihan, sekarang terbatas pada sejumlah kecil perikanan dari Pulau Réunion.

Wilayah ini memperoleh pendapatan sekitar 16 juta per tahun.

Kode[sunting | sunting sumber]

Wilayah Selatan Perancis (yaitu TAAF tidak termasuk Adélie Land) telah diberi kode negara berikut: FS (FIPS) dan TF (ISO 3166-1 alpha-2).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]



  1. ^ [http://www.geonames.org/1546748/french-southern-and-antarctic-lands.html French Southern and Antarctic Lands] in [Geonames.org (cc-by) Geonames.org (cc-by)]
  2. ^ Government of the French Republic (6 March 2020). "Arrêté du 6 mars 2020 portant nomination du secrétaire général des Terres australes et antarctiques françaises". legifrance.gouv.fr (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 6 April 2020. 
  3. ^ TAAF Collectivity. "Présentation des territoires". taaf.fr (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 19 October 2019. 
  4. ^ a b "Antarctica :: French Southern and Antarctic Lands". CIA.gov/Library/Publications/The-World-Factbook. CIA. 20 May 2020. Diakses tanggal 10 October 2018. 
  5. ^ "French Southern Territories". ISO.org. ISO. 26 November 2018. Diakses tanggal 12 July 2020. 
  6. ^ "The TAAF do not have any permanent population." "The French Southern and Antarctic Lands". French Southern and Antarctic Lands administration. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 May 2017. Diakses tanggal 31 May 2016. 
  7. ^ "Five sites inscribed on UNESCO's World Heritage List". UNESCO. 5 July 2019. 
  8. ^ Government of the French Republic (16 September 2020). "Décret du 16 septembre 2020 portant nomination du préfet, administrateur supérieur des Terres australes et antarctiques françaises - M. GIUSTI (Charles)". legifrance.gouv.fr (dalam bahasa Prancis). Diakses tanggal 28 August 2021. 
  9. ^ French Navy receives icebreaker and patrol vessel L'Astrolabe. Naval Today, 13 July 2017.Dikunjungi 2017-07-16.
  10. ^ "Les îles Éparses". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 2, 2007. Diakses tanggal 2007-03-03. 
  11. ^ "Réserve Naturelle Nationale des Terres Australes Francaises". Ramsar Sites Information Service. Diakses tanggal 25 April 2018. 
  12. ^ "French Austral Lands and Seas". UNESCO World Heritage Centre. United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization. Diakses tanggal 22 Jan 2022. 
  13. ^ French Austral Lands and Seas (Laporan). IUCN. April 2019. Diakses tanggal 22 Jan 2022. 
  14. ^ Larrue, Sébastien; Chadeyron, Julien; Faucon, Frédéric (19 January 2018). "Quelles origines à l'asylvatisme des îles volcaniques australes Crozet et Saint-Paul (Terres Australes et Antarctiques Françaises, océan Indien) ?". Cybergeo. doi:10.4000/cybergeo.28917alt=Dapat diakses gratis. 
  15. ^ Timaná, Martín E.; Lebouvier, Marc; Rouhan, Germinal (11 February 2019). "Sagina hookeri Timaná, sp. nov. (Caryophyllaceae), a new endemic species for the flora of Île Amsterdam (French Southern and Antarctic Lands)". Adansonia. 41 (1): 17. doi:10.5252/adansonia2019v41a2alt=Dapat diakses gratis.