Dan/atau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dan/atau atau disingkat datau[1] (Inggris: and/or) adalah sebuah konjungsi tata bahasa yang mengindikasikan bahwa satu atau lebih dari satu kemungkinan yang terhubung dapat terjadi. Istilah ini digunakan sebagai logika disjungsi atau exclusive or yang bersifat inklusif.

Dan/atau telah digunakan dalam penulisan resmi, hukum, dan bisnis sejak pertengahan abad ke-19, dan terdapat catatan bahwa penggunaannya meluas sejak abad ke-20.[2] Istilah ini banyak dikritik karena dirasa buruk dan ambigu, terutama dalam dokumen-dokumen hukum.

Kritik [sunting | sunting sumber]

Beberapa rujukan yang berbahasa Inggris mengkritik keras penggunaan istilah ini, sampai menyebutnya sebagai sebuah istilah yang buruk[3] dan bermuka dua.[4] William Strunk, Jr. dan E.B. White dalam karya mereka yang telah menjadi klasik The Elements of Style menyatakan bahwa dan/atau adalah sebuah "muslihat jalan pintas yang merusak sebuah kalimat dan sering kali membuat bingung atau ambigu".[5] Roy H. Copperud dalam A Dictionary of Usage and Style menyatakan bahwa frasa ini "banyak ditentang karena sifatnya yang legalistik".[6]


Alternatif[sunting | sunting sumber]

Dua macam alternatif dari dan/atau adalah:

  1. Menggantikannya dengan "x atau y atau keduanya."[3][5][4]
  2. Hanya menggunakan "dan" atau "atau" saja. .[4]

Kata "atau" tidak menunjukkan sebuah eksklusivitas yang timbal-balik, sementara kata "keduanya" dapat menunjukkan hal tersebut. Ketika "keduanya" digunakan sebagai konjungsi, kata tersebut dapat digunakan untuk merujuk pada dua elemen dalam sebuah kesatuan.[7]

Sehingga, kalimat "dia akan memakan kue, pai, atau brownies akan mengindikasikan dengan baik bahwa pilihan-pilihan tersebut bersifat eksklusif yang timbal-balik. Jika fungsi dari "atau" telah jelas dari konteks kalimat tersebut, penggunaan "keduanya" sebagai konjungsi tidak diperlukan, sebagaimana contoh ini:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hasil Pencarian - KBBI Daring". kbbi.kemdikbud.go.id. Diakses tanggal 2021-11-12. 
  2. ^ "and, conj.1, adv., and n.1". OED Online. Oxford University Press. March 2012. Diakses tanggal 16 March 2012. 
  3. ^ a b Fowler, H.W. (1982). A dictionary of modern English usage (edisi ke-2nd ed., rev. by Sir Ernest Gowers.). Oxford, Eng.: Clarendon Press. ISBN 0-19-869115-7. 
  4. ^ a b c "5.250". Good usage versus common usage. The Chicago Manual of Style Online (edisi ke-17th). University of Chicago Press. 
  5. ^ a b Strunk, Jr., William; White, E. B. (1982). Elements of Style (edisi ke-3rd). New York: Macmillan. ISBN 0-02-418190-0. 
  6. ^ Jane Straus, Lester Kaufman & Tom Stern, The Blue Book of Grammar and Punctuation (11th ed.), p. 22.
  7. ^ The American Heritage Book of English Usage. "Grammar: Traditional Rules, Word Order, Agreement, and Case" Diarsipkan June 18, 2006, di Wayback Machine. bartleby.com URL accessed on August 31, 2006.