Daftar perusahaan perangkat lunak besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Beberapa daftar dibuat untuk memberi tinjauan mengenai perusahaan-perusahaan perangkat lunak besar, biasa disebut vendor perangkat lunak independen (ISV), di dunia. Daftar ini memiliki perbedaan metodologi komposisi yang dipakai dan menampilkan perbedaan baik pada perusahaan terdaftar dan peringkat perusahaan tersebut.

Forbes Global 2000[sunting | sunting sumber]

Forbes Global 2000 adalah daftar peringkat tahunan 2000 perusahaan umum terbesar di dunia yang dirangkum oleh majalah Forbes, berdasarkan empat penilaian: penjualan, laba, aset, dan nilai pasar. 10 perusahaan terbesar pada daftar tahun 2012 untuk indusri "Perangkat Lunak & Pemrograman" adalah:[1]

  1. Microsoft
  2. Oracle
  3. SAP
  4. Symantec
  5. CA
  6. VMware
  7. Adobe Systems
  8. Intuit

Software Top 100[sunting | sunting sumber]

Software 500 adalah daftar peringkat tahunan yang dirangkum oleh Software Top 100. Majalah ini mengirimkan permintaan data tahunan yang berarti perusahaan mengisi data mereka sendiri lewat Internet. Software Top 100 berfokus pada perusahaan perangkat lunak global. Perusahaan-perusahaan diperingkatkan menurut hasil penjualan perangkat lunak & jasa. Daftar ini mencakup perusahaan umum dan swasta.

10 perusahaan teratas dalam daftar tersebut adalah:[2]

  1. Microsoft
  2. IBM
  3. Oracle
  4. SAP AG
  5. Ericsson
  6. Hewlett-Packard
  7. Symantec
  8. Nintendo
  9. Activision Blizzard
  10. EMC Corporation

Daftar lain[sunting | sunting sumber]

Firma riset teknologi seperti Gartner dan IDC membuat daftar yang hanya tersedia jika dibeli. Pemeringkatan mereka dilakukan berdasarkan hasil penjualan.

Sejumlah bank data ritel, seperti Nielsen, menjual daftar perangkat lunak prapaket paling populer yang terjual di toko-toko eceran pada waktu tertentu. Daftar mereka dibuat berdasarkan jumlah unit terjual atau turnover toko. Daftar mereka berfokus pada ritel dan tidak berisi penjualan perangkat lunak bisnis-ke-bisnis dan daring.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The World's Biggest Public Companies". Diakses 22 January 2012.  Select Software & Programming under "Filter by industry".
  2. ^ "Global Software Top 100 - Edition 2011". softwaretop100.org. Diakses 23 August 2011. 

Templat:Perusahaan TI besar