Daftar karakter Criminal Minds

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Berikut ini adalah daftar karakter serial televisi Criminal Minds, drama produksi stasiun CBS yang pertama kali ditayangkan pada tanggal 22 September 2005. Criminal Minds sampai tanggal 14 Mei 2014 terdiri dari sembilan musim (210 episode) dan season kesepuluh dimulai 1 Oktober 2014.

Karakter Utama[sunting | sunting sumber]

Emily Prentiss[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Paget Brewster, SSA Emily Prentiss adalah putri seorang diplomat Amerika Serikat.

Setelah Agen Elle Greenaway meninggalkan BAU, Prentiss muncul dengan berkas-berkas yang menyatakan bahwa dia adalah anggota terbaru BAU. Hal ini mengejutkan bagi Hotchner dan Gideon, karena tak satupun dari mereka yang menyetujui masuknya Prentiss. Prentiss baru diterima sebagai anggota BAU pada episode "Lessons Learned", dimana terbukti bahwa dia ternyata fasih berbahasa Arab.

Pada musim keenam episode 13 ("The Thirteenth Step"), Prentiss menerima kabar buruk dari bekas atasannya di Interpol, bahwa Ian Doyle, salah satu kasus yang ditangani Prentiss sewaktu di Interpol, kabur dari tahanan dan kemungkinan besar sedang menuju ke Amerika untuk balas dendam kepada Prentiss dan rekan-rekan satu timnya di Interpol yang berhasil menangkapnya waktu itu. Di episode berikutnya, "Sense Memory", ketika pulang kerja, Prentiss menyadari bahwa ada orang yang masuk ke rumahnya karena kucingnya basah dan ada satu jendela yang terbuka. Dia juga menerima beberapa panggilan telepon tak dikenal. Prentiss kemudian memalsukan kematiannya, demi menghindari Doyle. Hanya Hotchner dan JJ yang mengetahui bahwa Prentiss sebenarnya masih hidup.

Pada episode perdana musim ketujuh ("It Takes a Village"), Emily kembali ke BAU ketika Doyle muncul kembali. Dan di akhir musim ketujuh, Emily (lagi-lagi) meninggalkan BAU untuk kembali bekerja di kantor Interpol di London.

Jennifer Jareau[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh A.J. Cook, Supervisory Special Agent (SSA) Jennifer "JJ" Jareau adalah penghubung tim BAU dengan media dan polisi lokal. JJ dan detektif William LaMontagne, Jr. (Josh Stewart) memiliki seorang anak bernama Henry (Mekhai Andersen). JJ bertemu dengan William ketika tim BAU diperbantukan untuk sebuah kasus di New Orleans di musim kedua, episode "Jones". Mereka berdua menikah di akhir musim ketujuh.

Pada episode kedua di musim keenam, JJ dipaksa untuk menerima tawaran Pentagon dan meninggalkan BAU sampai episode terakhir di musim ini. JJ kembali muncul pada episode "Lauren" di musim ketujuh, dimana dia dimintai tolong untuk membantu BAU menemukan Emily Prentiss dan menangkap Ian Doyle. Ketika Emily ditikam oleh Doyle dan segera dilarikan ke rumah sakit, Jennifer mengumumkan bahwa Emily meninggal.

Namun kemudian diceritakan bahwa Emily masih hidup dan JJ bertemu dengannya di sebuah cafe di Paris, dimana JJ memberikan paspor dan rekening bank yang baru untuk Emily memulai hidup barunya dalam pelarian.

JJ adalah agen yang sangat protektif terhadap keluarganya, dan kepedulian itu juga diperlihatkan terutama ketika menghadapi kasus keluarga atau korban anak-anak

Spencer Reid[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Matthew Gray Gubler, SSA Dr. Spencer Reid adalah seorang jenius yang lulus dari SMA Las Vegas pada usia 12 tahun. Dia selalu diperkenalkan sebagai Dr. Reid oleh tim BAU (yang lain diperkenalkan sebagai 'Agen') karena SSA Jason Gideon memahami bahwa orang lain tidak akan menganggap Reid dengan sepatutnya ketika melihat usia Reid yang sangat muda. Saat berkenalan, Reid tidak pernah berjabat tangan.

Diketahui kemudian bahwa Reid memiliki gelar Ph.D. di bidang Matematika, Kimia dan Teknik, gelar B.A. di bidang Psikologi dan Sosiologi,dan mengejar gelar B.A. di jurusan Filosofi. Reid mengklaim dirinya memiliki eidetic memory, dan menyadari bahwa kemungkinan besar dia akan terkena schizoprenia, seperti ibunya.

Penelope Garcia[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Kirsten Vangsness, Penelope Garcia adalah Analis Teknis untuk markas BAU di Quantico. Penelope adalah seseorang yang menyenangkan, modis, dan sering kali mengedepankan sifat humorisnya ketika berhubungan dengan rekan-rekan satu timnya di BAU.

Meski nama belakangnya Garcia, Penelope bukanlah keturunan hispanik. Garcia adalah nama ayah tirinya.

Penelope kehilangan kedua orangtuanya ketika berusia 18 tahun. Seusai kuliah Penelope menjadi seorang peretas dan bergabung dengan peretas-peretas terbaik di dunia. Setelah tertangkap oleh FBI, ia diberi pilihan: dipenjara seumur hidup atau bergabung dengan BAU sebagai analis. Penelope menjalin hubungan dengan Kevin Lynch, yang juga bekerja di FBI. Meski demikian, hubungan Penelope dengan Derek Morgan juga sangat dekat. Penelope tampak sedikit cemburu ketika Derek dekat dengan seorang wanita. Sementara Derek juga tampak enggan ketika Kevin meminta pendapatnya tentang keinginannya melamar Penelope.

Penelope sempat menggantikan tugas Jennifer Jareau sebagai penghubung media (bergantian dengan Aaron Hotchner) ketika JJ bekerja di Pentagon, dan kemudian menyerahkan posisi ini ketika JJ kembali bergabung dengan BAU.

David Rossi[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Joe Mantegna, Senior SSA David Rossi, adalah salah satu agen pertama yang terlibat dalam pembentukan BAU. David semula mengajukan pensiun dini dan kemudian menulis buku dan menjadi dosen tamu di berbagai tempat. Tahun 2007 David dengan sukarela kembali ke BAU untuk menggantikan Jason Gideon yang berhenti secara tiba-tiba.

David juga kembali ke BAU untuk sebuah kasus yang telah menghantuinya selama 20 tahun, yaitu tentang tiga orang bersaudara yang orang tuanya terbunuh ketika rumah mereka diserang oleh orang tak dikenal. Pada akhirnya David dapat menyelesaikan kasus ini.

Karakter terdahulu[sunting | sunting sumber]

Jason Gideon[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Mandy Patinkin, Senior SSA Jason Gideon adalah profiler terbaik BAU. Ia membantu Derek Morgan dan Spencer Reid melewati mimpi-mimpi buruk mereka. Gideon memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Reid, memilih Reid langsung dari akademi FBI untuk bergabung dengan timnya, membantu Reid melewati beberapa masa sulit (termasuk ketergantungan obat), bahkan meninggalkan surat perpisahan untuk Reid, karena Gideon tahu bahwa Reid-lah orang pertama yang akan mencarinya.

Gideon tidak terlalu mengenal Penelope Garcia, seperti terlihat di salah satu episode saat Gideon harus menggunakan kruk; Garcia mengeluh tentang keberadaan Gideon di ruang kerjanya, dan Gideon pun tampak kesulitan untuk mengingat nama Garcia.

Gideon digambarkan sangat lihai bermain catur, hampir selalu menang saat bermain melawan Reid dan selalu mendorong Reid untuk 'berpikir di luar kotak'.

Sebelum serial ini dimulai, dikisahkan Gideon sempat depresi setelah dia menyuruh enam orang memasuki gudang dan ternyata ada bom di dalamnya; keenam agen tersebut terbunuh dan dia mendapat kritikan pedas tentang kejadian itu.

Gideon sangat membenci kejahatan yang dilakukan atas nama agama.

Gideon sering terlibat dalam kegiatan di lapangan selama berada di BAU dan selalu menekankan pentingnya 'berpikir di luar kotak' kepada segenap anggota timnya.

Gideon memiliki seorang putra bernama Stephen. Tetapi hubungan ayah-anak ini tidak terlalu jelas diceritakan. Hanya sekilas disinggung bahwa mereka sudah lama tidak bertatap muka E215.

Gideon mulai kehilangan kepercayaan diri dalam tugasnya setelah Frank Breitkopf membunuh kekasihnya, Sarah Jacobs. Dalam kasusnya yang terakhir di Arizona, ia semakin kehilangan keyakinan akan kemampuannya sebagai profiler, setelah keputusannya untuk melepaskan tersangka justru berbuntut pada kematian tersangka itu sendiri dan seorang wanita muda. Karena keputusan itu, Aaron Hotchner, sebagai kepala unit, diberi sanksi, dan inilah yang menjadi pemicu Gideon untuk mengundurkan diri. Ia meninggalkan rumahnya segera setelah kejadian tersebut, meninggalkan senjata, lencana dan sepucuk surat untuk Reid.

Elle Greenaway[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Lola Glaudini, SSA Elle Greenaway sebelumnya ditugaskan di kantor FBI Seattle dan ditugaskan di BAU karena dia adalah ahli di bidang kejahatan seksual.

Ayahnya polisi namun terbunuh saat bertugas. Dia berdarah Kuba dan mampu berbahasa Spanyol.

Elle tertembak oleh seorang tersangka E122. Meski secara fisik dia sembuh, tapi secara psikologis peristiwa tersebut masih meninggalkan luka E201.

Sebagai akibat dari kejadian itu, Elle mulai bertindak keras di musim kedua, terutama dalam sebuah kasus yang melibatkan seorang pemerkosa. Puncaknya, dia membunuh tersangka sebelum si tersangka ditangkap sesuai hukum yang berlaku E205.Elle kemudian menyerahkan senjata dan lencananya, dan mengatakan bahwa ia tidak menyesal melakukan hal tersebut E206.

Ashley Seaver[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Rachel Nichols. Ashley Seaver adalah seorang kadet FBI yang ditugaskan di BAU. Ayahnya, Charles Beauchamp, adalah seorang pembunuh berantai dari North Dakota, yang dikenal dengan nama 'the Redmond Ripper', telah membunuh 25 orang perempuan dalam 10 tahun. Ini terjadi ketika Ashley masih kecil. Charles kemudian berhasil ditangkap oleh David Rossi dan Aaron Hotchner. Ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Ashley belum pernah sekalipun menjenguknya di penjara. Meski demikian terkadang Charles menulis surat untuk putrinya itu. Ashley tidak pernah membacanya, tetapi ia tetap menyimpan surat-surat ayahnya tersebut dan mengakui bahwa ia tidak pernah bisa membencinya.

Di episode "What Happens at Home", BAU menyelidiki serangkaian pembunuhan dalam sebuah perumahan elit dan membawa serta Ashley karena pengalamannya dalam menghadapi dinamika keluarga seorang pembunuh berantai. Pada akhirnya, si tersangka bunuh diri di depannya. Pada episode berikutnya diceritakan Ashley meminta sisa pelatihan yang harus dilaluinya dilakukan di BAU, dan menjadi bagian dari tim. Menjelang akhir musim keenam dikisahkan Ashley akhirnya lulus dari akademi FBI.

Pada episode pertama musim ketujuh, disebutkan bahwa Ashley dipindahkan ke divisi Penyelundupan Domestik yang dipimpin Andi Swann.

Dr. Alex Blake[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Jeanne Tripplehorn, Alex Blake adalah ahli linguistik FBI, diperkenalkan di musim kedelapan untuk menggantikan Emily Prentiss.

Blake adalah lulusan Berkeley. Direkrut FBI ketika masih berumur 24 tahun. Blake juga mengajar linguistik forensik di Georgetown dan juga sebagai SSA di kantor FBI Washington.

Masuknya Blake mendapat beragam reaksi dari anggota BAU, karena kedekatan tim terhadap Prentiss. Blake bergabung dengan BAU untuk memulihkan reputasinya setelah Blake dianggap bertanggung jawab atas kejadian salah tangkap untuk kasus Amerithrax dan Kepala Bidang Erin Strauss membiarkan Blake menerima tuduhan itu. Akibatnya, hubungan Blake dan Strauss memburuk, dan Strauss menganggap bergabungnya Blake dengan BAU karena alasan pribadi. Namun kemudian mereka berdamai.

Sementara itu, karena kemampuannya beradaptasi dengan tim, anggota BAU lain segera menerimanya dengan baik.

Tak lama kemudian, Blake mendapat ancaman dari pembunuh berantai, John Curtis, yang juga dikenal dengan 'The Replicator', mantan agen FBI yang dipecat tidak hormat karena kasus Amerithrax. Curtis iri terhadap Blake karena Blake bisa memulihkan reputasinya selepas kasus itu, sementara dia tidak. Curtis membunuh Strauss, menculik Blake, dan mencoba meledakkan semua anggota BAU. Tetapi akhirnya tim BAU bisa menyelamatkan Blake, dan Rossi mengunci Curtis di dalam rumah berisi bom yang semula hendak digunakan Curtis untuk membunuh anggota BAU.

Pada episode "Bully" musim kesembilan, terungkap bahwa hubungan Blake dengan ayahnya, Damon (pensiunan kapten polisi Kansas) dan adiknya, Scott (detektfi polisi Kansas) tidak terlalu dekat. Setelah kematian kakaknya, Danny (polisi yang meninggal ketika bertugas) dan ibunya, membuat Blake merasa tersiksa ketika hidup berdekatan dengan ayah dan adiknya itu, sehingga Blake pun menjaga jarak. Meski demikian, ketika Scott terluka karena seorang tersangka, kakak-beradik ini pun berbaikan, dan di akhir episode, Blake juga berbaikan dengan ayahnya ketika dirinya dan anggota BAU lain menghadiri pesta barbekyu di rumah Damon.

Pada 2 episode terakhir musim kesembilan, "Angels" dan "Demons", Blake merasa tertekan ketika Reid tertembak di bagian leher oleh seorang tersangka setelah mendorong Blake untuk menjauh. Blake berkata seharusnya dialah yang tertembak. Kemudian Blake semakin tertekan ketika seorang anak laki-laki dijadikan sandera oleh si tersangka.

Meski kemudian Reid selamat, Blake sangat terguncang dengan kasus ini. Dia bercerita kepada Reid bahwa Reid serta anak laki-laki yang dijadikan sandera itu mengingatkan dia pada putranya Ethan yang meninggal karena gangguan saraf di usia sembilan tahun. Rasa bersalah Blake karena Reid yang hampir saja meninggal karena dirinya, membuat Blake putus asa. Di akhir episode "Demons" dia terlihat duduk terpisah dari anggota tim lain, dan mengirimkan sms pengunduran dirinya kepada Hotchner. Setelah mengantar Reid pulang, bercerita tentang Ethan, Reid menemukan lencana Blake di tasnya, dan memandang Blake pergi dari jendela, merasa sedih namun dapat menerima keputusannya.

Aaron Hotchner[sunting | sunting sumber]

Diperankan Thomas Gibson, Spesial Agen dan Kepala Unit Aaron "Hotch" Hotchner semula adalah penuntut umum yang bertugas di kantor FBI Seattle. Setelah beberapa waktu, Aaron ditugaskan untuk memimpin Behavioural Analysis Unit (BAU) di Markas Besar FBI di Quantico, Virginia.

Aaron dan istrinya Haley (Meredith Monroe) memiliki seorang anak bernama Jack (Cade Owens). Meski kemudian bercerai, hubungan Aaron dan Haley tetap baik, sampai akhirnya Haley dibunuh oleh George Foyet (C. Thomas Howell).

Usaha Aaron untuk menyeimbangkan antara keluarga dan pekerjaannya menjadi salah satu permasalahan yang sering diangkat dalam serial ini.

Derek Morgan[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Shemar Moore, Agen Derek Morgan berkarakter tegas dan percaya diri. Ayahnya kulit hitam dan ibunya berkulit putih. Derek mendapatkan beasiswa sepak bola (American football) dari Universitas Northwestern, pemegang sabuk hitam judo, membuka kelas pertahanan-diri di FBI, dan pernah tergabung dalam tim gegana di kepolisian Chicago. Pada musim kedua (episode "Profiler, Profiled) diceritakan bahwa ketika usianya 10 tahun, setelah kematian ayahnya, Derek terlibat kenakalan remaja. Kemudian dia ditampung oleh Carl Buford (Julius Tennon), koordinator organisasi pemuda lokal, yang bertindak sebagai pengganti ayah bagi Derek, membantu dirinya meraih beasiswa. Tetapi ternyata Carl juga melecehkan Derek secara seksual.

Aaron Hotchner mempromosikan Derek sebagai kepala unit untuk menggantikannya, promosi yang hanya bersifat sementara, sampai tertangkapnya "Boston Reaper". Aaron kembali menjadi kepala unit seusai menjalani masa berkabung untuk mantan isterinya.

Kate Callahan[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Jennifer Love Hewitt, Kate Callahan telah bekerja sebagai agen FBI yang menyamar selama delapan tahun, dimana dia telah menjalin pertemanan dengan anggota BAU yang lain. Kakak perempuan dan iparnya terbunuh dalam serangan 9/11, menjadikan Kate sebagai wali dari bayi perempuan mereka, Meg. Selama tiga belas tahun Kate dan suaminya menempatkan Meg dalam asuhan mereka.

Tragedi 9/11 ini menjadikan Kate memiliki jiwa patriotisme tinggi. Ia digambarkan sebagai orang yang cerdas, menyenangkan, dan bijak untuk orang seusianya dan memiliki keinginan kuat untuk menjadikan dunia ini tempat yang lebih aman, menurut penulis cerita ini Erica Messer.

Karakter pendamping[sunting | sunting sumber]

Saat ini[sunting | sunting sumber]

Agen Grant Anderson[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Brian Appel, Agen Anderson muncul di episode "Plain Sight" (1x04),"The Fisher King" (1x22 dan 2x01), "The Big Game" (2x14), "Honor Among Thieves" (2x20), "The Crossing" (3x18), "100" (5x09), "The Slave of Duty" (5x10), "Hope" (7x08), "Hit" (7x23), "Run" (7x24), "Carbon Copy" (8x16), "The Replicator" (8x24), "To Bear Witness" (9x04), dan "200" (9x14).

Agen Anderson diminta untuk mengantarkan Agen Elle Greenaway pulang dalam episode "The Fisher King", tetapi Anderson hanya menurunkan Elle di pintu depan kemudian pergi. Elle ditembak oleh "Fisher King" yang sudah menunggunya di dalam rumah. Hotch memberi teguran padanya dan segera menyuruhnya kembali ke kediaman Elle.

Agen Josh Cramer[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Gonzalo Menendez. Agen Josh Cramer bertugas di kantor FBI Baltimore, Maryland. Episode dengan setting Baltimore,yaitu "Natural Born Killer" (1x08) dan "Honor Among Thieves" (2x20) menampilkan dia berafiliasi dengan BAU.

Diana Reid[sunting | sunting sumber]

Diperankan oleh Jane Lynch. Diana Reid adalah ibu Spencer Reid. Ia pertama kali muncul sebagai target pembunuh berseri Randall Garner, lelaki yang menembak Elle Greenaway E122.

Seperti putranya, Diana adalah seorang jenius ber-IQ tinggi. Dia berprofesi sebagai dosen bahasa Inggris, tetapi berhenti ketika didiagnosis menderita schizophrenia.

Saat berusia 18 tahun, Spencer terpaksa memasukkan ibunya ke Sanitarium Bennington di Las Vegas. Dari waktu ke waktu, Spencer selalu berusaha meluangkan waktu untuk menjenguk ibunya, bahkan menulis surat setiap hari, sebagai kompensasi tidak bisa berada di sisi ibunya setiap saat.

Suami Diana, William Reid, meninggalkan keluarganya saat Spencer masih kecil, ketika William mengetahui bahwa Diana menjadi saksi pembunuhan yang dilakukan kenalan mereka. Meski memahami bahwa kenalan mereka itu membunuh untuk membalaskan dendam atas kematian anaknya, William mengakui bahwa, "mengetahui apa yang terjadi adalah beban yang terlalu berat."