Da-Wen Sun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


孫大文
孙大文
Da-Wen Sun

Sun Dawen (Hanzi sederhana: 孙大文; Hanzi tradisional: 孫大文; pinyin: Sūn Dàwén|), atau lebih dikenal dengan nama Da-Wen Sun, adalah seorang profesor di bidang Teknik Pangan dan Biosistem di Universitas Dublin, National University of Ireland.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Lahir di daerah selatan Cina, Profesor Da-Wen Sun adalah seorang pakar dunia di bidang penelitian dan pendidikan keteknikan pangan. Kegiatan utama penelitiannya meliputi proses pendinginan, pengeringan, proses dan sistem refrigerasi, kualitas dan keamanan produk-produk pangan, simulasi dan optimasi bioproses, serta teknologi visualisasi komputer. Lebih khusus lagi, studi-studinya mengenai pendinginan vakum dari daging masak, inspeksi kualitas pizza dengan menggunakan visualisasi komputer, dan lapisan film edibel untuk memperpanjang umur simpan bermacam-macam buah dan sayuran telah banyak diberitakan oleh media nasional maupun internasional. Hasil-hasil kerjanya telah dipublikasikan di lebih dari 180 grup jurnal penelitian dan lebih dari 200 makalah seminar.

Dia mendapatkan gelar kehormatan kelas satu untuk sarjana (BSc) dan master (MSc) di Departemen Teknik Mekanika, dan gelar PhD di Keteknikan Kimia di Cina, sebelum bekerja di berbagai universitas di Eropa. Dia menjadi orang Cina pertama yang dipekerjakan secara permanen di Universitas Irish ketika ditunjuk menjadi dosen di National University of Ireland, Dublin (Universitas Dublin) pada tahun 1995, dan kemudian dipromosikan dalam waktu yang sangat singkat menjadi dosen senior, associate professor, dan profesor penuh. Dr Sun sekarang merupakan profesor di bidang Teknik Pangan dan Biosistem serta Direktur Grup Penelitian mengenai Refrigerasi Makanan dan Teknologi Pangan Terkomputerisasi di Universitas Dublin.

Sebagai pendidik yang unggul di bidang keteknikan pangan, Profesor Sun telah berkontribusi secara nyata di bidang keteknikan pangan. Dia telah melatih banyak mahasiswa PhD, yang masing-masing memberikan kontribusi di industri maupun lingkungan pendidikannya. Dia juga telah banyak memberikan kuliah dalam perkembangan keteknikan pangan sebagai basis reguler di institusi-institusi pendidikan internasional dan menyampaikan makalah kunci (keynote speeches) di seminar-seminar internasional. Sebagai orang yang dikenal memiliki otoritas di bidang keteknikan pangan, dia telah banyak diundang/diajak berkonsultasi bersama dengan para profesor dari 10 universitas terbaik di Cina meliputi Zhejiang University, Shanghai Jiaotong University, Harbin Institute of Technology, China Agricultural University, South China University of Technology, Jiangnan University dan lain-lain. Sebagai pengakuan terhadap kontribusi nyata yang telah diberikan di bidang keteknikan pangan secara global dan untuk kepemimpinannya yang sangat baik di bidangnya, komisi internasional untuk keteknikan pertanian (CIGR) memberikannya penghargaan CIGR Merit Award pada tahun 2000dan sekali lagi pada tahun 2006, sedangkan institusi insinyur mekanika (IMechE) yang ada di UK memberikan julukan kepadanya “Food Engineer of the Year 2004”, pada tahun 2008 dia dianugrahi penghargaan CIGR Recognition Award sebagai penghormatan atas prestasi-prestasinya sebagai salah satu dari satu persen peneliti terbaik di bidang keteknikan pangan di dunia.

Dia adalah anggota Institution of Agricultural Engineers. Dia juga telah menerima berbagai penghargaan untuk keunggulan pengajaran dan penelitian, termasuk President’s Research Fellowship, dan telah dua kali mendapatkan President’s Research Award di University College Dublin. Dia adalah anggota dari Badan Eksekutif CIGR dan Wakil Presiden dari CIGR, Editor kepala untuk Food and Bioprocess Technology – sebuah Jurnal Internasional (Springer), Editor berkala dari “Contemporary Food Engineering” buku berseri (CRC Press / Taylor & Francis), mantan editor Journal of Food Engineering (Elsevier), dan anggota badan editorial dari Journal of Food Engineering (Elsevier), Journal of Food Process Engineering (Blackwell), Sensing and Instrumentation for Food Quality and Safety (Springer) dan Czech Journal of Food Sciences. Ia juga merupakan Chartered Engineer yang terdaftar di Badan Insinyur UK.

Karya yang dipublikasikan[sunting | sunting sumber]

Prestasi dan Penghargaan[sunting | sunting sumber]

  • CIGR Recognition Award, 2008, oleh CIGR (International Commission of Agricultural Engineering)
  • AFST(I) Fellow Award, 2007, oleh Asosiasi Peneliti Ilmu dan Teknologi Pangan (India)
  • CIGR Merit Award, 2006, oleh CIGR (International Commission of Agricultural Engineering)
  • President’s Research Fellowship, 2004/2005, di University College Dublin
  • Food Engineer of the Year Award, 2004, oleh The Institution of Mechanical Engineers, UK
  • Who’s Who in Engineering and Science, 2000 -
  • CIGR Merit Award, 2000, oleh CIGR (International Commission of Agricultural Engineering)
  • President’s Research Award, 2000/2001, di University College Dublin
  • Who’s Who in the World, 1999 -

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. UCD Professor tops the world rankings in Agriculture Sciences Diarsipkan 2008-09-15 di Wayback Machine.
  2. It’s cooler to work with a vacuum, FOOD manufacture magazine, pages 53–54, May 2004.
  3. Plus magazine: Fuzzy pizza
  4. The Times Higher Education Supplement: Pizza's perfect with chips
  5. New Scientist: We hear that…
  6. Pizza marketplace: Irish researchers develop perfect pizza scanner Diarsipkan 2007-08-13 di Wayback Machine.
  7. New Scientist: Soya film has fresh fruit all wrapped up
  8. UCD developing fruit and veg preserve, P. 12, Checkout Ireland, Vol. 28, No. 2, March, 2002 Diarsipkan 2017-11-25 di Wayback Machine.
  9. The Daily Telegraph: Soya skin keeps fruit fresh
  10. Irish Times: Chilling without the pressure Diarsipkan 2017-11-25 di Wayback Machine.
  11. Editor-in-Chief tops the world rankings in Agriculture Sciences!
  12. 神州学人: 华人学者孙大文居农业科学世界排名前列 Diarsipkan 2013-12-02 di Wayback Machine.
  13. 神州学人: 孙大文博士当选英国皇家“食品工程师年度人物”[pranala nonaktif permanen]
  14. 人民日报: 爱尔兰国立大学教授孙大文获英国“食品工程师年度人物” Diarsipkan 2012-04-06 di Wayback Machine.
  15. 新华网: 我心依然是中国心 Diarsipkan 2011-10-05 di Wayback Machine.
  16. 新华网: 孙大文当选英国皇家“食品工程师年度人物”
  17. 潮州日报: 农业科学带头人——记爱尔兰潮籍教授孙大文[pranala nonaktif permanen]
  18. 潮州日报: 站在世界食品工程研究领域之巅 - 孙大文博士当选英国皇家“食品工程师年度人物”[pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]