DHC-6

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah Twin Otter di Antartika.

DHC-6 Twin Otter adalah sebuah jenis pesawat penumpang sipil (airliner) sayap tinggi (high wing) yang paling sukses dalam sejarah program dirgantara Kanada.

Pengembangan pesawat jenis bermesin turboprop ini dimulai tahun 1964. Pesawat pertama yang diproduksi adalah Seri 100. Seri berikutnya, 200 meningkatkan performa STOL (short take-off and landing) serta menambah hidung pesawat yang lebih panjang dan kompartemen penyimpanan belakang yang diatur ulang. Seri 300 semakin meningkatkan performa pesawat dengan manambahkan mesin PT6A-27. Sejak pengambilalihan de Havilland Canada oleh Bombardier, Bombardier menyerahkan lisensi pembuatan pesawat bermesin turboprop ini dan perawatannya kepada Viking Air, yang kini terus memproduksi pesawat ini dengan varian terbaru, Series 400.

Perangkat pendaratan Twin Otter dapat diganti dengan pelampung atau ski, sehingga ia menjadi pesawat yang populer di Alaska dan sebelah utara Kanada. Pesawat bermesin turboprop ini di Indonesia, banyak dioperasikan di kawasan timur yang fasilitas bandaranya masih minim.

Artikel terkait
Pesawat sejenis

Antonov An-28 - Farchild Dornier 228 - GAF Nomad - Harbin Y-12 - IAI Arava - LET L-410 - Shorts SC.7 Skyvan

Seri pesawat
de Havilland Canada (DHC)

DHC-0 DHC-1 DHC-2 DHC-3 DHC-4 DHC-5 DHC-6 DHC-7 DHC-8 DHC-9