D'Cinnamons

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
D'Cinnamons
Asal Bandung, Indonesia
Genre Akustik
Tahun aktif 2004–sekarang
Label Aquarius Musikindo
Situs web http://www.dcinnamons.com/
Anggota Diana Widoera - Vokal, Gitar
Ismail Bonaventura - Backing vokal, Gitar, Dobro
Riana Mayasari - Backing vokal, Bass
Mantan anggota Louise Laura Lalitanaya - Backing vokal, Bass

D'Cinnamons adalah grup musik Indonesia yang menggunakan konsep unplugged acoustic dengan formasi dua gitar, satu bass, dan perkusi. Band ini mengedepankan konsep easy listening, khususnya dengan instrumen acoustic gitar dan vokal yang soulfull tapi natural. D'Cinnamons diambil dari kata cinnamon yang dalam bahasa Latin berarti kayu manis, salah satu rempah yang wangi dan beraroma khas.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Terbentuknya grup band ini diawali oleh Dodo sang vokalis, yang juga gitaris dan penulis lagu, dimana ia mengawali perjalanan karirnya dengan bermain musik di beberapa café ternama di Bandung dan membentuk Irish Coffee yang merupakan nama awal dari D'Cinnamons. Ia terinspirasi untuk membuat sebuah produk musik yang berbeda dari kebanyakan yang sudah ada. Kemudian Dodo mengajak teman sekolahnya, Bona si Gitaris, Trumpetis, dan juga penulis lagu, untuk bergabung membantu aransemennya. Selanjutnya LauT si Bassis pun diajak bergabung untuk melengkapi formasi D’Cinnamons[1]. Sejak menjadi D'Cinnamons, mereka mulai membuat lagu dan serius untuk membuat album. Kesempatan pertama datang dari Radio Paramuda di Bandung. Radio itu memberi mereka kesempatan untuk punya acara dengan nama band mereka. Acara tersebut adalah “D'Cinnamons Love Acoustic session”. Acara ini mengudara dari Januari hingga Juni 2005. Dari acara tersebut mereka telah mempunyai banyak penggemar.

Pada bulan September 2004 D'Cinnamons diresmikan dengan beranggotakan hanya 3 orang dengan formasi: Diana Widoera,Ismail Bonaventura, Louise Laura Lalitanaya dan pada Januari 2007, mereka merilis album perdana berjudul "Good Morning" dengan single andalan "Loving You" dan "Kuyakin Cinta". Album tersebut terjual sebanyak 40.000 copy. Suasana musik cozy, santai dan friendly lewat harmonisasi nada yang cantik dengan vokal soulfull serta natural, dapat didengar pada album bertema cinta yang berisikan 10 lagu, dimana 6 diantaranya berbahasa Inggris. Band ini mengakui bahwa dalam bermusik dan mencipta lirik, mereka terinspirasi oleh John Mayer, Alanis Morissette dan Dave Matthews Band. Pada September 2007 mereka merilis album soundtrack Cintapuccino dengan hits single Selamanya Cinta. Lagu ini mengantarkan mereka meraih piala IMA (Indonesian Movie Award) sebagai soundtrack terfavorit 2008.

Namun setelah Laut menikah dan pindah ke Jakarta pada tahun 2009, Laut tidak bisa bermain bersama D'Cinnamons lagi. Pada Februari 2009, D'Cinnamons mengeluarkan cover version hits single Galih Dan Ratna, sebuah lagu ciptaan Guruh Soekarnoputra, yang menjadi hits 80an yg dipopulerkan oleh Alm. Chrisye dan hanya tampil berdua, beserta additional player Gatot Alindo[2]. Pada tahun 2010 D'Cinnamons merekrut anggota baru, Nana (Nana) yang bermain sebagai bassist.[3]

Februari 2010, D'Cinnamons merilis single Damai Tapi Gersang, sebuah cover version lagu hits 1975, dalam rangka ulang tahun ke-40 label mereka, Aquarius Musikindo. Ditahun 2012 D'Cinnamons melepas 2 singles "My Lovely friend" dan "Teman Hidup". Saat ini D’Cinnamons sedang mengerjakan album kedua mereka yang mereka beri judul Atlantis. Di album ini ada lagu yang berjudul Atlantis dan diciptakan oleh Bona setelah dia membaca sebuah buku tentang “Atlantis Indonesia” oleh Profesor Santos. Diluar tema cinta, tema yang memperkuat album ini adalah rasa ingin tahu,berimajinasi, dan rasa berharap akan indahnya mimpi. Rencananya Album ini siap dirilis diawal tahun 2013.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]