Délvidék

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Délvidék (dalam bahasa Hungaria berarti "wilayah selatan"; diucapkan [deːlvideːk]) adalah istilah yang mengacu kepada wilayah yang pernah menjadi bagian selatan Kerajaan Hungaria.[1] Pada masa modern, istilah ini mengacu kepada kawasan Vojvodina di Serbia.

Pada abad pertengahan, istilah Délvidék mengacu kepada wilayah Verőce, Pozsega, Szerém, Bács, Torontál, Temes, Keve, serta Banat Macsó, Ózora, , dan Szörény.[1]

Pada abad ke-18 dan ke-19, Délvidék hanya mengacu kepada wilayah Bácska dan Banat.[1] Setelah pembubaran Austria-Hungaria pada tahun 1918, wilayah Délvidék hanya terbatas pada bekas wilayah Kerajaan Hungaria yang diserahkan kepada Yugoslavia.[1] Selama Perang Dunia II, wilayah Yugoslavia yang diduduki dan dicaplok oleh Hungaria (Bačka, Baranja, Međimurje, dan Prekmurje) dalam sumber-sumber Hungaria disebut "az anyaországhoz visszatért délvidéki területek" ("wilayah selatan yang dikembalikan ke tanah air"). Wilayah Banat sendiri tidak lagi dianggap sebagai bagian dari wilayah tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Délvidék". Magyar Néprajzi Lexikon. Budapest: Akadémiai Kiadó, 1977-1982. Retrieved 25 December 2012. (Hungaria)