Curug Pangeran

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Curug Pangeran adalah salah satu air terjun yang terdapat di kawasan wisata Gunung Salak, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Di kawasan ini banyak terdapat air terjun serupa seperti, Curug Cigamea, Curug Seribu, Curug Cihurang, Curug Ngumpet.[1]

Air terjun (curug-bahasa Sunda) ini terdapat di kawasan taman nasional Gunung Halimun Salak yang tergolong masih asri karena tidak terlalu banyak dikunjungi.[2]

Air terjun (Curug) Pangeran, Pamijahan, Kabupaten Bogor

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Curug Pangeran berlokasi di Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Air terjun ini terdapat di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kabupaten Bogor. Untuk menuju ke sini, terdapat berbagai alternatif jalan. Pertama, para pengunjung dapat melalui Cibatok lalu terus naik menuju Gunung Bunder. Kedua, dapat melalui Cikampak, terus naik menuju Salah Endah, Gunung Bunder, Kecamatan Pamijahan. Ketiga, dapat melalui Cemplang atau Cibungbulang, dan keempat melalui Ciapus, Tamansari, terus menuju kawasan Salak Endah, Gunung Bunder.

Setiba di lokasi parkir, para pengunjung akan diarahkan berjalan kaki sejauh 500 meter menuju pusat Curug Pangeran. Di sepanjang perjalanan, para pengunjung akan disuguhi pemandangan hutan yang asri, jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Saat hendak mencapai lokasi curug, para pengunjung juga akan terpacu adrenalinnya dengan melewati jalur tracking menantang. Para wisatawan dapat sambil mencari spot foto yang asyik dan Instagramable.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Septiyanto, Andri. "Curug Pangeran, yang Segar dari Bogor". detikcom. Diakses tanggal 2020-09-06. 
  2. ^ Kautsar, Nurul Diva. Diva, Nurul, ed. "Mengintip Pesona Curug Pangeran di Bogor, Air Terjun Eksotis yang Bikin Enteng Jodoh". Merdeka.com. Diakses tanggal 2020-09-06.